IMPELEMENTASI e-KINERJA TERHADAP PENILAIAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL

  • Ryan Andrian civil servant
  • Widya Cholil Universitas Bina Darma

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi terkait implementasi penerapan e-Kinerja (LAPKIN) telah dirasakan manfaatnya bagi pegawai negeri sipil PNS di Kota Palembang. Aplikasi e-Kinerja digunakan oleh pihak pemerintahuntuk dapat mengukur suatu kinerja (performance) pegawai pemerintah dalam administrasi pelaporan kegiatan harian yang dilakukan oleh pegawai negeri sipil (PNS). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas layanan dengan menggunakan model webqual dan esqual terhadap websitelaporan kinerja (LAPKIN) dan mengukur kinerja pegawai negeri sipil (PNS) dalam pelaporan kegiatan harian dengan menggunakan website LAPKIN sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) di lingkungan pemerintah Kota Palembang. Populasi yang digunakan  dalam penelitian adalah PNS dengan jumlah 11.136 pegawai yang bertugas di 52 (lima puluh dua) organisasi perangkat daerah (OPD) yang berada di lingkungan pemerintah Kota Palembang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 622 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif (quantitative method). Model yang digunakan dengan menggunakan WebQual, ES-Qual dan work discipline.

References

Riduan, R., & Dedy, S. (2020). ANALISIS SISTEM PENGGUNAAN JARINGAN INTERNET INDIHOME PADA PT. TELKOM, Tbk PALEMBANG. Universitas Bina Darma.

Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).

Arianty, D., Antoni, D., & Akbar, M. (2020). Kesiapan Guru Dalam Menggunakan eknologi Informasi Untuk Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada SMP Negeri Kota Palembang. Jurnal Pengembangan Sistem Informasi dan Informatika, 1(1), 1-15.

Aulia, N. A., Antoni, D., Syamsuar, D., & Cholil, W. (2021). SISTEM TATA KELOLA KEAMANAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS FRAMEWORK COBIT 5 (STUDI KASUS: SMA NEGERI 1 PALEMBANG). Jurnal Informatika, 9(2), 30-37.

Damsir, M. L. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Layanan IndiHome di Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Fatoni, F., Supratman, E., & Antoni, D. (2021). Arsitektur Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Swasta Menggunakan EAP. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 10(1), 59-70.

Mamusung, A. A., Anshary, N. B., & Sumarni, R. A. (2020a). Perancangan Sistem Monitoring Gangguan Akses Wifi. Id PT Telkom Wilayah Jakarta Timur Berbasis Netbeans. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 3(3).

Meilani, Y. I., Syamsuar, D., & Kunang, Y. N. (2019). Assessment Resiko Teknologi Pada Implementasi Sistem Informasi Akademik E-university. Jurnal Bina Komputer, 1(1), 54-60.

Retnawiyati, E., Antoni, D., & Herdiansyah, M. I. (2021). MODEL MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS ITIL VERSI 3 DI LLDIKTI WILAYAH II. Jurnal Sistem Informasi Komputer dan Teknologi Informasi (SISKOMTI), 4(1), 1-9.

Darius Antoni, D. A., & Fatoni, F. (2016). Faktor-Faktor Infrastruktur Teknologi Informasi Corporate di Kota Palembang. Jurnal SISFOKOM (Sistem Informasi dan Komputer) ATMA LUHUR, 5(1), 38-45.

Molla, A. (2008). GITAM: A Model for the Adoption of Green IT. ACIS 2008 proceedings, 64.

Molla, A., Pittayachawan, S., Corbitt, B., & Deng, H. (2009). An international comparison of Green IT diffusion. International Journal of e-Business Management, 3(2), 3-23.

Mamusung, A. A., Anshary, N. B., & Sumarni, R. A. (2020b). Perancangan Sistem Monitoring Gangguan Akses Wifi. Id PT Telkom Wilayah Jakarta Timur Berbasis Netbeans. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), 3(3), 255-261.

Tahir, H. (2021). PENERAPAN E-KINERJA DALAM MENILAI KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PADA KANTOR DINAS PERUMAHAN KAWASAN PERMUKIMAN DAN PERTANAHAN PROVINSI SULAWESI SELATAN.

Hasibuan, Z. A. (2007). Langkah-langkah Strategis dan Taktis Pengembangan e-government untuk Pemda. Jurnal Sistem Informasi MTI UI, 3(1), 6-70.

Alif, M., & Warsono, H. (2019). ANALYSIS DEVELOPMENT OF E-GOVERNMENT ON PROVISION OF INFORMATION ACCESS IN CENTRAL JAVA’S PROVINCE LIBRARY. Journal of Public Policy and Management Review, 8(4), 510-524.

