Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran Penjas untuk Meningkatkan Motivasi dan Partisipasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33557/3k51k095Keywords:
Pendidikan Jasmani, Motivasi, TeknologiAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa melalui implementasi teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani (Penjas). Program dilaksanakan di sekolah mitra dengan melibatkan 20 siswa yang mengikuti pembelajaran selama empat kali pertemuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi yang diberikan sebelum dan sesudah program. Hasil analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal berdasarkan uji Shapiro-Wilk (p > 0,05), sedangkan uji paired sample t-test memperoleh nilai signifikansi 0.000 (p < 0,05), yang menandakan terdapat perbedaan signifikan motivasi siswa sebelum dan sesudah kegiatan. Secara deskriptif, siswa menjadi lebih antusias, aktif berpartisipasi, dan lebih konsisten dalam mengikuti aktivitas berbasis teknologi. Program ini juga berdampak pada peningkatan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi pada pembelajaran Penjas. Dengan demikian, implementasi teknologi terbukti mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik, interaktif, dan sesuai dengan karakter generasi digital, sekaligus mendukung pengembangan kualitas pembelajaran Penjas di sekolah mitra.
References
Bandura, A. (1997). Self-efficacy in changing societies. Cambridge University Press.
Camacho-Sánchez, R., Rillo-Albert, A., & Lavega-Burgués, P. (2022). Gamified digital game-based learning as a pedagogical strategy: Student academic performance and motivation. Applied Sciences, 12(21), 11214.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The" what" and" why" of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268.
Friskawati, G. F., Karisman, V. A., & Stephani, M. R. (2020). Analyzing the challenges to using technology in physical education. 1st South Borneo International Conference on Sport Science and Education (SBICSSE 2019), 15–17.
Henjilito, R., Makorohim, M. F., & Yani, A. (2024). A content analysis on the challenges experienced in implementing technology in physical education in Indonesia. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 5(3), 258–273.
Jastrow, F., Greve, S., Thumel, M., Diekhoff, H., & Süßenbach, J. (2022). Digital technology in physical education: a systematic review of research from 2009 to 2020. German Journal of Exercise and Sport Research, 52(4), 504–528.
Kalajas-tilga, H., Koka, A., Hein, V., Tilga, H., & Raudsepp, L. (2020). Motivational processes in physical education and objectively measured physical activity among adolescents. Journal of Sport and Health Science, 9(5), 462–471. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2019.06.001
Koehler, M., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70.
Navarra, G. A., Thomas, E., Scardina, A., Izadi, M., Zangla, D., De Dominicis, S., Cataldo, P., Proia, P., & Bellafiore, M. (2021). Effective strategies for promoting physical activity through the use of digital media among school-age children: A systematic review. Sustainability, 13(20), 11270.
Sargent, J. (2018). Digital technologies and learning in physical education: pedagogical cases. Taylor & Francis.
Suherman, A., Supriyadi, T., & Cukarso, S. H. I. (2019). Strengthening national character education through physical education: An action research in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(11), 125–153. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.11.8
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Weiss, M. R. (2020). Motor Skill Development and Youth Physical Activity: A Social Psychological Perspective. Journal of Motor Learning and Development, 8(2), 315–344. https://doi.org/10.1123/jmld.2020-0009
World Health Organization, (2020. (2022). Global status report on physical activity 2022: country profiles. World Health Organization.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dewi Susilawati, Ayi Suherman, Aam Ali Rahman, Herdiansyah Herdiansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.