Destination Brand Awareness: Penerapan Creative Writing di Era Digital

  • Fitria Aprilia Universitas Bina Darma
  • Neisya Neisya Universitas Bina Darma
  • Audi Yesyah Aulia Universitas Bina Darma
Keywords: creative writing, pariwisata, media sosial, teknologi digital

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu strategi promosi sektor pariwisata berbasis teknologi digital melalui creative writing dengan fokus utama pada penggunaan gambar, foto, dan video melalui media sosial seperti YouTube, Instagram, Facebook, Blog, dan Website. Penekanan khusus diberikan pada konten yang mengulas dan mempromosikan objek wisata yang terdapat di kota Palembang. Kegiatan ini berupa pendampingan di Dinas Pariwisata Kota Palembang selama periode Maret-Juli 2023 dengan menerapkan metode menulis kreatif, atau creative writing, khususnya dalam penyusunan captions media sosial. Pendekatan ini bertujuan untuk menghasilkan teks-teks yang informatif dan estetis. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa 1) penerapan creative writing secara efektif memberikan nilai tambah dalam menciptakan kesan estetika dalam teks atau caption promosi pariwisata, 2) promosi pariwisata berbasis teknologi digital memiliki dampak positif terhadap angka kunjungan wisatawan. Dengan menyebarkan konten promosi melalui kanal-kanal seperti YouTube dan Instagram, keberadaan destinasi pariwisata Palembang dapat lebih mudah diakses oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini dapat tercermin dalam peningkatan angka diagram kunjungan, menandakan efektivitas strategi promosi yang diterapkan. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya berkontribusi pada pengembangan keterampilan menulis kreatif di bidang promosi pariwisata, tetapi juga memiliki dampak positif yang terukur dalam peningkatan daya tarik dan kunjungan wisatawan.

Published
2024-03-31
Section
Articles
Abstract viewed = 21 times
PDF : 14 times