KEMAMPUAN MENULIS BAGIAN PENDAHUALUAN KARYA ILMIAH MENGGUNAKAN MIND MAPP OLEH MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

  • Juni Syaputra STKIP MUhammadiyah Manokwari
  • Enik Maturahma STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Elvi Rahmi STKIP Muhammadiyah Manokwari
Keywords: Kemampuan, menulis Pendahuluan Min Mapp Mahsiswa

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis bagian pendahuluan oleh mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia STKIP Muhammadiyah Manokwari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang digunakan hasil kerja mahasiswa berupa bagian pendahuluan karya tulis imiah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik tes. Hasil pelitian menunjuukan bahwa kemampuan  menulis bagian pendahuluan karya ilmiah oleh mahasiswa  pendidikan bahasa Indonesia pada saat pretes dengan nilai rata-rata 55, setelah dilakukan siklus pertama mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata  65 dengan memperbaiki cara mengajar dan menjelaskan materi sehingga mendapatkan hasil degan nilai rata-rata 80. Dari hasi penelitian yang mengalami peningkatan dari para siklus, siklus pertama dan siklus ke dua menunjukkan bahwa mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia mampu menulis bagian pendahuluan dengan baik setelah menggunakan aplikasi mind mapp.

Published
2021-07-12
How to Cite
Syaputra, J., Maturahma, E., & Rahmi, E. (2021). KEMAMPUAN MENULIS BAGIAN PENDAHUALUAN KARYA ILMIAH MENGGUNAKAN MIND MAPP OLEH MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, 14(01), 65-73. https://doi.org/10.33557/binabahasa.v14i01.1321
Section
Articles
Abstract viewed = 18 times
PDF : 15 times