Remaja Yang Dilihat Dari Kelekatan Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi

  • Melinda Devita Utami Sekolah Tinggi Ilmu Psikologi Abdi Nusa Palembang
  • Rezky Graha Pratiwi Sekolah Tinggi Ilmu Psikologi Abdi Nusa Palembang
Keywords: attachment, emotional intelligence, adolescents.

Abstract

Abstract : This study aims to determine how big the relationship between parental attachment to emotional intelligence in IBA Palembang high school teenagers. While the research hypothesis is that there is a significant relationship between Parental Attachment to Emotional Intelligence in adolescents. This study uses a quantitative approach with a product moment correlation design. This research was conducted in Palembang City which consisted of 60 women and 70 men. The sampling technique used in this study is a random sampling technique because the sampling of population members is done randomly by selecting the criteria that have been set by the researcher. Data were collected through a parental attachment scale with 40 items referred to from the theory of Armsden and Greenbreg (2009). Emotional Intelligence Scale with 40 items from Goleman (2009). The category of adolescents who have parental attachment is included in the high category. The instrument validation technique uses content validity and Cronbach's Alpha coefficient reliability. The results showed that there was a relationship between parental attachment to emotional intelligence in adolescents with a significance value of 0.000 (p <0.01). Data were analyzed using Product Moment Person correlation analysis. The results showed that there was a very significant relationship between Parental Attachment to Emotional Intelligence in Adolescents at SMA IBA Palembang rxy > rtable : 0.736 > 0.266, a significant level of 0.01, which means that the higher the attachment, the higher the Emotional Intelligence. It can be concluded that parental attachment has a relationship with emotional intelligence in adolescents.

Keywords: attachment, emotional intelligence, adolescents.

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara kelekatan orangtua terhadap kecerdasan emosi pada remaja SMA IBA Palembang. Sedangkan hipotesis penelitian adalah ada hubungan yang signifikan antara Kelekatan Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi pada remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional product moment. Penelitian ini dilakukan di Kota Palembang yang terdiri dari 60 wanita dan 70 pria. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling karena pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak dengan memilih kriteria yang telah ditetapkan peneliti. Data dikumpulkan melalui skala kelekatan orangtua dengan 40 item yang diacu dari teori Armsden dan Greenbreg (2009). Skala Kecerdasan Emosi dengan 40 item dari Goleman (2009). Kategori remaja yang memiliki kelekatan orang tua termasuk dalam kategori tinggi. Teknik validasi instrumen menggunakan validitas konten dan reliabilitas koefisien Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kelekatan orangtua terhadap kecerdasan emosi pada remaja dengan nilai signifikansi 0,000 (p <0,01). Data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment Person. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang sangat signifikan antara Kelekatan Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi Pada Remaja SMA IBA Palembang rxy > rtabel  : 0,736 > 0,266 taraf signifikan 0,01 yang berarti  bahwa semakin tinggi Kelekatan maka semakin tinggi Kecerdasan Emosi. Dapat disimpulkan bahwa kelekatan orangtua ada hubungan terhadap kecerdasan emosi pada remaja.

 

Kata kunci: kelekatan, kecerdasan emosi, remaja.

References

Abdullatif, Virnalis. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 9 Kota Gorontalo. Skripsi Universitas Negeri Gorontalo.

Anwar, K. (2018). Peran Sistem Penjamin Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 41-56.

Candra & Sakban, Abdul. (2016) Analisis Korelasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMAN 1 Labuapi Kabupaten Lombok Barat. JIME : Jurnal Ilmiah Mandala Education, 53-60.

Filiana., D,V. 2016. Hubungan kelekatan denngan ibu dengan kecerdasan emosi remaja.(Skripsi tidak diterbitkan).Fakultas Psikologi.UGM, Yogyakarta.

Jatmiko. (2013). Pemimpin dan Kepemimpinan Organisasi. UEU-Journal, 209-219.

Krisbiyanto, Achmad. (2019). Efektifitas Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTSN 2 Mojokerto. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 52-69

Malekpour, M. (2007). Effets of attachment on early and later development. The Britsh Journal of Developmen Disabilities , 81-95

Mardalena. (2017). Efektivitas Kepemimpinan ; Sebuah Kajian Teoritis. "FOKUS" Jurnal Pendidikan STKIP YPM Bangko, 78-83.

Milojevi ,M., Dimitrijevi, A (2016). Kecerdasan Emosi dengan kecemasan menghadapi masa pembebasan narapidana :Jurnal Psikologi Integratif, Vol.2 N0.2. 42-49
Published
2021-07-05
How to Cite
Utami, M., & Pratiwi, R. (2021). Remaja Yang Dilihat Dari Kelekatan Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi. Jurnal Ilmiah Psyche, 15(01), 35–44. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v15i01.1379
Section
Articles
Abstract viewed = 2010 times
Jurnal Ilmiah Psyche : 1654 times