Perilaku Intensi Kecurangan ditinjau dari Kepuasan Kerja Pada Pegawai Pelayanan Di Kota Palembang

  • Prima Dea Cahya Utami Universitas Bina Darma
  • Dwi Hurriyati Universitas Bina Darma
Keywords: Kepuasan Kerja, Intensitas Kecurangan, Pelayanan

Abstract

Abstract :The fraudulent behaviour of an employee in the company is an act of corruption by using the profits obtained for personal interest and not distributing them to other parties who should also gain, the exploitation of the assets of the employee using the company's facilities. Then the research was carried out with the connection between job satisfaction and the intensity of fraud in the service officers in the City of Palembang. This research population is a staff member of the Palembang tax service with a total of 370 staff members of Palembang's service with purposive sampling techniques. The results of simple regression research using the SPSS program showed a coefficient of staff member palembang with the number of subjects as many as 370 staff member Palembang obtaines with the Purposive Sampling technique.The results of the analysis show that there is a very defining relationship between job satisfaction and the intensity of fraud in the service staff in Palembang City.

 

Keywords: job satisfaction, fraud intensity, service

 

Abstrak : Perilaku kecurangan dalam perusahaan yang terjadi dilakukan pegawai yaitu tindakan korupsi dengan cara menggunakan sendiri keuntungan yang didapat demi kepentingan pribadi dan tidak membagikan kepada pihak lain yang seharusnya juga mendapatkan keuntungan, penyalagunaan asset pegawai yang memanfaatkan fasilitas perusahaan. Perilaku kecurangan terjadi disebabkan kareha ketidakpuasan yang diperoleh dalam pekerjaan yang diterima selama bekerja. Maka dilakukanlah penelitian dengan adanya hubungan antara kepuasan kerja dengan intensi kecurangan pada pegawai pelayanan di Kota Palembang. Populasi penelitian ini merupakan pegawai pelayanan di Kota Palembang dengan jumlah 370 pegawai pelayanan di Kota Palembang yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian regresi sederhana menggunakan program SPSS menunjukkan koefisien pegawai palembang dengan jumlah subjek sebanyak 370 pegawai palembang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian regresi sederhana menggunakan program SPSS menunjukan koefisien korelasi (r) sebesar 0,961 koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,923 serta nilai p=0,000 p<0,05.Hasil Analisa menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat sifnifikan antara kepuasan kerja dengan intensi kecurangan pada pegawai pelayanan di Kota Palembang.

 

Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Intensitas Kecurangan, Pelayanan

References

Agoes, S. (2013). Auditing petunjuk praktis pemeriksaan akuntan oleh akuntan public (4th ed). Jakarta: Salemba Empat.
Anugerah, R. (2014) Peranan good corporate governance dalam pencegahan fraud. Jurnal Akutansi, 3, (1), 101-113.
Arens, A. A., Elder, R. J., & Beasley, M. S. (2015). Auditing san jasa assurance (15thed). Jakarta: Erlangga.
Argarini, E. P. (2015). Pengaruh kompensasi terhadap fraud dengan kepuasan kerja pegawai sebagai variabel intervening. Jurnal Nominal, 4, (2), 127-135.
Artantri, L. P. R. M., Handajani, L., & Pituriningsih, E. (2016). Peran e-procurement terhadap pencegahan fraud pada pengadaan barang/ jasa pemerintah daerah di pulau Lombok. Jurnal Akutansi, 10, (1), 16-32.
Astuti, S., Zuhrotum, & Kushariyanti. (2015). Fraudulent financial reporting in public companies in Indonesia: An analysis of fraud triangle and responsibilities of auditors. Journal of Economics, Busuness, and Accountancy Ventura, 18, (1), 283-290.
Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Dayakisni, T. & Hudaniah (2012). Psikologi social. Malang UMM Press.
Diasmoro, O. (2017). Hubungan komuikasi interpersonal dengan kepuasan kerj a pegawai dewasa awal. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 5 (1), 107-125.
Dayakisni, T. & Hudainah. (2012). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.
Edy, S. (2011). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Kencana.
Emoja, M.M (2016) J0b satisfaction and turnover intention in secondarly Schools in kakamega district Kenya. International journal education and research,4(3),85-100.
Hermawan, G. (2016). Hubungan iklim organisasi dengan kepuasan kerja pegawai. Tanggerang eJournal Psikologi, 4, (2) 374-383.
Herzberg (2017) hubungan kondisi kerja peraturankerja terhadap kepuasan pegawai. Jurnal administrasi kantor, Surakarta.
Handoko wijono (2010) hubungan pengawasan pimpinan terhadap kepuasan kerja pegawai, 291-298.
Kreitner, R. & Kinicki, A. (2014). Perilaku organisasi: Organizational behavior (9th ed). Jakarta: Salemba Empat.
Lee, T. J. (2017). Relationship between intrinsic job satisfaction, extrinsic job satisfaction, and turnover intentions among internal auditors. Disseration and Doctoral Studies, Walden University.
Messier, W. F., Glovers, S. M., & Prawitt, D. F (2014). Jasa audit dan assurance pendekatan sistematis, (8th ed). Jakarta: Salemba Empat.
Munandar, A.S. (2001). Psikologi industry dan organisasi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI).
Mustika, D., Hastuti, S., & Heriningsih, S. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kecenderungan kecurangan: persepsi pegawai dinas Kabupaten Way kanan Lampung. Journal Nasional Akutansi, 16, (1),1-22.
Maula K.A(2017) analisis factor pendorong kecurangan terhadap kecenderungan afatur pemerintah. Jurnal ekonomi dan bisnis 273-287.
Putri, A. A. P. A. (2014). Pengaruh keefektifan pengendalian internal dan kepuasan kerja terhadap kecenderungan
kecurangan. Yogyakarta. Jurnal Nominal, 3, (1), 61-74.
Riyanti. 2015. Intensi mencotek ditinjau dari theory of planned behavior. Journal Ilmiah Psikologi Terapan, 3, (2), 249-267.
Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2016). Perilaku organisasi: Organizational behavior, (16th ed). Jakarta: Salemba Empat.
Reksodiharjo dan Handoko (2000) Organization behavior. Jakarta. Putra
Sugiyono. (2015) Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kuantitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Suryana, A. & Sadeli, D (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kecurangan.
Wijono, Sutarjo (2010) hubungan iklim organisasi dengan kepuasan kerja pegawai. Muara bara tanggerng sebrang.
Yulianti, V. & Mesta, H. A. (2015). Pengaruh stress kerja dan kepuasan kerja terhadap intensi kecurangan pegawai. Bejaya sumatera. Jurnal Praktik Bisnis, 4, (2), 183-194.
Zakariah, H. M., & Nurbaiti, A (2016). Pengaruh fraud risk factors terhadap pendeteksian kemungkinan fraudulent financial statement. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1 (1), 173-183
Published
2023-12-01
How to Cite
Utami, P. D., & Hurriyati, D. (2023). Perilaku Intensi Kecurangan ditinjau dari Kepuasan Kerja Pada Pegawai Pelayanan Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Psyche, 17(2), 141–150. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v17i2.2795
Section
Articles
Abstract viewed = 93 times
Jurnal Ilmiah Psyche : 78 times