Pengembangan Bisnis Salak Melalui Pelatihan Layanan Prima di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang
DOI:
https://doi.org/10.33557/jddp3411Keywords:
Pemberdayaan masyarakat, Inovasi Olahan Salak, Layanan Prima, Sertifikasi HalalAbstract
Paper ini membahas tentang pentingnya pelatihan layanan prima dan sertifikasi halal dalam meningkatkan daya saing dan kualitas produk salak pada Kelompok Tani Hutan (KTH) yang juga merupakan UMKM Lestari di Wonosalam, Jombang. Produk salak yang melimpah di daerah Wonosalam menyebabkan harga sangat murah, sehingga petani diarahkan untuk meakukan inovasi produk olahan salak seperti keripik salak, jus salak rempah, teh kulit salak. Untuk mendukung kesuksesan dalam memasarkan produk inovatif ini diperlukan ketrampilan layanan prima serta pelatihan sertifikasi halal untuk memastikan pelanggan akan kualitas kehalalan produk. Pemberdayaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman KTH Lestari tentang pentingnya layanan prima dan sertifikasi halal. Metode yang digunakan adalah pelatihan bagi kepada pelaku UMKM Salak. Pendampingan juga akan dilakukan pada saat KTH Lestari memulai produksi produk olahan salak. Hasil pemberdayaan adalah meningkatnya kualitas layanan dan produk UMKM Salak.
References
Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (2020). Pengolahan Produk Salak.
Lindiawati, L., Ilham, R., Supriyanto, H., Wulandari, D. A., & Renzina, Y. D. (2023). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Digital Literacy UMKM Rusunawa Wonorejo, Surabaya. Jurnal KeDayMas: Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 52-58.
Nur Laily, Ahmad Baihaqy, Eko Nurmianto (2024a) Penerapan Transformasi Digital Dalam Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Zulpah Batik Di Tanjungbumi, Bangkalan, Madura, Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova), Volume 4, Issue 3, Pages 124-134
Nur Laily, Ahmad Baihaqy, Eko Nurmianto, Vinza Hedi Satria, Juwita Sari (2024b) Penerapan Teknologi Tepat Guna Lemari Pengering Dan Meja Pola Pada UMKM Zulpah Batik Di Tanjung Bumi, Jurnal Abdi Panca Marga, Volume 5, Issue 2
Nurmianto Eko (2002) Pengaruh Kemampuan, Motivasi Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan. Proceedings Seminar Nasional Pasca Sarjana, Vol 1, No 1, 105-111
Nurmianto Eko, Lantip Trisunarno, Hary Sudjono (2019) Evaluasi Layanan Kualitas Agency Bank “X” Di Surabaya, Jurnal Teknologi Technoscientia, Pages 57-67
Nurmianto Eko, Rudy Ananta, Rizka Mudyanti, Alfiah Indasah, Lilla Puji Lestari, Fahmia Nur Fauziah, Fikri Nurfauzan Nurmianto, Gilang Samudra Trikurniawan, Keiko Alliyah Nugraha (2025) Pemberdayaan Masyarakat Menggunakan Metode Business Model Canvas Pada Produk Kuliner Lodeh Kikil Mojosongo di Kabupaten Jombang, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bina Darma, Volume 5, Issue 1, Pages 73-89
Nurmianto, E., Anzip, A., & Kusrini, D. E. (2021). REBA: an Ergonomics Assessment for Machine Operator of Porang (Amorphophallus Muelleri). IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(2), 19. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2020i2.9021
Nurmianto Eko, Adji Pamungkas, Alfiah Indasah, Lilla Puji Lestari, Mochamad Nurhadi, Yayu Sri Wahyuni Hamzah, Fikri Fauzan Nur Nurmianto, Fahmia Nur Fauziah (2024a) Penerapan TTG Pengering Ergonomis dan Pengembangan Ekonomi Biru Untuk UMKM Pulau Poteran Sumenep, Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, Vol 3, No 2, 78-93
Nurmianto, E., Kusuma, S. H., Soehardjoepri, S., Nadhiroh, S. R., Rahmaningsih, S., Fauziah, F. N., & Trikurniawan, G. S. (2024b). Processed Seafood Determination for Fishermen Prosperity Using Macro Ergonomic and Analytical Hierarchy Process. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1298 (1), 012009. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1298/1/012009
Nurmianto Eko, Arino Anzip, Sampurno (2018) Rancang Bangun Alat Pengasap atau Pengering Ikan On Motorcycle Yang Mobile, Portable Dan Ergonomis. Penelitian Pengembangan Prototype. Hibah Penelitian Kemendikbudristek. Jakarta.
Nurmianto Eko (2024c) Alat pengasap atau pengering ikan di sepeda motor, Nomor Permohonan: A00202402590, Nomer pendaftaran : IDD000073435, Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia, Republik Indonesia, Jakarta
Nur Shaikhut Toharotus Shokhikhah, Riska Putri Aprillia, Alfina Rahma Sabila, Avif Yulianto, Azi Alfi Janah, Namira Nurma Anjani, Andriani (2023) “Pendampingan Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Pengurusan Sertifikasi Halal Melalui Program SEHATI”, Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 1 No 3
Salim, A., Singgih, M. L., & Nurmianto, E. (2011). Pengukuran kualitas layanan menggunakan servqual dan Confirmatory Factor Analysis (CFA) (Studi kasus pada Jurusan Teknik Industri Universitas XYZ). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XIII, 1–8.
Siska, S., Rahmi, H., Fitriani, & Dewanti, E. (2020). Workshop dan Pelatihan Pengajuan Sertifikat Halal bagi Pelaku Industri Makanan Olahan UMKM.
Priska Wulan Ndari, I Gusti Agung Haryawan, M Ansyar Bora, M Abrar Masril, Eko Nurmianto, Fitri Labuda, Herman Herman, Ahmad Hanafie (2025) Ergonomi Industri: Pendekatan Teknologi Dan Inovasi, Yayasan Tri Edukasi Ilmiah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lindiawati Lindiawati, Eko Nurmianto, Emma Yulianti, Alfiah Indasah, Calvina Angelia Diwangkari, Grace Yosephina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.