Kelibay, I., Nurmandi, A., & Malawani, A. (2020). E-Government Adoption of Human Resource Management in Sorong City, Indonesia. Journal of Asian Review of Public Affairs and Policy, 5(1), 1-20.

Puspitasari, D. A., & Kurniawan, T. (2021). Mitigasi Kegagalan Guna Mewujudkan Keberlanjutan E-Government. Gorontalo Journal of Government and Political Studies, 4(1), 104-118.

Suyanto, E., Lestari, S., Wardiyono, F., Wuryaningsih, T., & Widyastuti, T. R. (2019). Community participation model in formulating cross-potential mangrove ecotourism policies supporting kampung laut sustainable tourism village. IOSR Journal of Environmental Science, Toxicology and Food Technology, 13(8), 1-09.

Sukarno-Hatta, J., Gerung, G. M., & Mataram, I. K. (2016). Integrasi Data Dalam Proses Layanan Publik Menuju Percepatan E-Government. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 1(1).

Napitupulu, D. (2015). Kajian Faktor Sukses Implementasi E-Government, Studi Kasus: Pemerintah Kota Bogor. Sisfo, 5.

Sirait, A. I. (2019). Penilaian Kinerja Pegawai Melalui Penerapan Sistem E-Kinerja Di Badan Kepegawaian Negara Kota Banda Aceh. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Savira, A. (2019). Efektivitas Penerapan e-Kinerja dalam Meningkatkan Kinerja Pegawia Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya (Studi pada Bidang Pengangkatan dan Pensiun Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya). Universitas Brawijaya.

Indrajit, R. E. (2004:15). Electronic government: strategi pembangunan dan pengembangan sistem pelayanan publik berbasis teknologi digital: -.

Daly, H. (2015). Pengaruh Kompetensi, Disiplin Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Badan Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Katalogis, 3(1).

Nurhayati, E. (2017). Pengaruh Penerapan Sistem Penilaian E-Kinerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai di Kecamatan Semarang Timur melalui Motivasi sebagai Variabel Intervening. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 79-91.

Nurjaya, N. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Hazara Cipta Pesona. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(1), 60-74.

Arianto, N., & Kurniawan, H. (2020). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(3), 312-321.

Siagian, T. S., & Khair, H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 59-70.

Syafrina, N., & Manik, S. (2018). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Syariah Mandiri. Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, 3(2), 181-191.

Isnaini, D. N. (2018). Pengaruh Penerapan E-Kinerja, Reward dan Punishment terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Kepegawaian, Pendidikan Dan Pelatihan Kabupaten Banyuwangi. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS.

Komara Eka Putri, M. A., & Basri, H. (2014). Pengaruh penerapan e-kinerja dan penghargaan (reward) terhadap kinerja aparatur pengelolaan keuangan di lingkungan pemerintahan kota banda aceh. Jurnal Administrasi Akuntansi: Program Pascasarjana Unsyiah, 3(4).

Mahaputra, A. P. (2021). Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) Dan Sistem Penilaian E-Kinerja Dalam Mempengaruhi Kinerja Pegawai. SEIKO: Journal of Management & Business, 3(3).

Onibala, A. A., Rindengan, Y., & Lumenta, A. S. (2021). Analisis Penerapan Model Utaut 2 (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2) Terhadap E-Kinerja Pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Parhusip, L., & Lubis, S. ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF E-KINERJA OF STATE CIVIL APPARATUS (ASN) TO IMPROVE PUBLIC SERVICES IN THE POPULATION AND CIVIL REGISTRATION DEPARTMENT OF PAK PAK BHARAT REGENCY.

Rukmana, I., Rahmawati, R., & Salbiah, E. (2020). Efektivitas Penilaian Kinerja Berbasis E-Kinerja di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian. Jurnal Governansi, 6(1), 51-56.

Wahida, A., & Nurhidayani, A. (2020). ANALISIS KEDISIPLINAN PEGAWAI DALAM PENERAPAN E-KINERJA PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN, PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH KABUPATEN WAJO. Jurnal Ada Na Gau: Public Administration, 1(1), 90-96.

Wahyuni, S. (2020). Pengaruh Penerapan E-Kinerja Dan Integritas Terhadap Kinerja Pegawai. JESS (Journal of Education on Social Science), 4(2), 153-164.

Waliulu, M., & Lukman, S. (2020). EFEKTIVITAS PENERAPAN E-KINERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI MALUKU. VISIONER: Jurnal Pemerintahan Daerah di Indonesia, 12(4), 817-826.

Zuhri, A. S., Arisyahidin, A., & Daroini, A. (2021). Pengaruh Tunjangan Perbaikan Penghasilan (Tpp) Dan Sistem Penilaian E-Kinerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Ppk Sungai Dan Pantai Ii Snvt Pjsa Bbws Brantas Kediri. Commodities, Journal of Economic and Business, 1(3), 189-200.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Malhotra, A. (2005). ES-QUAL: A multiple-item scale for assessing electronic service quality. Journal of service research, 7(3), 213-233.

