Penerapan Metode Simple Additive Weighting Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Memilih Karyawan Terbaik

  • Lilis Nurjanah Sukaryati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Apriade Voutama Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Simple Additive Weighting, rating, karyawan

Abstract

Perkembangan informasi yang pesat merambah bidang yang berbeda. Salah satu perkembangan utama dari adalah penggunaan peralatan pemrosesan dan, seperti komputer, yang memerlukan pemrosesan fungsi informasi. Tapi tanpa software pendukung, itu tidak cukup.kompleks manajemen data dan sistem informasi telah menjadi bagian integral untuk mendukung kegiatan bisnis.Warehouse (gudang) PT. Wahana Internet Nusantara melakukan pemilihan karyawan terbaik untuk memacu semangat karyawan dalam meningkatkan dedikasi dan kinerjanya. Metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah salah satu metode yang digunakan dalam proses pengambilan suatu keputusan. Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Metode SAW membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada. Salah satu penerapan metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah pemilihan karyawan terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah memilih karyawan terbaik di PT. Wahana Internet Nusantara. Tujuan yang ingin dicapai adalah membuat suatu sistem yang membantu pengambil keputusan melakukan proses adopsi keputusan yang optimal dengan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting).

Author Biography

Apriade Voutama, Universitas Singaperbangsa Karawang

Prodi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer

References

Novalia,E., Apriade V., “Sosialisasi Aplikasi Android M-Magazine Solusi Sarana Mading SMA Negeri 5 Padang Selama Daring.” JURDIMAS Vol.5 no. 2., pp.139–44. 2022.

Apriade V., “Sistem Antrian Cucian Mobil Berbasis Website Menggunakan Konsep CRM Dan Penerapan UML.” Komputika : Jurnal Sistem Komputer 11(1):102–11. 2022.

Apriade V., and Novalia E., “Perancangan Aplikasi M-Magazine Berbasis Android Sebagai Sarana Mading Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Tekno Kompak 15(1):104. 2021.

S Syam., and Rabidin M., “Metode Simple Additive Weighting Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi (Studi Kasus : PT. Indomarco Prismatama Cabang Tangerang 1).” Unistek 6(1):14–18. 2019.

Yulita. “ Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ).” SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi 03(01):1–9. 2019.

A. Rizaldi., Apriade V., & Susilawati. “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Certainty Factor Dalam Mendiagnosa Kategori Tingkat Demam Berdarah.” Generation Journal 5(2):91–101. 2021.

S. Eniyati. “Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Untuk Penerimaan Beasiswa Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting).” Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK 16(2):171–76. 2011.

EL Ruskan., Ibrahim A., & H Dwi Citra. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di Kota Palembang Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw).” Jurnal Sistem Informasi 5(1):546–65. 2013.

Setiadi, A., Yunita., Ningsh, A.R., " Penerapan metode Simple Additive weighting (SAW) untuk Pemilihan Siswa Terbaik," Jurnal Sisfokom, Vol. 7 No.2 , pp. 104-109, 2018.

I. G. B. Subawa, I. M. A. Wirawan, and I. M. G. Sunarya, “PEMILIHAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING ( SAW ) DI PT TIRTA JAYA ABADI SINGARAJA,”Jurnal KARMAPATI Vol. 4 No.5, 2015.

Published
2022-12-22
How to Cite
Sukaryati, L., & Voutama, A. (2022). Penerapan Metode Simple Additive Weighting Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Memilih Karyawan Terbaik. Jurnal Ilmiah Matrik, 24(3), 260–267. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v24i3.2029
Section
Articles
Abstract viewed = 24 times
PDF : 16 times