Literasi TIK: Sosialisasi Pemanfaataan Canva untuk Pengelolaan  Keuangan Sederhana di Mts Al-Mu’min

Authors

  • Faiz Faozi STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • Leni Marlina STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • Salma Sa’diah STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • Mutiara Syifa Rahmayanti STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • Taqwa Sandika STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • M. Arjuna Bayu Satrio STKIP Bina Mutiara Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.33557/5wmv8d82

Keywords:

Literasi TIK, Canva, Keuangan Sederhana

Abstract

Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi TIK melalui sosialisasi pemanfaatan Canva sebagai media inovatif dalam pengelolaan keuangan sederhana bagi siswa MTs Al-Mu’min di Desa Sukamanah. Canva tidak hanya digunakan untuk desain grafis, tetapi juga sebagai sarana kreatif dalam membuat anggaran visual, infografis tabungan, serta target keuangan jangka panjang. Metode pelaksanaan meliputi empat tahap, yaitu diskusi dengan mitra, persiapan dan koordinasi, perencanaan teknis, serta pelaksanaan sosialisasi dan demonstrasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dan termotivasi dalam memahami konsep pengelolaan keuangan sederhana melalui pendekatan visual yang interaktif. Dengan demikian, Canva terbukti dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan literasi keuangan dan kreativitas siswa.

References

Hidayat, T. (2023). Pemanfaatan Tools Digital untuk Peningkatan Literasi Keuangan di Era 5.0. Jurnal Teknologi Edukasi, 5(2), 112-125.

Santoso, M. (2022). Psikologi Konsumen dan Pengambilan Keputusan Finansial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lusardi & Mitchell, (2014). Mendukung literasi keuangan dini agar anak terbiasa mencatat pemasukan & pengeluaran

Dale, (1969). Meningkatkan keterlibatan belajar karena berbasis visual & praktik langsung

Syarah, (2023). Membentuk kebiasaan finansial positif lewat jurnal kreatif di Canva

Downloads

Published

10-10-2025