Pengaruh Sales (penjualan) dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Pertumbuhan Laba

(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Periode 2014-2018)

  • Rifani Akbar Sulbahri Fakultas Ekonomi, Universitas Tridinanti
Keywords: Profit Growth, Sales, DER

Abstract

The company always wants its business to grow. These developments will occur if supported by the ability of management to establish policies in planning, obtaining, and utilizing funds to maximize corporate values. It cannot be denied that profit growth cannot be separated from the company's financial performance. One of the most commonly used financial analysis tools is financial ratios. This research was conducted to reexamine the relationship of Sales and financial ratios with profit growth. The inconsistency of the results from previous studies caused this issue to be interesting to be examined again. This study aims to provide evidence that the variable Sales (Sales) and Debt to Equity Ratio, affect the profit growth. The conclusion in this study obtained Sales significant effect on earnings changes with the value of prob. sales variable <critical probability value (α = 5%) of 0.0043 <0.05, so that the sales variable has a significant effect on earnings changes.DER has a significant effect on earnings changes on prob. DER variable <critical probability value (α = 5%) of 0.0000 <0.05, so that the DER variable has a significant effect on earnings changes.

 

Abstrak

Perusahaan senantiasa menginginkan usahanya berkembang. Perkembangan tersebut akan terjadi apabila didukung oleh adanya kemampuan manajemen dalam menetapkan kebijaksanaan dalam merencanakan, mendapatkan, dan memanfaatkan dana-dana untuk memaksimumkan nilai-nilai perusahaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa pertumbuhan laba tidak bisa terlepas dari kinerja keuangan perusahaan. Salah satu alat analisis keuangan yang paling sering digunakan adalah rasio keuangan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji kembali hubungan Sales (Penjualan) dan rasio keuangan dengan pertumbuhan laba.Adanya ketidak konsistenan hasil dari penelitian-penelitian sebelumnya menyebabkan isu ini menarik untuk diteliti kembali. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti bahwa variabel Sales (Penjualan) dan Debt to Equity Ratio,berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. Kesimpulan pada penelitian ini didapat Sales berpengaruh signifikan terhadap Perubahan laba dengan Nilai prob. variabel sales < nilai probabilitas kritis (α = 5%) sebesar 0.0043 < 0,05, sehingga variabel sales berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba.DER berpengaruh signifikan terhadap Perubahan laba Nilai prob. variabel DER < nilai probabilitas kritis (α = 5%) sebesar 0.0000 < 0.05, sehingga variabel DER berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba.

Kata Kunci : Pertumbuhan Laba, Penjualan, DER

References

Bursa Efek Indonesia [Online] Available : www.idx.co.id. (November 29, 2019)

Darsono., & Purwanti. (2008). Penganggaran Perusahaan. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Ghozali, Imam., & Ratmono, Dwi. (2013). Analisis Multivariat dan Ekonometrika : Teori, konsep dan Aplikasi dengan Eviews 8. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Iswana, Fitri., & Aliya, S. (2018). Analisis Laporan Keuangan Dengan Pendekatan Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), dan Return on Investment (ROI) Pada PT. Unilever Indonesia TBK. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Global Competitive Advantage, Palembang: 25 September 2018. Hal. 180-187.

Juliana., & Sulardi. (2003). Manfaat Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba Perusahaan Manufaktur, Jurnal Bisnis dan Manajemen,Vol 3 No 2:108-126.

Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kotler, Philip (2000). Prinsip –Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.

Riyanto, Bambang. (2008). Dasar-dasar Pembelajaran Perusahaan. Edisi 4. Yogyakarta: BFPE.

Swasta, Basu., & Irawan. (1999). Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2, Yogyakarta : Liberty.

Swasta, Basu. (2001). Manajemen Penjualan, cetakan kelima. BFSE : Yogyakarta.

Warsidi., & Pramuka. (2000). Evaluasi Kegunaan Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba di Masa Yang Akan Datang. Jurnal akuntansi dan Ekonomi,Vol.2,No.1

Widarjono, Agus. (2013). Ekonometrika Pengantar Dan Aplikasinya. Ekonosia. Jakarta.

Winardi, J. (2005). Manajemen Perubahan (The Management of Change). Cetakan Ke-1. Jakarta: Prenada Media

Wild, Jhon., & Halsey, Robert F. (2005). Financial Statement Analysis. Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat

Published
2020-08-12
How to Cite
Sulbahri, R. (2020). Pengaruh Sales (penjualan) dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Pertumbuhan Laba. Journal Management, Business, and Accounting, 19(2), 199-217. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i2.937
Section
Articles
Abstract viewed = 69 times
Download PDF : 221 times