Penyusunan Portofolio Olahraga Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pada MGMP di Kota Pematang Siantar

Authors

  • Imran Akhmad Universitas Negeri Medan
  • Zulfan Heri Universitas Negeri Medan
  • Novita Novita Universitas Negeri Medan
  • Hariadi Hariadi Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Reza Destya Universitas Negeri Medan
  • Amirsyah Putra Lubis Universitas Negeri Medan
  • Nurkadri Nurkadri Universitas Negeri Medan https://orcid.org/0000-0002-2452-076X

DOI:

https://doi.org/10.33557/0r6zag71

Keywords:

Portofolio Olahraga, Penyusunan, Seleksi Masuk

Abstract

Mitra kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah MGMP Olahraga di Kota Pematang Siantar, Kabupaten Batubara dan Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara yang berjarak berjarak 126, 131 dan 150 km dari Universitas Negeri Medan. Beberapa MGMP Olahraga lainnya juga menghadapi permasalahan yang sama dengan daerah lainnya terutama dalam pembuatan portofolio olahraga di. Terdapat beberapa permasalahan mitra diantaranya daam proses pembuatan portofolio olahraga bagi siswa banyak yang kurang tepat, hal ini dikarenakan (1) Kurangnya pemahaman siswa mengetahui hal apa saja yang menjadi persyaratan dalam pengisian portofolio olahraga. (2) Kurangnya pemahaman guru sebagai pemandu pelaksanaan pembuatan video portofoio olahraga (3) banyaknya siswa yang salah dalam menyusun portofolio olahraga yang akan di upload pada aplikasi pendaftaran. (4) Serta banyaknya siswa yang salah dalam pengisian dan penyusunan borang isian portofolio seperti data kesehatan, data keterampilan motorik, dan bukti raihan prestasi. Dari keempat permasalahan utama tersebut tidaklah memungkinkan untuk diselesaikan maka pada kegiatan yang akan dilakukan yaitu dengan Pendampingan Penyusunan Portofolio Olahraga Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri ini kiranya dapat membantu calon mahasiswa dalam pengisian portofolio melalui pendampingan bagi MGMP olahraga. Hal yang akan mendasar untuk diselesaikan bersama mitra dalam kegiatan ini adalah: (1) melakukan pendampingan pada penyusunan portofolio olahraga, (2) melakukan pendampingan terhadap pengetahuan dan keterampilan guru dalam pelaksanaan dan perekaman praktek portofolio olahraga, (3) melakukan pendampingan cara menginput borang isian dan video rekaman portofolio olahraga kedalam aplikasi portofolio.

References

Akhmad, I., Suharjo, Lubis, A. P., Destya, M. R., Nurkadri, Helmi, S., Hardiyono, B., Muslimin, & Fikri, A. (2024). The Relationship between Physical Activity and Physical Fitness of Elementary School Students. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 12(1), 229–237. https://doi.org/10.13189/saj.2024.120124

Andi Nova, R. D. (2020). Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Snmptn, Sbmptn, Smmptn Dan Sistem Portofolio Keterampilan Olahraga Dan Seni Tingkat Sma/Sederajat Di Kecamatan Seruway Kab. Aceh Tamiang. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 47–54. https://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JPKM

Dewi, R., Akhmad, I., & Supriadi, A. (2021). Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar Pjok Berbasis Online Bagi Kkg Penjas Sd Kecamatan Hamparan Perak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(2), 161–164. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i2.20372

Fauziah, B. R., & Badrujaman, A. (2022). Pengembangan Media Instagram Mengenai Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(2), 2022. Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling aip.bj@unj.ac.id

Marlinda Pala Bani, B. G. E. T. T. W. A. E. L. (2024). Upaya Peningkatan Minat Masuk Perguruan Tinggi Negeri Melalui Sosialisasi Dan Promosi Di Sma Negeri 2 Kefamenanu. JUPEMAS: Jurnal Umum Pengabdian Masyarakat, 38–42. https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Mayasari. (2023). Analisis Penerapan Teknologi dalam Pendidikan dan Dampaknya terhadap Kesehatan di Lingkungan Sekolah. Journal on Education, 06(1), 93–100. Website: http://jonedu.org/index.php/joe

Ridwan, M., Ristanto, K. O., Aryanandha, I. D. M., Yuhantini, E. F., & Fikri, M. D. (2021). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Bagi Guru PJOK. Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat (JPOM), 2(2), 40–44. https://doi.org/10.26877/jpom.v2i2.10005

Rizal, A. A., Hafidhurrifqi, H., & Mahmudi, S. (2018). Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam olahraga. Seminar Nasional Ilmu Keolahragaan UNIPMA), 1(1), 127–131. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/snik/index

Satika Dewi, P., Fahmi Brillyansyah, D., Ihsan Alfarizi, M., & Mualimin, L. (2024). Pengembangan Minat Studi Lanjut: Sosialisasi Strategi Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Simulasi Tryout Berbasis CAT (Computer Assisted Test). JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 3(2), 135–142. https://journal.insankreasimedia.ac.id/index.php/JILPI

Setiawan, W., Septa, B., & Triaditya, M. (2019). Tingkat Pembangunan Olahraga Ditinjau Melalui Sport Development Index (SDI) di Kecamatan Banyuwangi. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga.

