PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN KERAJINAN AKRILIK BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA TOKO CRAFT SEASON

  • Adella Rifiandika Putri UPN Veteran Jakarta
  • Theresia wati UPN Veteran Jakarta
Keywords: Web Penjualan, CodeIgniter, Waterfall, UML, Sistem Informasi Penjualan

Abstract

Penjualan kerajinan akrilik saat ini banyak diminati oleh banyak kalangan terutama pencinta seni akrilik. Selain model kaca akrilik yang beraneka ragam, kerajinan ini juga dapat dipadukan dengan berbagai kreativitas unik lainnya seperti handwriting, foto polaroid, lampu dan sebagainya. Toko Craft Season belum menggunakan teknologi informasi yang berkembang saat ini. Pada proses transaksi perhitungan penjualan masih menggunakan kalkulator, hal ini memungkinkan terjadinya kesalahan karena kecerobohan pemilik dalam memasukkan angka. Selain itu, semua transaksi masih dilakukan dengan cara mencatat pada buku laporan penjualan. Hal tersebut tidak efektif karena besar kemungkinan dapat terjadi kesalahan akibat hilangnya buku atau human error serta penggunaan kertas yang tidak efisien. Kemudian belum tersedianya pendataan stok produk yang menginformasikan harga, kategori, keterangan dan jumlah stok, sehingga pemilik kesulitan dalam melihat atau mencari produk tersebut. Oleh karna itu, diperlukannya teknologi informasi untuk membuat suatu sistem berbasis web menggunakan framework CodeIgniter  yang dilakukan pada penelitian ini. Metodologi penelitian yang digunakan untuk pengembangan sistem adalah metode Waterfall serta  pembuatan Unified Modelling Language (UML) untuk perancangan sistem. Hasil yang diperoleh yakni sebuah Website Penjualan Toko Craft Season yang dapat  dijalankan sesuai dengan semua fungsinya. Dengan adanya web ini, diharapkan dapat membantu baik untuk admin dalam mengelola data produk dan data pemesanan maupun pelanggan yang akan melakukan pembelian dan transaksi.

References

M. F. Y. A.-F. Vira Kristianingrum, ”Perancangan Website E-Commerce Penjualan Ikan Cupang,” JURNAL BISNIS, MANAJEMEN, DAN INFORMATIKA (JBMI), p. 18, 2022.

R. I. S. Dedi Saputra, ”PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PENJUALAN MINIATUR BUS,” Jurnal Ilmiah Indonesia, p. 18, 2019.

R. Y. Ramadhan, ”Sistem Informasi Penjualan Mobil Berbasis Website Pada CV. Mulya Sedaya Motor,” pp. 7-12, 2021.

A. D. R. Ismail Nugroho Akbar, ”PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA ADE JAYA PONSEL DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC,” Jurnal Ilmiah DASI, vol. 14, pp. 39-40, 2017.

F. I. P. Bayu Trisakti, ”PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA CV. JAWI,” Jurnal Informatika Dan RPL, vol. 2, pp. 57-58, 2020.

Z. Y. A. M. Azminuddin I. S. Azis, Fundamental Pemrograman Visual Basic.NET, Pascal, C++, SQL & LINQ, UML, Telerik Report, Yogyakarta: DEEPUBLISH (Grup Penerbit CV Budi Utama), 2019, p. 429.

A. Hasan, ”PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PETSHOP BERBASIS WEBSITE,” 2017.

J. Shobiha, ”RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN JASA EVENT ORGANIZER,” 2021.

I. M. Y. Putra, ”RANCANG BANGUN E-COMMERCE PENJUALAN ALAT DAN AKSESORIS VAPE BERBASIS WE (STUDI KASUS : HIGH LIVE VAPE BAR),” p. 19, 2018.

R. W. Muhammad Yusuf, ”SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA DISTRO AM:PM SEMARANG,” JURNAL INFORMATIKA DAN RPL, vol. I, p. 74, 2019.

Published
2022-08-19
How to Cite
Putri, A., & wati, T. (2022). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN KERAJINAN AKRILIK BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA TOKO CRAFT SEASON. Jurnal Ilmiah Matrik, 24(2), 134–146. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v24i2.1818
Section
Articles
Abstract viewed = 84 times
PDF : 63 times