Implementasi Suction Tool Madu Klanceng Di Agrowisata Tekno 44

  • Madon . Universitas Bina Darma
  • Nina Paramytha Universitas Bina Darma
  • Renilaili Renilaili Universitas Bina Darma
Keywords: Mikrokontroller Arduino Uno, Sensor Ultrasonik Hc-Sr04, Baterai, Pompa DC, Module Step Down.Mikrokontroller Arduino Uno, Sensor Ultrasonik Hc-Sr04, Baterai, Pompa DC, Module Step Down.

Abstract

Lebah Trigona SP atau yang biasa dikenal masyarakat dengan sebutan lebah klanceng merupakan salah satu lebah penghisap nektar dari bunga-bunga. Lebah jenis ini merupakan spesies primitif yang menghasilkan jumlah madu paling sedikit dari jenis lainnya. Alat suction tool madu klanceng sebagai alat bantu untuk proses pemanenan madu klanceng, dengan menggunakan pompa 12 Volt DC untuk menghisap madu trigona sp dari sarangnya, lalu memberikan alarm jika botol penampungan madu sudah terisi penuh, maka di pasang sensor ultrasonik hc-sr04  untuk meneteksi madu dengan jarak baca sensor yang telah di tentukan pada penampungan sehingga madu yang di panen tidak tumpah atau tidak terbuang sia-sia. Alat penyedot madu ini berfungsi juga untuk menggurangi kerugian ketika melakukan pemanenan yang kurang intensif secara prosedur saat melakukan panen dari sarang lebah madu trigona sp.

                                  

Author Biographies

Madon ., Universitas Bina Darma

Teknik Elektro

Nina Paramytha, Universitas Bina Darma

Teknik Elektro

Renilaili Renilaili, Universitas Bina Darma

Teknik Industri

Published
2024-01-13
How to Cite
[1]
M. ., N. Paramytha, and R. Renilaili, “Implementasi Suction Tool Madu Klanceng Di Agrowisata Tekno 44”, jtekno, vol. 20, no. 2, pp. 12–21, Jan. 2024.
Section
Articles
Abstract viewed = 50 times
pdf : 67 times