PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DAN KELAS LITERASI SECARA BERSAMA-SAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Main Article Content

Aspari Aspari Aspari

Abstract

Abstract - The goal of this research is to get data about the use of digital media  and Class of Literation in together to achievement of student’s learning at Anugerah Abadi Junior High School in Pamulang Tangerang Selatan. This research uses research method with correlation and regration analysis. It is mean, making connection  between data that tells about the use of digital media  and Class of Literation in together to achievment of student’s learning.


The data about the use of digital media  and Class of Literation in together to achievement of  student’s learning could be got over questioner by resercher with measuring something that has connection to: (1) there are effects of the use of digital media  signficantly and Class of Literation in together to achievement of  student’s learning. It can be known from the getting score of Fo=9,109 and Sig.0,000 < 0,05. In together, the variable of the use of digital media  and Class of Literation gave contribution 24,2% to the variable of achievement of  student’s learning. (2) There are effects of the use of digital media  significantly to achievement of  student’s learning. It can be known from the getting score of thitung =2,214 and Sig. 0,031 < 0,05. The variable of the use of digital media  contrbuted 12,67% in increasing achievement of  student’s learning. (3) There are effects of Class of Literation to students learning achievment significantly. It can be known by the getting score of thitung = 2,061 and Sig. 0,044 < 0,05. The variable Class of Literation contributed 11,53% in increasing achievement of  student’s learning. It tells us that there are possitive effects and significant to the use of digital media  and Class of Literation in together to achievement of  student’s learning.


Keywords: Class Literation, the use of digital media, learning achievment.


Abstrak : tujuan dari peneitian ini adalah untuk mendatpakan data tentang penggunaan media digital dan kelas literasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa di SMP Anugerah Abadi Pamulang Tangerang Selatan. Peneltian ini menggunakan metode penelitian analysis korelasi dan regresi. Yang artinya membuat hubungan antara penggunaan media digital dan kelas literasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa.


Data tentang penggunaan media digital dan kelas literasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa didapatkan melalui kuisioner oleh  peneliti dengan mengukur sesuatu yang mempunyai hubungan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media digital dan  kelas literasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Fo = 9,109 dan Sig. 0,000 < 0,05. Secara bersama-sama variable penggunaan media digital dan kelas literasi memberikan kontribusi sebesar 24,2 % terhadap variable hasil belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media digital terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 2,214 dan Sig. 0,031 < 0,05. Variabel penggunaan media digital memberikan kontribusi sebesar 12,67 % dalam meningkatkan  hasil belajar siswa. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan kelas literasi terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 2,061 dan Sig. 0,044 < 0,05. Variabel kelas literasi memberikan kontribusi sebesar 11,53 % dalam meningkatkan  hasil belajar siswa.


Kata Kunci : Kelas Lliterasi, Penggunaan Media Digital, Hasil Belajar.

Article Details

How to Cite
Aspari, A. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DAN KELAS LITERASI SECARA BERSAMA-SAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, 13(1), 47–59. https://doi.org/10.33557/binabahasa.v13i01.934
Section
Articles

References

Wijaya, Cece, dan Rusyan, A. Tabrani. 1992. Kemampuan dasar guru dalam proses belajar-mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Syaodih, Nana. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.

Sisdiknas. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Penerbit Fokus Media.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen., Jakarta : Eka Jaya. CV. 2006

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Widyamartay A. 1992. Seni Mebaca Untuk Studi. Yogyakarta: Kanisius