Pengaruh Variabel Supporting of Creativity Terhadap Tingkat Usability Pada Metode Heuristic Evaluation

  • Sali Alas Majapahit Universitas Pasundan
  • Yenni Fatman Universitas Islam Nusantara
Keywords: Usability, Heuristic Evaluation, Supporting of Creativity, model hipotesis

Abstract

Usability atau kebergunaan merupakan atribut kualitas yang digunakan untuk menilai kualitas desain antar muka sebuah website. Untuk mengukur tingkat kebergunaan seringkali menggunakan 10 prinsip pada evaluasi heuristik yang dikembangkan oleh Nielsen.
Kreatifitas menjadi bagian penting dalam pengembangan antar muka website yang menarik. Sehingga menjadi salah satu faktor yang mendukung tercapainya tingkat kebergunaan website.
Dari semua faktor dan prinsip evaluasi heuristik, tidak satupun yang menyinggung faktor kreativitas. Perlunya memasukkan faktor Supporting of Creativity yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Supporting of Creativity tersebut terhadap tingkat kebergunaan website.
Penelitian dilakukan dengan menjadikan 5 indikator pada Supporting of Creativity sebagai variabel independen dan 10 prinsip evaluasi heuristik sebagai variabel dependen. Dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan random sampling dengan media kuesioner yang disebarkan kepada pengguna. Data diuji menggunakan model hipotesis menggunakan IBM SPSS.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah kesimpulan dari pengaruh Supporting of Creativity terhadap setiap faktor pada evaluasi heuristik.

References

[1] Gonzalez-Holland, E., Whitmer, D., Moralez, L., & Mouloua, M., “Examination of the Use of Nielsen’s 10 Usability Heuristics & Outlooks for the Future”, Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society Annual Meeting, 61(1), 1472-1475. https://doi.org/10.1177/ 1541931213601853, 2017.
[2] Heraspati Yudha Pratama, Buce Trias Hanggara, Nanang Yudi Setiawan, "Evaluasi Usability dengan Menerapkan Metode Heuristic Evaluation pada Website Dinas Pendidikan Kota Batu", Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 6, No. 3, Maret 2022, hlm. 1350-1359, 2022.
[3] Hsueh S, Ciolfi Felice M, Alaoui S, Mackay, “What Counts as ‘Creative’ Work? Articulating Four Epistemic Positions in Creativity-Oriented”, HCI ResearchProceedings of the CHI Conference on Human Factors in Computing, Systems10.1145/3613904. 3642854 (1-15), 2024.
[4] Hou Y, Yang M, Cui HWang L, Xu J, Zeng W, "Supporting Creative Interior Color Design Ideation with a Large Language Model", Proceedings of the CHI Conference on Human Factors in Computing Systems1, 0.1145/3613904. 3642224(1-18), 2024.
[5] Ni Ketut Thrisnandha, "Usability Testing Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Pada Aplikasi E-Musrenbang Bappeda Kabupaten Badung", Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 16, No. 1, Januari 2019, P-ISSN : 0216-3241 E-ISSN : 2541-0652, 2019.
[6] Nielson, “The Characteristic of Minimalism in Web Design. Visual Design, Web Usability”, NN/g Nielson Norman Group, 2015.
[7] Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D”, AlfaBeta, Bandung, 2020.
[8] Suyono, “Analisis Regresi Untuk Pene-litian”, Deeppublish, Jogjakarta, 2015.
[9] Fridaya, Yudiaatmaja, “Analisis Regresi Dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik SPSS”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2023.
[10] Sisira Adikari, Craig McDonald, John Campbell, “Quantitative Analysis of Desirability in User Experience”, Australasian Conference on Information Systems, 2015.
[11] Ghozali, I, “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23”, Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2016.
Published
2024-09-09
How to Cite
Majapahit, S. A., & Fatman, Y. (2024). Pengaruh Variabel Supporting of Creativity Terhadap Tingkat Usability Pada Metode Heuristic Evaluation. Jurnal Ilmiah Matrik, 26(2), 119–127. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v26i2.3186
Section
Articles
Abstract viewed = 73 times
PDF : 56 times