KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BRAND AWARENESS SEPATU PAKALOLO

  • Santi Sartika Universitas Bina Darma
  • Mutia Mawardah Universitas Bina Darma
Keywords: Brand Awareness, Purchase Decisions, Pakalolo Shoes.

Abstract

Abstract : This study aims to determine the relationship between brand awareness with the purchase decisions consumer of Pakalolo shoes in the JM Group Palembang. The hypothesis proposed in study is  there a relationship between brand awareness with the purchase decisions consumer of Pakalolo shoes in the JM Group Palembang. The population in this study were280 subjects, and sampled as many as 155 subjects. This research used nonprobability sampling technique that is incidental sampling. Researched measuring instruments used the brand awareness with purchase decisions. Analysis techniques using simple regression analysis by using SPSS version 20.0 for windows. The results showed a correlation coefficient (r) of 0,303 with a coefficient of determination (R-square) of 0,092 and p = 0,000 (p < 0,01). This suggests that the hypothesis is accepted. The results showed that there is a very significant relationship between brand awareness with the purchase decisions consumer of Pakalolo shoes in the JM Group Palembang. The contribution of the independent variable on the dependent variable it 9,2%.

 

Keywords: Brand Awareness, Purchase Decisions, Pakalolo Shoes.

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara brand awareness dengan keputusan pembelian konsumen sepatu pakalolo di JM Group Palembang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara brand awareness dengan keputusan pembelian konsumen sepatu pakalolo di JM Group Palembang. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 280 orang dan yang di jadikan sampel sebanyak 155 orang yang di dapat melalui teknik nonprobability sampling yaitu incidental sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala brand awareness dengan keputusan pembelian. Teknik analisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 20.0. Hasil analisis data penelitian dengan computer menggunakan program SPSS 20.0 for Windows, menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,303, koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,092, sertanilai p = 0,000 (p < 0,01) pada uji regresise derhana. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara brand awareness dengan keputusan pembelian konsumen sepatu pakalolo di JM Group Palembang. Komunikasi. Sumbangan variable bebas terhadap variable terikat sebesar 9,2%.

 

Kata Kunci : brand awareness, KeputusanPembelian, Sepatu Pakalolo

Author Biography

Mutia Mawardah, Universitas Bina Darma

Dosen Universitas Bina Darma

References

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arian, H. (2013). Pengaruh Brand awareness dan kepercayaan konsumen atas merek terhadap keputusan pembelian ulang minuman Aqua di kota Padang. Fakultas ekonomi, Universitas Negeri Padang.

Durianto. (2004). Brand Equity Ten. Strategi memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia pusat Utama.

Engel. J. F., Blackwell. R. D., Miniard. P. W. (1995). Prilaku konsumen.Jilid 2. Jakarta Barat: Binarupa Aksara.

Husni, Achmad Rifqi. (2010). Analisis Pengaruh Brand awareness terhadap Brand Attitude Handphone Merek Nokia. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

Basu Swastha, Hani Handoko. 2012. Manajemen Pemasaran-Analisis PerilakuKonsumen. Yogyakarta: BPFE
Khisnawati. D. (2016). Pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian AMDK merek Aqua Bandung: Program Studi Managemen UNKRIS Jatiwaragirin Jakarta Timur.
Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Malik. E. M.,Dkk (2013). Importance of Brand Awareness and Brand Loyalty in assessing Purchase Intentions of Consumer. USA.International Journal of Business and Social Science.

Machfoedz Mahmud, 2005, Pengantar Pemasaran Modern, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : UPP AMP YKPN, Yogyakarta

Romadhoni,Aditya dan Suprihhadi, Heru .,2014.Pengaruh Kesadaran Merek, Asoisasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Shampo Pantene Di Surabaya. Skripsi : Tidak diterbitkan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
Ridhania.F.(2012).Pengaruh citra merek terhadap gaya keputusan konsumen pada produck starbuck.Jakarta: Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Rawamangun Jakarta.
Simamora,Bilson. 2003,Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif &Profitabel,Gramedia Pustaka Utama,Jakarta.
Setiadi, Nugroho. 2003. ”Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran”. Jakarta: Kencana
Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto. D (2012). Konsep Dasar Pemasaran Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Caps.

Surachman.2008. Dasar-dasar Manajemen Merek. Banyu Media Publishing.Malang

Susanto. 2004. Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya, jakarta, penerbit: Mizan Publika Jakarta

Swastha, Basha, Ibnu Sukatjo. 2010. Pengantar Bisnis Liberti, Yogyakarta.

Wibowo. N. E. (2017). Pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelianyellow truck cabang sunda. Bandung; Prodi D3 Manjemen Pemasaran, fakultas ilmu terapan, universitas Telkom.
Wulandari, D. A., Oktafani, F. (2017). Pengaruh brand image terhadap proses keputusan sepatu NIKE. Bandung; Fakultas komunikasi dan bisnis Telkom university bandung.
Yanti, Budiasih. 2012. Statistika Deskriptif Untuk Ekonomi dan Bisnis. Tangerang, Jelajah Nusa.
Published
2019-08-23
How to Cite
Sartika, S., & Mawardah, M. (2019). KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BRAND AWARENESS SEPATU PAKALOLO. Jurnal Ilmiah Psyche, 13(1), 59–70. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v13i1.558
Section
Articles
Abstract viewed = 539 times
Jurnal Ilmiah Psyche : 1148 times