Author Guidelines

Pedoman Penulisan Artikel

  1. Penyunting menerima naskah Hasil Penelitian atau Studi Pustaka dalam bahasa Indonesia baku atau Bahasa Inggris, yang belum pernah dipublikasikan.
  2. Naskah diketik dalam format doc., dengan ukuran A4, satu kolom, dan dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 12.
  3. Judul naskah singkat tidak melebihi 14 kata, dengan kata-kata atau frasa kunci yang mencermainkan isi tulisan.
  4. Data (para) penulis ditulis lengkap tanpa gelar, dengan keterangan lembaga / fakultas / institusi tempat kerja dan alamat e-mail yang aktif dan dapat dihubungi.
  5. Sistematika penulisan naskah, untuk:

          Naskah tulisan terdiri dari :

  • Abstrak berisi masalah penelitian, cara melaksanakannya, hasil dan kesimpulan (Times New Roman ukuran 10). Abstrak dibuat dalam 2 versi (dalam bahasa indonesia dan Bahasa Inggris)
  • Kata Kunci (ditulis dibawah abstrak 3 sampai 5 kata).
  • Pendahuluan (Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan huruf Times New Roman, 12, 1 (satu) kolom, kerapatan 1,5 spasi, pada kertas A4. Jumlah paragraph tidak dibatasi tetapi Secara garis besar bagian pendahuluan memuat latar belakang, perumusan masalah, tujuan kegiatan, dan kajian literatur. Penulis dituntut mengemukakan secara kuantitatif potret, profil, dan kondisi khalayak sasaran yang dilibatkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dapat digambarkan pula kondisi dan potensi wilayah dari segi fisik, sosial, ekonomi, maupun lingkungan yang relevan dengan kegiatan yang dilakukan. Paparkan pula potensi yang dijadikan sebagai bahan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Penulis diminta merumuskan masalah secara konkrit dan jelas pada bagian ini. Jelaskan tujuan yang hendak dicapai pada kegiatan pengabdian. Bagian ini didukung kajian literatur yang dijadikan sebagai penunjang konsep pengabdian. Penulis dituntut menyajikan kajian literatur yang primer (referensi artikel jurnal dan prosiding konferensi) dan mutakhir (referensi yang dipublikasikan dalam selang waktu 10 tahun terakhir). Kajian literatur tidak terbatas pada teori saja, tetapi juga bukti-bukti empiris. Perkaya bagian pendahuluan ini dengan upaya-upaya yang pernah dilakukan pihak lain. Artikel ini merupakan hasil pengabdian yang merupakan hilirisasi dari hasil penelitian, dapat berupa hasil penelitian sendiri maupun peneliti lai.
  • Metode (Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan huruf Times New Roman, 12, 1 (satu) kolom, kerapatan 1,5 spasi, pada kertas A4. Mencantumkan metode atau teknik yang digunakan, dan alat- alat khusus yang diperlukan dalam pengabdian,. Metode menjelaskan tahapan atau langkah dalam melaksanakan solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan, tanggal pelaksanaan (Minimal 2 hari), jumlah mahasiswa (bila ada) dan mitra yang terlibat.
  • Hasil, Pembahasan, dan Dampak (Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan huruf Times New Roman, 12, 1 (satu) kolom, kerapatan 1,5 spasi, pada kertas A4. Mencantumkan hasil pengabdian yang berupa data-data dalam bentuk susunan kalimat, tabel, grafik atau gambar. Penomeran gambar dan tabel menggunakan angka arab, berurutan dan dikutip dalam tubuh tulisan. Untuk tabel, keterangannya ditulis di atas tabel, sementara untuk grafik dan gambar, keterangannya dituliskan di bawah. Tulisan keterangan tabel, gambar, atau grafik ditulis dengan Font Times New Roman 12, posisi rata tengah, cetak tebal. Tulisan atau angka dalam tabel juga ditulis dengan Font Times New Roman 12.
  • Simpulan (Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan huruf Times New Roman, 12, 1 (satu) kolom, kerapatan 1,5 spasi, pada kertas A4. Simpulan dibuat satu paragraph, tanpa sitasi. Simpulan menjawab tujuan pengabdian)
  1. Naskah yang ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, abstraknya ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak harus jelas dan ringkas, maksimal 200 kata, diketik dalam satu alinea dengan huruf italic (miring) dengan jarak 1 (satu) spasi.
  2. Setiap tabel atau gambar harus dirujuk di dalam tulisan.
  3. Daftar Pustakadiutamakan 10 tahun terakhir. Format daftar pustaka: untuk memudahkan dalam penulisannya dapat menggunakan software seperti zotero, Endnote, reference manager atau mendelay. Apabila daftar pustaka ditulis secara manual, harus dipastikan bahwa penulisannya benar dan sesuai antara pustaka yang ada di teks dengan yang ada di list daftar pustaka. Daftar pustaka ditulis dalam urutan abjad secara kronologis tanpa nomor urut, APA Style. Penulisan putaka di dalam teks yaitu dengan menuliskan (nama penulis, tahun), untuk dua penulis dituliskan semua, kalau lebih dari dua yang ditulis hanya penulis pertama (nama penulis pertama et al.,Tahun). Penulisan penulis di daftar pustaka yaitu dengan menuliskan semua nama penulis.
  4. Isi tulisan bukan tanggung jawab Penyunting. Penyunting berhak mengedit redaksionalnya tanpa mengubah arti dan tidak tiadakan surat menyurat kecuali tulisan yang disertai perangko untuk dikembalikan (karena tidak memenuhi persyaratan atau perlu diperbaiki).
  5. Redaksi berhak menentukan jurnal yang akan diterbitkan.