Eksploitasi Digital Marketing Sebagai Usaha Meningkatkan Pendapatan Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pelaku UMKM Tanaman Hias Hafiz Flower

  • Sitti Nurhayati Nafsiah Univerisitas Bina Darma
  • Merry Agustina Universitas Bina Darma
  • Vivi Sahfitri
  • Marlindawati Marlindawati
Keywords: Digital Marketing, penjualan, pendapatan, UMKM tanaman hias

Abstract

Pandemi covid-19 membawa dampak yang cukup besar disegala aspek kehidupan baik sosial, budaya, pendidikan dan ekonomi. Begitu juga dengan para pelaku UMKM. Tak terkecuali kegiatan penjualan tanaman hias pada usaha  tanaman hias ”Hafiz Flower ” yang berada di Lorong Satria Kelurahan sungai buah yang merasakan penjualan tanaman hias menurun. Jika sebelumnya dapat diperoleh permintaan grosir tanaman hingga 8 kali dalam 1 minggu, kini menurun menjadi 1 kali atau bahkan tidak ada permintaan dalam 1 minggu. Untuk membantu memberikan alternatif penjualan, tim mengusulkan kegiatan pelatihan dan pendampingan digital marketing kepada pelaku UMKM usaha tanaman hias. Digital marketing dalam hal ini adalah dengan cara menandai lokasi bisnis dan memberi informasi bisnis di google map, memperluas pemasaran melalui instagram, dan membuat katalog di WhatsApp bisnis. Berbagai solusi pemasaran digital yang ditawarkan membantu penyebaran informasi produk dan jasa  para pelaku tanaman hias lebih luas sehingga penjualan  akan kembali meningkat. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan para anggota komunitas petani tanaman hias tentang manfaat digital marketing yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Sehingga, penjualan dan pendapatan para pelaku Usaha  tanaman hias diharapkan dapat semakin meningkat tidak hanya selama pandemi, namun juga di masa yang akan datang setelah pandemi berakhir

Published
2022-07-29
Section
Articles
Abstract viewed = 205 times
PDF : 231 times