PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DAFTAR PUSTAKA PADA MAHASISWA PRODI KPN POLIMARIN SEMARANG

Main Article Content

Alimatussa Diyah

Abstract

Virus Covid-19 di dunia membuat sistem pendidikan mengalami perubahan utamanya pada proses kegiatan belajar mengajar. Ditambah dengan adanya Surat Edaran no. 4 tahun 2020 dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan yang menganjurkan seluruh kegiatan di institusi pendidikan harus disampaikan di rumah masing-masing. akibatnya seluruh proses kegiatan belajar menjadi pembelajaran jarak jauh. pada pembelajaran jarak jauh ini, diperlukan inovasi pembelajaran yang tetap kondusif meski dilakukan secara terpisah ruang antara dosen dan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Polimarin pada Prodi Ketatalaksaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan yang mengikuti mata kuliah bahasa Indonesia. Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis daftar pustaka pada pembelajaran jarak jauh. Kedua, untuk mengetahui penggunaan media Kahoot! Dalam upaya peningkatan kemampuan menulis daftar pustaka pada pembelajaran jarak jauh. Dalam penelitian ini, media Kahoot! akan digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa utamanya pada penulisan daftar pustaka. Desain  peneltian ini adalah penelitian tindakan kelas dimana terdapat dua siklus untuk melihat penerapan aplikasi Kahoot! dalam pembelajaran. Masing-masing siklus  terdiri atas empat tahap penelitian. Keempat tahapan tersebut yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode penelitian ini menggunakan tiga teknik dalam pengambilan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi

Article Details

How to Cite
Diyah, A. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DAFTAR PUSTAKA PADA MAHASISWA PRODI KPN POLIMARIN SEMARANG. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, 15(1), 55–65. https://doi.org/10.33557/binabahasa.v15i1.1602
Section
Articles