Literasi TIK: Sosialisasi Pemanfaataan Canva untuk Pengelolaan Keuangan Sederhana di Mts Al-Mu’min
DOI:
https://doi.org/10.33557/5wmv8d82Keywords:
Literasi TIK, Canva, Keuangan SederhanaAbstract
Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi TIK melalui sosialisasi pemanfaatan Canva sebagai media inovatif dalam pengelolaan keuangan sederhana bagi siswa MTs Al-Mu’min di Desa Sukamanah. Canva tidak hanya digunakan untuk desain grafis, tetapi juga sebagai sarana kreatif dalam membuat anggaran visual, infografis tabungan, serta target keuangan jangka panjang. Metode pelaksanaan meliputi empat tahap, yaitu diskusi dengan mitra, persiapan dan koordinasi, perencanaan teknis, serta pelaksanaan sosialisasi dan demonstrasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dan termotivasi dalam memahami konsep pengelolaan keuangan sederhana melalui pendekatan visual yang interaktif. Dengan demikian, Canva terbukti dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan literasi keuangan dan kreativitas siswa.
References
Hidayat, T. (2023). Pemanfaatan Tools Digital untuk Peningkatan Literasi Keuangan di Era 5.0. Jurnal Teknologi Edukasi, 5(2), 112-125.
Santoso, M. (2022). Psikologi Konsumen dan Pengambilan Keputusan Finansial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Lusardi & Mitchell, (2014). Mendukung literasi keuangan dini agar anak terbiasa mencatat pemasukan & pengeluaran
Dale, (1969). Meningkatkan keterlibatan belajar karena berbasis visual & praktik langsung
Syarah, (2023). Membentuk kebiasaan finansial positif lewat jurnal kreatif di Canva
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Faiz Faozi, Leni Marlina, Salma Sa’diah, Mutiara Syifa Rahmayanti, Taqwa Sandika, M. Arjuna Bayu Satrio

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.