Collier, J. E., & Bienstock, C. C. (2006). Measuring service quality in e-retailing. Journal of service research, 8(3), 260-275.

Fassnacht, M., & Koese, I. (2006). Quality of electronic services: conceptualizing and testing a hierarchical model. Journal of service research, 9(1), 19-37.

Paschaloudis, D., & Tsourela, M. (2015). Using ES-QUAL to measure internet service quality of ebanking web sites in Greece. The Journal of Internet Banking and Commerce, 19(2), 1-17.

Wolfinbarger, M., & Gilly, M. C. (2003). eTailQ: dimensionalizing, measuring and predicting etail quality. Journal of retailing, 79(3), 183-198.

Zemblytė, J. (2015). The instrument for evaluating e-service quality. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 213, 801-806.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., Berry, L. L., & Berry, L. L. (1990). Delivering quality service: Balancing customer perceptions and expectations: Simon and Schuster.

Masri, A. (2010). Persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru agama hubungannya dengan intensitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI: penelitian pada siswa kelas VIII di SMP PGRI 10 Kota Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Imron, H. A. (2017). Peran Sampling dan Distibusi Data dalam Penelitian Komunikasi Pendekatan Kuantitatif. Jurnal studi komunikasi dan media, 21(1), 111-126.

Kartika, Y., & Husna, N. (2018). MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI KELAS VI SD NEGERI 1 SAWANG. Jurnal Pendidikan Almuslim, 6(2).

Quddus, A., Hamid, T., & Kasli, E. (2017). Perbandingan hasil belajar fisika dengan menggunakan laboratorium nyata dan laboratorium virtual. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 122-127.

Barlian, E. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.

Ridha, N. (2017). Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Hikmah, 14(1), 62-70.

Alfianika, N. (2018). Buku ajar metode penelitian pengajaran bahasa Indonesia: Deepublish.

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel belajar (kompilasi konsep).

Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: edisi 1: Airlangga University Press.

In, A. W. K., & Asyik, N. F. (2019). Pengaruh kompetensi dan independensi terhadap kualitas audit dengan etika auditor sebagai variabel pemoderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 8(8).

Nasution, S. (2017). Variabel penelitian. Jurnal Raudhah, 5(2).

Purwanto, A., Asbari, M., & Santoso, T. I. (2021). Analisis Data Penelitian Sosial dan Manajemen: Perbandingan Hasil antara Amos, SmartPLS, WarpPLS, dan SPSS Untuk Jumlah Sampel Medium. International Journal of Social and Management Studies, 2(4), 43-53.

Setyosari, H. P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan: Prenada Media.

Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. AL-Fathonah, 1(1), 342-351.

Andry, J. F., Christianto, K., & Wilujeng, F. R. (2019). Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 5(1), 23-31.

Fauziah, D. N., & Wulandari, D. A. N. (2018). Pengukuran kualitas layanan bukalapak. com terhadap kepuasan konsumen dengan metode webqual 4.0. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 3(2), 173-180.

Fitrony, F. A., & Marisa, F. (2018). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual Pada Malang Dorm Hostel. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 3(2), 61-68.

Hafiz, A. (2017). Mengukur Kualitas Website dengan Pendekatan Webqual 4.0 Modifikasi. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Darmajaya.

Kurniawati, R. A., Kusyanti, A., & Mursityo, Y. T. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan Mister Aladin Dengan Menggunakan Webqual 4.0. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.

Liani, D. A., Fikry, M., & Hutajulu, M. J. (2020). Analisa Metode Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Kualitas Situs Detik. com. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 34-45.

Nada, N. Q., & Wibowo, S. (2015). Pengukuran kualitas layanan sistem informasi akademik menggunakan metode webqual 4.0. Jurnal Informatika UPGRIS, 1(2 Desember).

Rohman, F., & Kurniawan, D. (2017). Pengukuran Kualitas Website Badan Nasional Penanggulangan Bencana Menggunakan Metode WebQual 4.0. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 3(1), 31-38.

Sanjaya, I. (2012). Pengukuran Kualitas layanan website kementerian kominfo dengan menggunakan metode webqual 4.0. Jurnal penelitian iptek-kom, 14(1), 1-14.

Saputra, J., Satrianansyah, S., Wijaya, H. O. L., & Rahman, T. (2021). Analisis Kualitas Website Institut XYZ Menggunakan Metode Webqual dan IPA. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 5(1), 318-327.

Warjiyono, W., & Hellyana, C. M. (2018). Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0. J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput, 5(2), 139.

Altino, I. C. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas E-Service Grab Terhadap Customer Satisfaction and Loyalty menggunakan ES-QUAL dan E-RECS-QUAL. Universitas Brawijaya.

