Pengaruh Efisiensi Modal Kerja dan Likuiditas terhadap Profitabilitas (Studi kasus pada PT. MAYORA, Tbk Cabang Banyuasin)

  • Anton Kurniawan Universitas Sumatera Selatan
  • Agustinus Supriyanto Universitas Sumatera Selatan
Keywords: Kata kunci : Mayora, Likuiditas, Efisiensi, modal kerja, profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efisiensi Modal Kerja dan Likuiditas  terhadap Profitabilitas PT Mayora, Tbk.  Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder, data primer yaitu laporan keuangan dan data keuangan lainnya yang diperoleh langsung dari PT Mayora, Tbk. Selain itu juga digunakan data sekuder yang dipeorleh dari internet, dan buku buku referensi lainnya. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif kualitatif  dan kuantitatif. Analisis kuantitatif dengan menggunakan Regresi Linier berganda dan Uji asumsi Kalsik . Analisis deskiftif kualitatif yaitu dengan mengkaji dan menganalisis fakta dilapangan dan dibahas dengan menggunakan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi modal kerja dan likuiditas memiliki pengaruh yang cukup signifikan dengan nilaiu R Square 0,975 atau 97,5% efisiensi modal kerja danlikuiditas berpengaruh terhadap  Profitabilitas PT Mayora Palembang, sedangkan sisanya yaitu 2,5% merupakan pengaruh faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini seperti faktor penjualan. Hasil persamaan  regresi linier berganda menunjukkan bahwa efisiensi dalam pengelolaan modal kerja sebesar 1% akan mengakibatkan kemampuan perusahaan menghasilkan laba sebesar 59,6%, demikian juga dengan tingkat likuiditas perusahaan, dimana bila terjadi pengurangan hutang jangka pendek sebesar 1% akan mengakibatkan kenaikan keuntungan perusahaan sebesar 0,1%. Hal ini tercermin dari persamaan regresi linier berganda yang diperoleh yaitu Y= -1,335 + 0,596 X1 - 0,001 X2 .dimana Efisiensi modal kerja memiliki koefisien bertanda positif sebesar 0,595 persen, artinya setiap peningkatan efisiensi modal kerja sebesar 1 persen diprediksi akan meningkatkan profitabilitas sebesar 0,596 persen, dengan asumsi likuiditas tidak berubah. Likuiditas memiliki koefisien bertanda negatif sebesar 0,001 persen, artinya setiap penurunan likuiditas sebesar 1 persen diprediksi akan meningkatkan profitabilitas sebesar 0,1 persen dengan asumsi efisiensi modal kerja tidak berubah.

 

Kata kunci : Mayora, Likuiditas, Efisiensi, modal kerja, profitabilitas

 

References

Astuti, I. (2013). Pengaruh manajemen modal kerja terhadap profitabilitas Perusahaan Automotive and Allied Product yang Go Publik di BEJ.

Brigham, F, E., & Houston, F, J. (2011). Manajemen Keuangan. Jakarta: Erlangga.

Dani. (2013). Pengaruh likuiditas, leverage dan efisiensi modal kerja terhadap profitabilitas (Studi kasus pada PT Modern Toolsindo Bekasi).

Singangerda, F.IS. (2014). analisis pengaruh modal kerja terhadap profitabilitas dan rentabilitas pada Koperasi Dharma Wanita Mandalika Mataram Nusa Tengggra Barat. Jurnal Manajemen Keuengan, 2(1).

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariante dengan Program SPSS Edisi 2. Semarang: UNDIP.

Hanafi, M., & dan Halim, A. (2005). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: AMP-YKPN.

Husnan, S. (2015). Manajemen Keuangan teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang). Yogyakarta: BPFE

Indonesian Capital Market Directory 2001-2005. (2005). Jakarta: Bursa efek Jakarta.

Nurgraeni, S. (2015). Analisis Pengaruh Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas, dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Property And Real Estate Yang Go Publik di Bursa Efek Jakarta.

Riyanto, B. (2015). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Rangkuti, F. (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Santoso, S. (2004). Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sawir, A. (2001). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sartono, A. (1998). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Soehartono, I. (1999). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tunggal, W. (2015). Dasar-dasar Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Rhineka Cipta.

Usman, H., & Akbar, S.P. (2003). Pengantar Statistika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Weston, J.F., & Copeland, T.E. (1997), Manajemen Keuangan, Edisi Kedelapan, Jakarta: Erlangga.

Published
2019-04-15
How to Cite
Kurniawan, A., & Supriyanto, A. (2019). Pengaruh Efisiensi Modal Kerja dan Likuiditas terhadap Profitabilitas (Studi kasus pada PT. MAYORA, Tbk Cabang Banyuasin). Journal Management, Business, and Accounting, 18(1), 18-36. https://doi.org/10.33557/mbia.v18i1.310
Section
Articles
Abstract viewed = 552 times
2 : 337 times