Evaluasi Usability Pada Aplikasi Teman Bus Menggunakan Metode System Usability Scale dan Heuristic Evaluation

  • Trihastuti Yuniati Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Dhamara Alan Christiawan Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Keywords: TEMAN BUS, Usability, System Usability Scale, Heuristic Evaluation

Abstract

Abstract :  Teman Bus application is one form of digital development utilized to support Teman Bus transportation services. Based on comments found on the Google Play Store, users have encountered difficulties when using the application. Additionally, observations of the application have revealed several interface-related shortcomings, indicating the need for usability evaluation. The System Usability Scale (SUS) method was employed to evaluate the user perspective, while the Heuristic Evaluation (HE) method was used to evaluate from the expert perspective. The evaluation results showed an SUS score of 60.225 for the Teman Bus application, which falls into the "D" grade with an adjective rating of "OK" and a marginal level of acceptance. According to the Net Promoter Score (NPS), the obtained SUS score of 60.225 falls into the "Detractor" category. The HE evaluation identified three aspects with the highest severity ratings: "flexibility and efficiency of use," "recognition rather than recall," and "aesthetic & minimalist design."

Abstrak :  Aplikasi Teman Bus merupakan salah satu bentuk perkembangan digital yang dimanfaatkan untuk mendukung layanan transportasi Teman Bus. Berdasarkan komentar yang ada pada Google Play Store, ditemukan kesulitan yang dialami oleh pengguna ketika menggunakan aplikasi tersebut, dan berdasarkan pengamatan pada aplikasi masih terdapat beberapa kekurangan pada aplikasi yang berkaitan dengan antarmuka sehingga perlu dilaksanakan evaluasi usability. Metode system usability scale digunakan untuk melakukan evaluasi dari perspektif pengguna, dan metode heuristic evaluation digunakan untuk melakukan evaluasi dari perspektif ahli. Hasil yang diperoleh pada evaluasi yaitu skor SUS pada aplikasi Teman Bus sebesar 60,225 masuk ke dalam grade “D” dengan tingkat adjective kategori “OK” dan tingkat penerimaannya kategori “Marginal”. Berdasarkan net promoter score (NPS) didapatkan bahwa skor SUS yang diperoleh sebesar 60,225 berada pada kategori “Detractor”. Evaluasi menggunakan metode HE diperoleh 3 aspek yang mendapatkan severity rating tertinggi yaitu “flexibility and efficiency of use”, “recognition rather than recall”, dan “aesthetic & minimalist design”.

References

A. Hinderks, M. Schrepp, F. J. Domínguez Mayo, M. J. Escalona, and J. Thomaschewski, “Developing a UX KPI based on the user experience questionnaire,” Comput. Stand. Interfaces, vol. 65, no. January, pp. 38–44, 2019, doi: 10.1016/j.csi.2019.01.007.

B. Jordan, A. Triayudi, and B. Rahman, “Analisa Usability Menggunakan Metode Heuristic Evaluation dan End User Computing Satisfaction pada Website Infobengkel,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 1, p. 608, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3534.

A. A. I. I. Paramitha, G. R. Dantes, and G. Indrawan, “The evaluation of web based academic progress information system using heuristic evaluation and user experience questionnaire (UEQ),” Proc. 3rd Int. Conf. Informatics Comput. ICIC 2018, pp. 1–6, 2018, doi: 10.1109/IAC.2018.8780430.

I. Suputera, I. M. A. Pradnyana, and ..., “Usability Testing pada Sistem Informasi Akademik New Generation (SIAK-NG) Undiksha Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Ditinjau dari Pengguna …,” … Syst. Emerg. …, vol. 3, no. 1, pp. 14–27, 2022.

A. W. Soejono, A. Setyanto, and A. F. Sofyan, “Evaluasi Usability Website UNRIYO Menggunakan System Usability Scale (Studi Kasus: Website UNRIYO),” Respati, vol. 13, no. 1, pp. 29–37, 2018, doi: 10.35842/jtir.v13i1.213.

A. Farzah and S. O. R., “Analisa Usability Website BAKTI- Kemkominfo Menggunakan System Usability Scale,” J. Multinetics, vol. 8, no. 1, pp. 17–27, 2022.

R. I. Situmorang, R. Yunis, and H. Hita, “Evaluasi Usability Portal Akademik UNIMED Menggunakan Metode Heuristic dan System Usability Scale,” Remik, vol. 6, no. 3, pp. 498–507, 2022, doi: 10.33395/remik.v6i3.11637.

T. K. Ahsyar, Husna, and Syaifullah, “Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik SIAM Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Semin. Nas. Teknol. Informasi, Komun. dan Ind., vol. 11, no. November, pp. 163–170, 2019.

T. K. Ahsyar and D. Afani, “Evaluasi Usability Website Berita Online Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, p. 34, 2019, doi: 10.24014/rmsi.v5i1.7373.

H. R. Kristagus, F. Adnan, and A. Andrianto, “Evaluasi User Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Desktop E-Spt Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” J. ELEKTROSISTA, vol. 10, no. 2, 2023.

Published
2024-04-01
How to Cite
Yuniati, T., & Christiawan, D. (2024). Evaluasi Usability Pada Aplikasi Teman Bus Menggunakan Metode System Usability Scale dan Heuristic Evaluation. Jurnal Ilmiah Matrik, 26(1), 1–14. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v26i1.2522
Section
Articles
Abstract viewed = 215 times
PDF : 202 times