PENGENDALIAN KUALITAS CRUMB RUBBER DENGAN MENGGUNAKAN STATISTICAL QUALITY CONTROL

(Studi Kasus pada PT Sunan Rubber)

  • M. Said Universitas Bina Darma
  • Amiludin Zahri Universitas Bina Darma
  • M. Kumroni Makmuri Universitas Bina Darma
Keywords: Pengendalian Kualitas, Statistical Quality Control, Peta Kendali P

Abstract

Pengendalian kualitas merupakan suatu aktivitas manajemen perusahaan untuk menjaga dan mengarahkan agar kualitas produk dapat dipertahankan sebagaimana yang telah direncanakan, sehingga produk yang dihasilkan dapat memenuhi kepuasan konsumen. PT Sunan Rubber merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pengolahan karet dan menghasilkan bahan setengah jadi yaitu Crumb Rubber. Kenyataan di lapangan masih ditemukan banyak produk cacat pada akhir proses produksi, adapun cacat pada produk tersebut yaitu berupa WhiteSpot dan Kontaminasi. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab cacat dan untuk mengetahui mutu produksi Crumb Rubber. Salah satu metode yang digunakan dalam pengendalian kualitas adalah Statistical Quality Control (SQC). Analisis akhir dengan menggunakan metode Statistical Quality Control menunjukkan bahwa kecacatan yang dominan terjadi karena waktu penjemuran atau pengeringan relatif cepat (kurang dari 8 hari) yang mengakibatkan terjadinya WhiteSpot dan faktor bahan baku yang banyak mengandung kotoran mengakibatkan terjadinya kontaminasi, hasil analisis menggunakan peta kendali P didapat nilai UCL = 1,13 dan LCL = 0,41. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa mutu produksi Crumb Rubber masih berada di dalam batas kendali.

Author Biographies

M. Said, Universitas Bina Darma

Program Studi Teknik Industri

Amiludin Zahri, Universitas Bina Darma

Program Studi Teknik Industri

M. Kumroni Makmuri, Universitas Bina Darma

Program Studi Teknik Industri

References

Al Maqassary, Ardi. 2014. “Pengertian Pengendalian Kualitas”. Diambil dari: http://www.e-jurnal.com/2014/02/pengertian- pengendalian- kualitas.html. (29 Maret 2018).

Purnomo, Hari. 2004. Pengantar Teknik Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rachman, Taufiqur. 2013. Statistical Quality Control. Diambil dari: http://taufiqurrachman.weblog.esaunggul.ac.id. (2 April 2018).

Sanjaya, Indra. 2004. 7 Alat Pengendalian Kualitas. Diambil dari: http://indrasanjaya91.blogspot.com (4 April 2018).
Wahyun, Hana Catur, Wiwik Sulistiyowati, dan Muhammad Khamim. 2015. Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu
Published
2019-10-31
How to Cite
[1]
M. Said, A. Zahri, and M. Makmuri, “PENGENDALIAN KUALITAS CRUMB RUBBER DENGAN MENGGUNAKAN STATISTICAL QUALITY CONTROL”, jtekno, vol. 15, no. 1, pp. 44–58, Oct. 2019.
Section
Articles
Abstract viewed = 1163 times
Download PDF : 1965 times