KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KUALITAS PRODUK SIMCARD TELKOMSEL
Abstract
Abstract : This research was conducted to find out the relationship between product quality and user customer satisfaction of Telkomsel simcard in the students of Bina Darma Palembang University. The hypothesis proposed in this study is that there is a relationship between product quality and user customer satisfaction of Telkomsel simcard in the students of Bina Darma Palembang University. Subjects in this study amounted to 186 students of Bina Darma Palembang University. The sample technique used in this study is purposive sampling technique. The measuring instrument used is the scale of product quality and customer satisfaction. The analysis technique used is simple regression using SPSS version 20.0. The results of the analysis show that the correlation coefficient (R) = 0.194 with the score obtained is (R-square) = 0.038 and p = 0.008 (p <0.05) which means that the proposed hypothesis is accepted. These results indicate that there is a significant relationship between product quality and user customer satisfaction of Telkomsel simcard in the students of Bina Darma Palembang University. The contribution of the product quality variable to the consumer satisfaction variable is 3.8%.
Keywords: Product Quality, Customer Satisfaction, Telkomsel Simcard
Abstrak : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya hubungan antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen pengguna simcard Telkomsel pada mahasiswa Universitas Bina Darma Palembang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah bahwa ada hubungan antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen pengguna simcard Telkomsel pada mahasiswa Universitas Bina Darma Palembang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 186 mahasiswa Universitas Bina Darma Palembang. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Alat Ukur yang digunakan adalah skala kualitas produk dan kepuasan konsumen. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS versi 20.0. Hasil analisis menunjukkan koefisien korelasi (R) = 0,194 dengan skor yang didapatkan yaitu (R-square) = 0,038 dan p = 0,008 (p < 0,05) yang berarti hipotesis yang diajukan diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen pengguna simcard Telkomsel pada mahasiswa Universitas Bina Darma Palembang Kontribusi variabel kualitas produk dengan variabel kepuasan konsumen yaitu 3,8%.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, Kartu Telkomsel
References
Anonim, (2017, Agustus 16). Telkomsel Terus Bangun Wilayah Perbatasan Negara. Diakses dari https://www.telkomsel.com/about-us/news/telkomsel-terus-bangun-wilayah-perbatasan-negara
Diyantoro, A.Y. (2015, Mei 15). Perbedaan Simcard, micro simcard dan USIM card. Diakses dari http://agunkzscreamo.blogspot.com/2015/05/perbedaan-sim-card-dan-usim-card.html#.WqCSyZqYPIU
Fitho, (2017, Februari 3). Pengertian Internet Sevice Provider (ISP) Beserta Fungsinya. Diakses dari http://www.tentangkomputer.com/umum/pengertian-internet-service-providerbeserta-fungsinya/
Gitosudarmo, I. (1997). Manajemen Pemasaran.Yogyakarta: BPFEE
Harun, H.I. 2013. Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa Pengguna Game Pointblank. Jurnal Fakultas Psikologi, 2, 1.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Kristianto, P.L. 2011. Psikologi Pemasaran. Jilid 1. Edisi Pertama. Yogyakarta: CAPS
Nurtjahjanti, H. 2012. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Harga dan Kualitas Produk Dengan Minat Membeli Produk Fashion OnlineShop Di Facebook Pada Mahasiswa Politeknik X Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 11, 2,4-5.
Ningtias, S.D. (2017). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Ojek Online (Gojek) di Kecamatan Seberang Ulu II Palembang (Skripsi, tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Bina Darma, Palembang
Rangkuti, F. (2002). Creating Effective Maeketing Plan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sujarwo, S. (2014). Statistik I Buku Pembelajaran
Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa. Edisi IV. Yogyakarta: Andi Offset
Wijayanti, T. (2017). Marketing Plan Dalam Bisnis. Edisi Third. Jakarta: Elex Media Komputindo
Zamroni, M. 2009. Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Jurnal Dakwah,2, X, 197.
Jurnal Ilmiah Psyche : 779 times
Jurnal Ilmiah Psyche by http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalpsyche is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.