Ekowati, N. S., Kusyanti, A., & Rokhmawati, R. I. (2018). Analisis Kualitas Layanan Website Erafone terhadap Kepuasan Pelanggan menggunakan ES-Qual dan E-Recs-Qual. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.

Epriani, N. C. (2019). Analisis pengaruh kualitas layanan website mizanstore. com terhadap kepuasaan pelanggan berdasarkan metode webqual 4.0 dan ES-Qual. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Fuadi, M. V., Kusyanti, A., & Rokhmawati, R. I. (2018). Evaluasi Kualitas Layanan Informasi Website Universitas Brawijaya Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Model ES-Qual dan E-Recs-Qual. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.

Khofifah, S. (2020). ANALISIS TINGKAT KUALITAS WEBSITE CROWDFUNDING KITABISA. COM TERHADAP PENGGALANGAN DANA COVID-19 MENGGUNAKAN METODE ES-QUAL DAN WEBQUAL 4.0. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Khofifah, S., & Theresiawati, T. (2021). ANALISIS PENGARUH KUALITAS WEBSITE CROWDFUNDING KITABISA. COM TERHADAP PENGGALANGAN DANA COVID-19 MENGGUNAKAN METODE ES-QUAL DAN WEBQUAL 4.0. Jurnal Ilmiah Matrik, 23(2), 168-181.

Sartika, D., & Saluza, I. (2018). Modifikasi Model D&M dan ES Qual dalam Mengevaluasi Keberlanjutan E-Filing. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan.

Wardi, Y., Engriani, Y., & Putra, R. S. (2019). Pengaruh es-qual terhadap loyalitas menggunakan aplikasi gojek pada masyarakat kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 8(2), 48-54.

Arif, M., Maulana, T., & Lesmana, M. T. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 4(1), 106-119.

Fadillah, R., Sulastini, S., & Hidayati, N. (2017). Pengaruh kompetensi, disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada kantor bank kalsel cabang pembantu di Banjarmasin. Jurnal bisnis dan pembangunan, 6(1), 1-9.

Helmi, A. F. (1996). Disiplin kerja. Buletin Psikologi, 4(2), 1-2.

Rosalina, M., & Wati, L. N. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 18-32.

Sari, R. N. I., & Hadijah, H. S. (2016). Peningkatan kinerja pegawai melalui kepuasan kerja dan disiplin kerja. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 204-214.

Sefriady, D. F., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Biro Organisasi dan Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan. Jurnal Elektronik REKAMAN (Riset Ekonomi Bidang Manajemen dan Akuntansi), 2(1), 57-68.

Adh, I. P. W. (2016). Perancangan Sistem Pengolahan Kuesioner Penggunaan Laboratorium Stikom Bali. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 10(2), 128-136.

Hadi, F. K. (2020). Aktivitas olahraga bersepeda masyarakat di Kabupaten Malang pada masa pandemi COVID-19. Sport Science and Education Journal, 1(2).

Ekowansyah, E., Chrisnanto, Y. H., & Sabrina, P. N. (2017). Audit Sistem Informasi Akademik Menggunakan COBIT 5 di Universitas Jenderal Achmad Yani. Pros. Semin. Nas. Komput. dan Inform, 201-206.

Lesmideyarti, D., Rochimah, S., & Yuhana, U. L. (2017). Penyusunan dan pengujian metrik operabilitas untuk sistem informasi akademik berdasarkan ISO 25010. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(2), 92-100.

Nugroho, E. (2018). Prinsip-prinsip menyusun kuesioner: Universitas Brawijaya Press.

Sobon, K., Mangundap, J. M., & Walewangko, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Mapanget Kota Manado. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 97-106.

Verasvera, F. A. (2016). Pengaruh Anggaran Berbasis Kinerja terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah (Studi Kasus pada Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat). Jurnal Manajemen Maranatha, 15(2).

Pujihastuti, I. (2010). Prinsip penulisan kuesioner penelitian. CEFARS: Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah, 2(1), 43-56.

Nurmahmudah, E., & Nuryuniarti, R. (2019). Otak Atik Google-Forms: Untuk Pembuatan Kuesioner Dan Quiz: Tasikmalaya: Edu Publisher.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Setiawan, H. (2012). pengaruh orientasi pasar, orientasi teknologi dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing usaha songket skala kecil di kota Palembang. Orasi Bisnis: Jurnal Ilmiah Administrasi Niaga, 8(2).

Published
2023-08-09
How to Cite
Andrian, R., & Cholil, W. (2023). IMPELEMENTASI e-KINERJA TERHADAP PENILAIAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL. Jurnal Ilmiah Matrik, 25(2), 167–182. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v25i2.2270
Section
Articles
Abstract viewed = 2415 times
PDF : 1045 times