Workshop Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Deep Learning Bagi Guru-Guru di SMKN 4 Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.33557/e8h98c52Keywords:
Bahan Ajar Digital, Deep Learning, Kecerdasan Artfisial, Pendidikan VokasiAbstract
Perkembangan teknologi digital dan kecerdasan artifisial (KA) menuntut guru SMK untuk mampu merancang pembelajaran yang adaptif dan relevan dengan kebutuhan industri. Namun, hasil identifikasi kebutuhan di SMKN 4 Bandung menunjukkan bahwa sebagian besar guru belum memahami Pendekatan Pembelajaran Mendalam (PPM) dan belum memiliki keterampilan dalam mengembangkan bahan ajar digital dengan memanfaatkan KA. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui workshop yang dilaksanakan dalam dua sesi, masing-masing pada 18–20 Juni 2025 dan 15–16 Juli 2025, serta terintegrasi dengan program In House Training (IHT) sekolah. Sebanyak 95 guru mengikuti workshop, didampingi oleh 15 mahasiswa yang berperan sebagai asisten fasilitator. Metode pelatihan meliputi ceramah interaktif, diskusi kelompok, demonstrasi, praktik langsung, serta pendampingan pembuatan modul ajar digital. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman guru, terlihat dari kenaikan skor rata-rata pre-test sebesar 49,84 menjadi 82,81 pada post-test, serta meningkatnya kualitas modul ajar yang dihasilkan. Meskipun tingkat partisipasi bervariasi di setiap tahap, dampak pelatihan mencakup peningkatan literasi pedagogik, keterampilan digital, serta kesiapan guru dalam menerapkan pembelajaran mendalam berbantuan KA. Kegiatan ini menyimpulkan bahwa pelatihan berbasis kebutuhan efektif dalam meningkatkan kapasitas guru dan dapat diadopsi sebagai model pelatihan berkelanjutan di lingkungan SMK.
References
Biggs, J., & Tang, C. (2011). Teaching for quality learning at university (4th ed.). McGraw-Hill.
Borko, H. (2004). Professional development and teacher learning: Mapping the terrain. Review of Educational Research, 74(1), 3–15.
Darling-Hammond, L., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). Effective teacher professional development. Learning Policy Institute.
Desimone, L. M. (2009). Improving impact studies of teachers’ professional development: Toward better conceptualizations and measures. Educational Researcher, 38(3), 181–199.
Hill, H. C., Beisiegel, M., & Jacob, R. (2013). Professional development research: Consensus, crossroads, and challenges. Educational Researcher, 42(9), 476–487.
Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2022). Artificial intelligence in education: Promises and implications for teaching and learning (2nd ed.). Center for Curriculum Redesign.
Kemendikbudristek. (2020). Kebijakan revitalisasi SMK. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kennedy, A. (2016). Professional development: A critical review of approaches. Professional Development in Education, 42(2), 204–228.
OECD. (2021). AI in education: Challenges and opportunities. OECD Publishing.
Opfer, V. D., & Pedder, D. (2011). Conceptualizing teacher professional learning. Review of Educational Research, 81(3), 376–407.
Said, H., Omar, M. K., Adnan, M., & Hassan, R. (2022). Teachers’ digital competencies and challenges in implementing technology-enhanced learning. International Journal of Instruction, 15(1), 567–586.
Tondeur, J., Aesaert, K., Prestridge, S., & Consuegra, E. (2018). Developing a validated instrument to measure preservice teachers’ ICT competencies: Meeting the demands of the 21st century. Education and Information Technologies, 23, 755–771.
UNESCO. (2023). Guidance for generative AI in education and research. UNESCO Publishing.
Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(39), 1–27.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dr.Saripudin,MT., Sri Lestari Harja,MT., Dr.Cucu Sutinah,M.Pd., Aan Sukandar,M.Pd., Irsyad Fauzan Prasetia, Dr.Sandey Tantra Paramitha,M.Pd.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








