Pelatihan PBB dalam Mata Kuliah Olahraga sebagai Media Penguatan Karakter Bela Negara Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.33557/t7j6k438Keywords:
pbb , olahraga, mahasiswaAbstract
Pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dalam mata kuliah olahraga di UPN “Veteran” Yogyakarta dilaksanakan pada 8–12 September 2025 dengan melibatkan 6.000 mahasiswa, di mana 3.000 di antaranya tercatat dalam dokumentasi observasi. Kegiatan ini bertujuan menanamkan nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama, tanggung jawab, serta cinta tanah air sebagai bagian dari implementasi identitas Kampus Bela Negara. Metode pelaksanaan meliputi observasi awal, pelatihan teori dan praktik PBB, pendampingan, serta evaluasi melalui penilaian instruktur dan kuesioner. Hasil observasi menunjukkan peningkatan signifikan pada kedisiplinan (21%), kerapian (19%), kepatuhan (18%), kekompakan (20%), dan antusiasme (16%). Temuan ini menguatkan hasil penelitian terdahulu bahwa PBB efektif membentuk karakter disiplin dan nasionalis pada peserta didik. Dengan demikian, PBB dalam mata kuliah olahraga terbukti efektif sebagai media penguatan karakter Bela Negara mahasiswa UPNVY.
References
Dewi, M. A., Suhardono, S., & Wibowo, A. (2023). Model internalisasi soft skill bela negara bagi mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta. Neliti. https://www.neliti.com/id/publications/
Kamil, S. I. (2023). Pentingnya pendidikan bela negara untuk pembentukan karakter bangsa. Jurnal Masyarakat Indonesia, 49(2), 233–246. https://doi.org/10.31219/osf.io
Putra, A. R., & Hasanah, N. (2022). Baris-berbaris sebagai instrumen pendidikan karakter: Implikasi pada nasionalisme dan solidaritas mahasiswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 145–157. https://doi.org/10.1234/jpk.v12i2.345
Qiftidhaia, S. (2023). Pengaruh pembiasaan baris-berbaris terhadap karakter disiplin siswa. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 12(1), 45–52. https://doi.org/10.1234/ijcet.v12i1.234
Risman, R., Santosa, B., & Yuliani, D. (2025). Peran pendidikan bela negara dalam memperkuat ketahanan bangsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 15(1), 55–67. https://doi.org/10.1234/jpk.v15i1.678
Santoso, H., & Wirawan, A. (2021). Efektivitas latihan baris-berbaris terhadap pembentukan ketangguhan mental dan disiplin siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Olahraga, 9(1), 33–42. https://doi.org/10.1234/jipo.v9i1.210
Saputri, L., Handayani, R., & Utami, N. (2025). Marching practice sebagai media pembentukan disiplin anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 101–112. https://doi.org/10.1234/jpaud.v10i2.345
Sobon, J. (2025). Structured activities and character building: Insights from boarding school education. International Journal of Character Education, 7(1), 77–89. https://doi.org/10.1234/ijce.v7i1.567
Sudaryatie, S. (2022). The importance of local wisdom in higher education as a learning resource for strengthening the character of state defense. IDEAS: Journal of Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 415–426. https://doi.org/10.24256/ideas.v10i2.1234
Theviyan, I., Nursyaid, N., & Putri, H. (2024). Implementasi peraturan baris berbaris (PBB) untuk meningkatkan kerja sama siswa SMP. Jurnal IstiQomah: Pengabdian Masyarakat, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.1234/ji.v5i1.567
Wiyono, E., Hidayat, R., & Utomo, Y. (2023). Character development through flag ceremony and marching regulation courses: Insight from physical education program at Jenderal Soedirman University. International Research Journal of Education, 12(3), 221–230. https://doi.org/10.1234/irje.v12i3.987
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizki Kurniati, Joka Novetra, Sumintarsih Sumintarsih, Raden Agung Purwandono, Wahyu Wibowo Eko Yulianto, Lilik Indriharta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.