Pelatihan Penelitian Tindak Kelas Kelompok PPG Prajabatan Angkatan II Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga di Kota Makassar

  • Sudirman Sudirman Universitas Negeri Makassar
  • Sahabuddin Sahabuddin Universitas Negeri Makassar
  • Palmizal Palmizal Universitas Jambi
Keywords: PTK, PPG, Parajabatan

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini di laksanakan dalam bentuk pelatihan Penelitian tindakan Kelas (Classroom Action Research) bagi Kelompok PPG Prajabatan Angkatan II Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga di Kota Makassar. Kegiatan ini bertujuan untuk : memperbaiki dan atau meningkatkan kualitas praktek pembelajaran secara berkesinambungan sehingga meningkatan mutu hasil instruksional; mengembangkan keterampilan guru; meningkatkan relevansi; meningkatkan efisiensi pengelolaan instruksional serta menumbuhkan budaya meneliti pada komunitas guru-guru pendidikan jasmani. Manfaat Kegiatan ini diharapkan para bagi Kelompok PPG Prajabatan Angkatan II Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga di Kota Makassar; antara lain: (1) PTK sangat kondusif untuk membuat guru menjadi peka tanggap terhadap dinamika pembelajaran di kelasnya. Dia menjadi reflektif dan kritis terhadap lakukan.apa yang dia dan muridnya (2) PTK dapat meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi profesional. Guru tidak lagi sebagai seorang praktis, yang sudah merasa puas terhadap apa yang dikerjakan selama bertahun-tahun tanpa ada upaya perbaikan dan inovasi, namun juga sebagai peneniliti di bidangnya. (3) Dengan melaksanakan tahapan-tahapan dalam PTK, guru mampu memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu kajian yang dalam terhadap apa yang terhadap apa yang terjadi di kelasnya. Tindakan yang dilakukan guru semata-mata didasarkan pada  masalah aktual dan faktual yang berkembang di kelasnya. (4) Pelaksanaan PTK tidak menggangu tugas pokok seorang guru karena dia tidak perlu meninggalkan kelasnya. PTK merupakan suatu kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan pelaksanaan proses pembelajaran. (5) Dengan melaksanakan PTK guru menjadi kreatif karena selalu dituntut untuk melakukan upaya-upaya inovasi sebagai implementasi dan adaptasi berbagai teori dan teknik pembelajaran serta bahan ajar yang dipakainya. Guna memecahkan masalah memerlukan suatu kegiatan yang terprogram untuk pelatihan dan pengetahuan praktis kepada mereka dalam bentuk pelatihan khusus yang dapat dengan mudah mereka transfer dalam kemampuan. Metode yang diberikan berupa: (1) Metode Ceramah dan penyampaian makalah: terutama menyangkut penyampaian materi yang sifatnya teoretik. (2) Praktek yaitu aplikasi dari teoretik tentang penelitian tindakan kelas yang dituangkan dalam pembuatan proposal penelitian dilanjutkan dengan simulasi pelaksanaan penelitian tindakan kelas. (3) Metode diskusi dilaksanakan bila-hal-hal yang tidak dapat dipecahkan dan dirasa memerlukan penyelesaian.

Published
2022-07-29
Section
Articles
Abstract viewed = 827 times
PDF : 3679 times