MENENTUKAN JUMLAH TENAGA KERJA YANG OPTIMAL BERDASARKAN WAKTU STANDAR BAGIAN BAGGING PUPUK NPK

  • Muhamad Buyung Universitas Bina Darma
  • M. Kumroni Makmuri Universitas Bina Darma
  • Septa Hardini Universitas Bina Darma
Keywords: Waktu baku, bagging NPK, beban kerja, uji keseragaman data

Abstract

 Penelitian ini dilakukan di PT Pupuk Sriwidjaja Palembang dimana pada bagian pengantongan belum optimalnya tenaga kerja yang digunakan.  Penelitian ini bertujuan untuk menghitung waktu standar terhadap pekerja bagian bagging dan menentukan jumlah tenaga kerja bagian bagging pupuk NPK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini perhitungan beban kerja operator menggunakan waktu baku. Berdasarkan uji keseragaman data didapat bahwa semua data dalam batas kendali. Perhitungan beban kerja didapatkan dari jam kerja di PT Pupuk Sriwidjaja selama delapan jam kerja dengan satu setengah jam untuk istirahat, maka total waktu kerja adalah 390 menit. Hasil perhitungan beban kerja didapat bahwa untuk stasiun kerja 4 dan 5 perlu diadakan penambahan tenaga kerja sebanyak masing-masing satu orang.

Author Biographies

Muhamad Buyung, Universitas Bina Darma

Program studi teknik industri

M. Kumroni Makmuri, Universitas Bina Darma

Program Studi Teknik Industri

Septa Hardini, Universitas Bina Darma

Program Studi Teknik Industri

References

Alvin Hidayat dan Sri Gunani P. 2009. Perhitungan Jumlah Tenaga Kerja yang Optimal Cleaning Pabrik Personal Wash PT. Unilever Indonesia. Institut teknologi Sepuluh November (ITS). Surabaya.
Dyah Ika R, Diana Puspitasari, Fajrin Mulyadi. 2015. Jurnal Penentuan Waktu Standar dan Jumlah Tenaga Kerja Optimal pada Produksi Batik Cap. Program Studi teknik Industri. Universitas Diponogoro. Semarang.
Prof. DR.HJ. Sedarmayanti. 2011. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Mandar Maju. Bandung.
Rahmi afiani, Darminto Pujotomo. 2006. Penentuan Waktu Baku Dengan Metode Stop Watch Time Study Studi Kasus CV. Mans Gruop. Program Studi Teknik Industri. Universitas Diponogoro. Semarang.
SritomoWignjosoebroto. 2008. ERGONOMI Studi Gerak dan Waktu. Guna Widya. Surabaya. Hal 171.
Subagyo,P Joko, 2011. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta
Published
2019-10-31
How to Cite
[1]
M. Buyung, M. Makmuri, and S. Hardini, “MENENTUKAN JUMLAH TENAGA KERJA YANG OPTIMAL BERDASARKAN WAKTU STANDAR BAGIAN BAGGING PUPUK NPK”, jtekno, vol. 14, no. 2, pp. 1–10, Oct. 2019.
Section
Articles
Abstract viewed = 447 times
Download PDF : 217 times