Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Bamboo Coffee dan Resto di Lhokseumawe

  • Amanda Rizkillah IAIN Lhokseumawe
  • Suryani Suryani IAIN Lhokseumawe
  • Rahmawati Rahmawati IAIN Lhokseumawe
Keywords: Service Quality, Customer Loyalty, Bamboo Coffee and Resto

Abstract

Bamboo Coffee and Resto become a restaurant that is great demand because it serves a variety of menu choices that continue to improve the quality of service to stay afloat and compete. This study discusses analyzing how to affect service quality on customer loyalty in Bamboo Coffee and Resto in Lhokseumawe. The sampling technique used was accidental sampling with a total sample of 94 consumers and multiple regression analysis as a data analysis technique. SERVQUAL Theory is a theory used to measure the quality of services, namely the dimensions of reliability (X1), responsiveness (X2), guarantee (X3), empathy (X4) and tangible (X5). The results of this study indicate the facts both simultaneously and simultaneously, this dimension has a very significant influence on customer loyalty.

References

Darusman, Idfah. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Apotek Dinda Farma Di Klaten. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi dipublikasikan. Pdf.

Hair, J.F. (2007). Multivariate Data Analysis. Fifth Edition. New York: MacMillan Publishing Company.

Hermawan, Luky dan Marheni Eka Saputri. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Restoran Bebek H. Slamet Di Cabang Radio Dalam, Jakarta Selatan. Jakarta Selatan: Universitas Telkom.

Imam Ghozali. (2013). AplikasiAnalisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 19. Edisi ke-5. Semarang: Universitas Diponegoro.

Karundeng, Feibe Permatasari. (2013). Kualitas Pelayanan dan KepuasanPengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Sharron Wanea Manado”. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (EMBA). Vol. 1 No. 3.

Kasmir. (2005). Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Montung, Pamela, Jantje Sepang dan Decky Adare. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 15, No. 05.

Sari, Mitha Destika. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen pada Cafe D’Puncak Di Samarinda.

Situmeang, Lina Sari. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Istana HotPlate Medan. Medan: UIN Sumatera Utara.

Solomon, Michael R. (2010). Consumer Behavior, Ninth Edition.New Jersey: PearsonEducation.

Sugiono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D cet. III. Bandung: Alfabeta.

Suryani dan Hendryadi. (2016). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam Cet. II. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suwarsito, S., & Aliya, S. (2020). Kualitas Layanan dan Kepuasan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(1), 27-35.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Utami, Ida Ayu Inten Surya dan I Made Jatra. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur di Bali. Bali: Universitas Udayana. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 7.

Wardikawati, Woro dan Naili Farida. (2013). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan TerhadapLoyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan PadaPelanggan Bus Efisiensi(Studi Po Efisiensi Jurusan Yogyakarta-Cilacap)”. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 2, No. 1.

Wibowo, Ari Susanto. (2013). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan di Kota Purwokerto. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

www.spssindonesia.com/2014/02/uji-heteroskedastisitas-glejser-spss/

Published
2020-04-29
How to Cite
Rizkillah, A., Suryani, S., & Rahmawati, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Bamboo Coffee dan Resto di Lhokseumawe. Journal Management, Business, and Accounting, 19(1), 87-96. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i1.866
Section
Articles
Abstract viewed = 110 times
Download PDF : 70 times