Efektivitas Literasi Digital Dalam Pendidikan Jarak Jauh

Authors

  • Michel Jacson Nalawo Potolau Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33557/8f37m185

Keywords:

Literasi Digital, Pendidikan Jarak Jauh, Media Edukasi, Pembelajaran Daring

Abstract

Literasi digital menjadi salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di era digital saat ini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui siaran edukatif sebagai narasumber di Radio Republik Indonesia (RRI) Kota Sorong pada tanggal 19 November 2023. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya literasi digital dalam PJJ, serta memperkenalkan berbagai fasilitas dan strategi yang digunakan Universitas Terbuka dalam mendukung transformasi digital pembelajaran. Metode pelaksanaan dilakukan melalui penyuluhan berbasis media digital dengan pendekatan ceramah interaktif dan sesi tanya jawab. Hasil kegiatan menunjukkan tingginya antusiasme pendengar dan meningkatnya pemahaman terkait pemanfaatan platform digital dalam pendidikan. Dampak dari kegiatan ini adalah tumbuhnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kompetensi digital dalam mendukung kemandirian belajar serta perluasan akses pendidikan.

References

Arifin, F., Ulfiana, E., & Admojo, W. (2020). Optimalisasi platform digital dalam pembelajaran daring di tengah pandemi covid-19. 21(1), 23–32. https://doi.org/10.33830/ptjj.v20

Dwiana, R. (2022). Community Radio Initiation for Remote Learning Program in East Nusa Tenggara. IKAT: The Indonesian Journal of Southeast Asian Studies, 6(1), 45. https://doi.org/10.22146/ikat.v6i1.71441

Embung Megasari Zam. (2021). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1, 9–18.

Isnaini, F. N. , Y. J. , & F. I. (2024). The Role of Digital Literacy in Strengthening Community Engagement in Rural Indonesia. In Proceeding of the International Conference on Social Sciences and Humanities Innovation, 1(2), 24–28.

Misniati, N. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS LITERASI DIGITAL DI ERA DISRUPSI. 14(1), 307–316.

Novita, N., Sakdiah, H., Author Prodi Pendidikan Fisika, C., & Malikussaleh Tengku Nie. (2021). Pengembangan Kompetensi Literasi Digital Pada Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 4(1), 51–58.

Rahmat Budiman. (2017). ORASI ILMIAH LITERASIINFORMASI Dl ERA DIGITAL PADA.

Potolau, M. J. N. (2024). PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM SISTEM PENDIDIKAN TERBUKA DAN JARAK JAUH DIGITAL LEARNING IN DISTANCE AND OPEN EDUCATION SYSTEM. 4(2), 153–159.

Sjuchro, D. W., Rusmana, A., Sjafirah, N. A., Lusiana, E., & Sujana, L. R. (2023). Local Public Broadcasting Institutions and Digital Literacy in Distance Learning Activities. Journal of Law and Sustainable Development, 11(12), e1708. https://doi.org/10.55908/sdgs.v11i12.1708

Suud, F. M., & Andriyani, I. N. (2022). Development of a Digital-Based Village Library to Increase Community Literacy in Ngajaran Hamlet. 2(7), 259–266. https://doi.org/10.59247/jppmi.v2i7.113

Downloads

Published

10-10-2025