Penguatan Kompetensi Guru PAUD di Kabupaten Pangandaran dalam Implementasi Merdeka Bermain melalui Media Loose Parts

  • Mohamad Helmi Ismail Universitas Pendidikan Indonesia
  • Leli Halimah Universitas Pendidikan Indonesia https://orcid.org/0000-0002-0426-1860
  • Ayu Hopiani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muh. Asriadi AM Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Kompetensi Guru, Anak Usia Dini, Loose Parts, Merdeka Bermain

Abstract

Pandemi COVID-19 menjadi salah satu fenomena yang berdampak pada bidang pendidikan. Fenomena ini banyak mempengaruhi sistem penyelenggaraan pendidikan. Salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi hal tersebut yaitu melalui adanya Kurikulum Merdeka bagi setiap jenjang pendidikan, tak terkecuali jenjang PAUD. Pada lembaga PAUD implementasi kurikulum Merdeka dikenal juga sebagai Merdeka bermain. Implementasi Merdeka bermain di PAUD masih menjadi tantangan bagi para guru. Hal ini karena guru perlu memiliki keterampilan dan kompetensi dalam mengelola dan merancang pembelajaran agar sesuai dengan konsep Merdeka bermain. Maka dari itu, perlu adanya penguatan kompetensi pada guru terkait implementasi Merdeka bermain. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai implementasi Merdeka bermain menggunakan salah satu media bermain yaitu loose parts. Metode yang digunakan yaitu pelatihan berupa peningkatan kompetensi guru melalui ceramah interaktif, tanya jawab dan diskusi, serta simulasi. Hasil kegiatan pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru terkait implementasi Merdeka bermain melalui media loose parts. Para guru berpendapat bahwa media loose parts sangat potensial untuk membantu guru dalam menciptakan pembelajaran yang kreatif serta sesuai dengan konsep Merdeka bermain.

Published
2023-10-11
Section
Articles
Abstract viewed = 205 times
PDF : 192 times