PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA PERSEDIAAN BARANG PADA TOKO BANGUNAN PADMA JAYA BERBASIS VB.NET

  • Nur Ain Banyal STMIK Umel Mandiri
  • Debby Maureen Talumewo STMIK Umel Mandiri
  • Surianti Surianti STMIK Umel Mandiri
Keywords: Information Systems, VB.NET, Supplier, Costumer, Black Box, Database

Abstract

Abstrak : Teknologi dan  Informasi merupakan  dua hal yang tidak dapat dipisahkan  satu  sama  lainnya dan peran teknologi sangat dibutuhkan disemua bidang dan salah satunya adalah pada Toko Padma Jaya dimana Toko ini sering mengalami masalah dalam pengolahan barang masuk dan barang keluar berserta stok yang ada pada gudang sering terjadi kekeliruan data barang. Dengan tujuan dapat merancang sistem informasi data persediaan barang pada toko bangunan Padma Jaya berbasis VB.NET untuk mempermuda Toko Padma Jaya dalam mendata barang masuk dari suplier dan barang keluar ke costumer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan melakukan observasi dan eksprimen. Alat yang digunakan adalah Flowchard dan DFD serta ERD. Pengujian system dilakukan dengan menggunakan metode Black Box, Hasil aplikasi sistem informasi persediaan barang pada Toko Bangunan Padma Jaya adalah untuk memberikan kemudahan kepada karyawan. Aplikasi ini mengunakan bahasa pemrograman VB.NET agar memudahkan karyawan dalam pencariaaan data barang dan mengolah informasi data supplier, costumer.

 

Kata kunci: Sistem Informasi, VB.NET, Supplier, Costumer, Black Box, Database.

References

NA Banyal, L Angriani, S Surianti., “Aplikasi Rancang Bangun Sistem Informasi Alumni Perguruan Tinggi Di Kota Jayapura Berbasis Web”, (Studi Kasus Stmik Umel Mandiri), Jurnal Ilmiah MATRIK 23 (1), 94-99. 2021.

Siti Eli Rahma, Aries Dwi Indriyanti., “Rancang Bangun Sistem Informasi Alumni Berbasis Web (Studi Kasus : Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya)”, Jurnal Manajemen Informatika. Volume 6. Nomor 1, 143-150. 2016.

Jeckson Silitonga, Eka Suswaini, dan Hendra Kurniawan., “Pendaftaran Mahasiswa Baru Berbasis Mobile (Studi Kasus : Universitas Maritim Raja Ali Haji)”, Teknik perangkat Lunak, Fakultas Teknik, Universitas Maritim Raja Ali Haji. 2013

Satzinger, Jackson, dan Burd, Systems Analysis and Design in a Changing World, Sixth ed.,2012.

Hartono, Bambang. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta. 2013.

Krismiaji., Sistem Informasi Akuntansi, Unit Penerbit, Yogyakarta. 2015.

Romney dan Steinbart., Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 13, alihbahasa : Kikin Sakinah Nur Safira dan Novita Puspasari, Salemba Empat, Jakarta. 2015.

Sartono,. Menejemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. BPFE Yogyakarta. 2010.

Alexandri., Manajemen Keuangan Bisnis Teori dan Soal. Alfabeta: Bandung. 2009.

Kadir., Pengenalan Sistem Informasi. Edisi Revisi. Andi.Yogyakarta. 2014.

Published
2022-08-03
How to Cite
Banyal, N., Talumewo, D., & Surianti, S. (2022). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA PERSEDIAAN BARANG PADA TOKO BANGUNAN PADMA JAYA BERBASIS VB.NET. Jurnal Ilmiah Matrik, 24(2), 104–110. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v24i2.1813
Section
Articles
Abstract viewed = 1412 times
PDF : 936 times