EKSPRESI IDEALIS PEMERAN UTAMA DALAM NOVEL TUHAN, IZINKAN AKU MENJADI PELACUR KARYA MUHIDIN M. DAHLAN

  • Muhsyanur Muhsyanur Universitas Muslim Maros
Keywords: ekspresi, idealis, tokoh utama, ambisius, teguh pendirian, dan optimisme

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya bertujuan mendeskripsikan ekspresi idealis pemeran utama dalam novel Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur karya Muhidin M. Dahlan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif. Sumber data penelitian yakni  novel Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur karya Muhidin M. Dahlan, dengan data penelitian berupa kata, frasa, kalimat dan pernyataan yang ekspresi idealis. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik baca secara intensif dan sistem penandaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik hermeneutika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekspresi idealis pemeran utama dalam novel Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur karya Muhidin M. Dahlan mencakup (1) ambisius, (2)  teguh pada pendirian, dan (3) optimisme. Penelitian ini dapat dimanfaatkan, baik secara teoretis maupun praktis. Secara teoretis, penelitian ini dapat mengembangkan teori-teori sastra khususnya sastra Indonesia. Secara praktis, penelitian ini dapat dimanfaatkan bagi peneliti, guru, dan mahasiswa sebagai referensi dan rujukan untuk penelitian selanjutnya.

References

Bertens, Kees. 2006. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dahlan, Muhidin M. 2005. Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur Karya Muhidin M. Dahlan.Yogyakarta: ScriPta Manent.
Damono, Sapardi Djoko. 2013. Sosiologi Sastra: Sebuah Pengantar Singkat. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Fiske, John. 1996. “British Cultural Studies and Television”, dalam John Storey (ed). What is Cultural Studies?: A Reader. London: Arnold.
Kurniawan, Heru. 2011. Sosiologi Sastra: Teori, Metode, dan Aplikasi. Purwokerto: Graha Ilmu.
McCooley, Brian. 2016. Ideological Interpretation and the Aesthetic Nature of Literature. Thesis. Amerika Serikat: Cloud State University.
Minderop, Albertine. 2013. Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.
Ratna, Nyoman Kutha. 2007. Sastra dan Cultural Studies Representasi Fiksi dan Fakta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusdi. 2013. Filsafat Idealisme: Implikasinya dalam Pendidikan. Jurnal Dinamika Ilmu, 13(12), 236-249.
Wellek, Rene dan Austin, Warren. 2010. Teori Kesusastraan. Terjemahan oleh Melanie Budianta. Jakarta: Gramedia.
Published
2021-07-08
How to Cite
Muhsyanur, M. (2021). EKSPRESI IDEALIS PEMERAN UTAMA DALAM NOVEL TUHAN, IZINKAN AKU MENJADI PELACUR KARYA MUHIDIN M. DAHLAN. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, 14(01), 22-33. https://doi.org/10.33557/binabahasa.v14i01.1322
Section
Articles
Abstract viewed = 75 times
PDF : 19 times