Sinaga, F., Reza Destya, M., Negeri, S., Dairi, K., & Kepelatihan Olahraga, P. (2022). Giving Sports Burden to Behavior of Students of the Faculty of Sports Science, Universitas Negeri Medan. East Asian Journal of Multidisciplinary Research (EAJMR), 1(8), 1519–1526. https://journal.formosapublisher.org/index.php/eajmr/index

Supriadi, A., & Mesnan, M. (2022). Development of Application Based Football Learning. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(2), 297–304. https://doi.org/10.33369/jk.v6i2.21852

Ariza-Vargas, L., López-Bedoya, J., Domínguez-Escribano, M., & Vernetta-Santana, M. (2011). The Effect of Anxiety on the Ability to Learn Gymnastic Skills: A Study Based on the Schema Theory. Sport Psychologist, 25, 127-143.

Bourdon, P. C., Cardinale, M., Murray, A., Gastin, P., Kellmann, M., Varley, M. C., Gabbett, T. J., Coutts, A. J., Burgess, D. J., Gregson, W., & Cable, N. T. (2017). Monitoring Athlete Training Loads: Consensus Statement. International journal of sports physiology and performance, 12(Suppl 2), S2161–S2170. https://doi.org/10.1123/IJSPP.2017-0208.

Foster C. (1998). Monitoring training in athletes with reference to overtraining syndrome. Medicine and science in sports and exercise, 30(7), 1164–1168. https://doi.org/10.1097/00005768-199807000-00023.

Gabbett, T. J., Nassis, G. P., Oetter, E., Pretorius, J., Johnston, N., Medina, D., Rodas, G., Myslinski, T., Howells, D., Beard, A., & Ryan, A. (2017). The athlete monitoring cycle: a practical guide to interpreting and applying training monitoring data. British journal of sports medicine, 51(20), 1451–1452. https://doi.org/10.1136/bjsports-2016-097298.

Glasgow P. (2017). Optimising load to optimise outcomes. British journal of sports medicine, 51(13), 985. https://doi.org/10.1136/bjsports-2017-098048.

Hamlin, M. J., Wilkes, D., Elliot, C. A., Lizamore, C. A., & Kathiravel, Y. (2019). Monitoring Training Loads and Perceived Stress in Young Elite University Athletes. Frontiers in physiology, 10, 34. https://doi.org/10.3389/fphys.2019.00034.

Impellizzeri, F. M., Marcora, S. M., & Coutts, A. J. (2019). Internal and External Training Load: 15 Years On. International journal of sports physiology and performance, 14(2), 270–273. https://doi.org/10.1123/ijspp.2018-0935.

Meeusen, R., Duclos, M., Foster, C., Fry, A., Gleeson, M., Nieman, D., Raglin, J., Rietjens, G., Steinacker, J., Urhausen, A., European College of Sport Science, & American College of Sports Medicine (2013). Prevention, diagnosis, and treatment of the overtraining syndrome: joint consensus statement of the European College of Sport Science and the American College of Sports Medicine. Medicine and science in sports and exercise, 45(1), 186–205. https://doi.org/10.1249/MSS.0b013e318279a10a.

Piedra, A., Caparrós, T., Vicens-Bordas, J., & Peña, J. (2021). Internal and External Load Control in Team Sports through a Multivariable Model. Journal of sports science & medicine, 20(4), 751–758. https://doi.org/10.52082/jssm.2021.751.

Rago, V., Brito, J., Figueiredo, P., Krustrup, P., & Rebelo, A. (2019). Relationship between External Load and Perceptual Responses to Training in Professional Football: Effects of Quantification Method. Sports (Basel, Switzerland), 7(3), 68. https://doi.org/10.3390/sports7030068.

Scanlan, A. T., Wen, N., Tucker, P. S., & Dalbo, V. J. (2014). The relationships between internal and external training load models during basketball training. Journal of strength and conditioning research, 28(9), 2397–2405. https://doi.org/10.1519/JSC.0000000000000458.

Scott, B. R., Duthie, G. M., Thornton, H. R., & Dascombe, B. J. (2016). Training Monitoring for Resistance Exercise: Theory and Applications. Sports medicine (Auckland, N.Z.), 46(5), 687–698. https://doi.org/10.1007/s40279-015-0454-0.

Scott, B. R., Lockie, R. G., Knight, T. J., Clark, A. C., & Janse de Jonge, X. A. (2013). A comparison of methods to quantify the in-season training load of professional soccer players. International journal of sports physiology and performance, 8(2), 195–202. https://doi.org/10.1123/ijspp.8.2.195.

Vanrenterghem, J., Nedergaard, N. J., Robinson, M. A., & Drust, B. (2017). Training Load Monitoring in Team Sports: A Novel Framework Separating Physiological and Biomechanical Load-Adaptation Pathways. Sports medicine (Auckland, N.Z.), 47(11), 2135–2142. https://doi.org/10.1007/s40279-017-0714-2.

Windt, J., & Gabbett, T. J. (2017). How do training and competition workloads relate to injury? The workload-injury aetiology model. British journal of sports medicine, 51(5), 428–435. https://doi.org/10.1136/bjsports-2016-096040.

Downloads

Published

10-10-2025