PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT GERAKAN PADA PENARI DI SANGGAR TARI DHARMA PRAGINA DEWI

  • Putu Muslika Dewi Universitas Bina Darma Palembang
  • Putu Muslika Dewi Universitas Bina Darma Palembang
  • Desy Arisandy Universitas Bina Darma Palembang
Keywords: audiovisual media, memory, observation checklist

Abstract

This study aimed to explore the influence of audiovisual media to memory in dancer at dance studio dharma pragina dewi. Hyphothesis in there are influence of audiovisual media to memory in dancer at dance studio dharma pragina dewi. This research use observation checklist the ability remember to movement of galang bulan dance. This research use experiment methods. The sample of this study were dancer of studio dance dharma pragina dewi which numbered 20 people with data analisys independent sample t-test techniques. The results of computer analysis of research data using SPSS 20.0 for windows, obtained value the results of independent sample t-test t = -7.415 and p = 0,000 (p <0.05). this suggest that the hyphotesis is accepted.  The result of this analysis can be stated that there is the effect of audiovisual media is significant to memory in dancer at dance studio dharma pragina dewi.

References

Ahmadi, A. 2009. Psikologi umum. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafinfo Persada
Azwar, S. 2012. Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bastable, S, B. 2002. Perawat Sebagai Pendidik: Pinsip-Prinsip Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC
Chussurur, M., Hidayat, T., Agustin, R,W. 2011. Pengaruh Pemberian Cerita Melalui Media Audio Visual Terhadap Recall Memory Pada Anak-Anak Kelas V Sekolah Dasar Takmirul Islam Surakarta. Jurnal Psikologi Fakultas Kedokteran. Universitas Sebelas Maret Surakarta
Dewi, I, A, G, B., Indrawati, K, R. 2014. Perilaku Mencatat dan Kemampuan Memori pada Proses Belajar. Jurnal Psikologi Udayana 2014, Vol. 1, No. 2, 241-250
Djamarah, S.B., Zain, A. 2013. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fedotova, O., latuna, V. 2015. Experimental Study of Audiovisual Approach in a Course on the Psychology of Creativity. Procedia - Social and Behavioral Sciences 191 (2015) 1054 –1061. Southern Federal University, Faculty of Psychology, Nagibina Street
Fitriyah, L., Jauhar, M. 2014. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
Fudyartanta, K. 2011. Psikologi Umum 1&2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hadie, H, R. (2015). Pengelolaan Seni Di Bale Seni Ciwasiat Pandeglang Banten. (skripsi, tidak diterbitkan). Fakultas Pendidikan Seni dan Desain. Universitas Pendidikan Indonesia
Handoko. (24 Januari 2014). Macam-macam tarian di indonesia. Diakses dari: http://macam-macam-tarian-daerah.blogspot.com/2014/01/penjiwaan-merupakan-kemampuan-dasar.html?m=1 pada tanggal 2 maret 2018 jam 19.00 WIB
Herdiansyah, L, I., Mokodenseho, T, I., Hidayatullah, A, P., & Ridfah, A. (2014). Efektivitas media dan emotional words terhadap kemampuan mengingat. Jurnal psikologi karakter. Vol 1, Nomor. 2
Hurlock, E, B. 1980. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Iriansyah. (Februari 2017) Manfaat Audio Visual. Diakses Dari: https://alasakmana.blogspot.com/2017/02/manfaat-audio-visual.html?m=1. Pada tanggal 25 maret 2018, jam 14.00 WIB
Joewana, S., Margiyani, L., Padmohoedojo, L, G., Widayat, E., Ajisukusmo, C, R,P., Tambunan, M. 2001. NARKOBA petunjuk praktis bagi keluarga untuk mencegah penyalahgunaan narkoba. Yogyakarta: Media Pressindo
Khasanah, I., Widyana, R., & Kusumawardani, I, R. 2012. Efektivitas pelatihan imageri terhadap peningkatan kemampuan mengingat pada siswa sekolah menengah pertama. Fakultas psikologi universitas mercu buana
Ling, J., Chatling, J. 2012. Psikologi kognitif. Jakarta: Erlangga
Mais, Asrorul. 2016. Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember: CV Pustaka Abadi
Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Malik, Imam. 2016. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Kalimedia
Middlebrooks, C, D., Murayama, K., & Castel, A, D. 2017. Test Expectancy and Memory for Important Information. Journal of Experimental Psychology: Learning, Memory, and Cognition. American Psychological Association
Nuswantari, W. Astuti, T, P. 2015. Pengaruh pemberian lagu anak-anak terhadap perilaku prososial siswa taman kanak-kanak. Jurnal empati, oktober 2015, volume 4(4), 103
Papalia, D.E., Olds, S.W., Fieldman, R.D. 2011. Human Development, edisi kesembilan. Jakarta: Salemba Humanika
Prayana, A, A, N, W., Adiputra, I, N., & Tianing, N, W. pelatihan tari galang bulan meningkatkan kebugaran fisik pada pelajar SMP di yayasan perguruan Kristen harapan Denpasar. Majalah ilmiah fisioterap. Volume 2, nomor 1, 9-13
Rahma, R. (2010, oktober 25). Artikel: menari. Diakses dari http://rickyrahma.blogspot.co.id/2010/10/artikel-menari.html?m=1. Pada tanggal 3 maret 2018, jam 17.45 WIB
Richard, A., M., Hollingworth, H. 2012. The Strategic Retention of Task Relevant Objects in Visual Working Memory. Journal of Experimental Psychology: Learning, Memory, and Cognition. American Psychological Association
Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish
Sayidiman, 2012. Penggunaan media audio visual dalam merangsang minat mahasiswa terhadap mata kuliah seni tari. Publikasi, Volume II No. 1 Februari-Mei 2012, 41-41
Schwan, S., Cress, U. 2017. The Psychology Of Digital Learning. Germany: Springer
Sejati, A, W., Yumpi, F. (2016). Pengaruh Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Mengingat Huruf Alfabet Pada Siswa Kelompok Bermain Di Sekolah Cahaya Nurani Jember. INSIGHT ISSN: 1858-4063
Solso, R.L., Maclin, O.H., & Maclin, M.K. 2008. Psikologi kognitif, edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharnan, 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi
Sujarwo, Sawi .2016. Diktat Kuliah (Psikologi Eksperimen dan Analisis Uji Komparatif). Palembang
Sujarwo, Sawi. 2017. Modul Kuliah dan Pratikum (aplikasi komputer: SPSS). Palembang
Sumiharso, R., Hasanah, H. 2017. Media Pembelajaran. Jawa Timur: Pustaka Abadi
Suryabrata, S. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Susilana, R., Riyana, C. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Tan, darmawan, D, A., & Wibowo, C. 2015. Pengaruh Permainan Kartu Kwartet Terhadap Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Jepang. Psikodimensia Vol. 14 No.1
Thalib, S, B. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana
Vanesa, V. (13 april 2015) Makalah Media Audio Dan Audio Visual. Diakses Dari: vebivanesa.wordpress.com. pada tanggal 15 april 2018, jam 22.12 WIB
Walgito, B. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi
Published
2019-07-12
How to Cite
Dewi, P., Dewi, P., & Arisandy, D. (2019). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT GERAKAN PADA PENARI DI SANGGAR TARI DHARMA PRAGINA DEWI. Jurnal Ilmiah Psyche, 12(2), 106–119. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v12i2.494
Section
Articles
Abstract viewed = 670 times
Jurnal Ilmiah Psyche : 5656 times