PROYEK RAVI MELALUI TEMPE: STRATEGI PEMANFAATAN TEKNOLOGI BAGI SISWA DI SEKOLAH MINIM PRASARANA

  • Alam sari
Keywords: pembelajaran, rekaman, audio, visual, ponsel

Abstract

Pemanfaatan teknologiuntuk pembelajaran di sekolah-sekolah pada umumnya berupa pembelajaran daring melalui akses internet. Namun, halini tidak dapat diterapkan di sekolah-sekolah terpencil atau sekolah kecil dengan keterbatasan sarana prasarana penunjang. Untuk itu, perlu dicarikan solusi pemanfaatan teknologi lain yang lebih sederhana dan dapat dijangkau dengan mudah. Salah satunya adalah melalui pemanfaatan ponseldalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan ponsel dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa di SMPN 4 Rantau Panjang, Ogan Ilir. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus., dilaksanakan pada bulan Juli—Agustus 2015 di kelas VII.Dari hasil didapatkan bahwa pada siklus I tingkat ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 65% sedangkan pada siklus II tingkat ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan ponsel dalam pembelajaran ternyata mampu meningkatkan hasil pembelajaran yang cukup signifikan.

References

Brown, H.D. 2007. Prinsip Pembelajaran
dan Pengajaran Bahasa. KedutaanBesarAmerikaSerikat. Jakarta

Hermawati, Desi. 2016. “Penerapan
Multimedia Untuk Meningkatkan Motivasi dalamPembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDIT Cordova Samarinda” dalam Jurnal Pendas Mahakam, Vol 1(2), Desember 2016, Halaman 135—143.Onlinehttp://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/download/63/42, diakses 16 Maret 2017.

Nahdiah. 2014. Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswapada Mata Pelajaran Fikih di MTs Buncit Jakarta Selatandalam Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.online, http://www.repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/27502/1/NAHDIAH-FITK.pdf, diakses 16 Maret 2017.

Rudi. 2014. Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam Materi
Statistika SMP.online http://www.lpmpsulsel.net/v2/attachments/322_ARTIKEL%20PjBL.pdf, diakses 18 Oktober 2016.

Sukesih, Esih. 2011. Pengertian Defenisi Hasil Belajar. Tersedia online,
http://www.sarjanaku.com/2011/03/pengertian-definisi-hasil-belajar.html, diakses 15 Februari 2015.

Wibawanto, Hari. 2009. Pemanfaatan TIK untukPembelajaran.Makalah
disampaikan pada Widya Telewicara Program Pendidikan Jarak Jauh PGSDdariRuangTelewicaraDitjenDikti tanggal 11 Februari 2009.

Yusuf, Maulana.2015. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Pengetahuan Peserta Didik pada Materi Pembelaan Negara dalam Pembelajaran PKn Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Handphone.online, http://www.maarifdiy.com/wp-content/uploads/2015/09/maulana-yusuf-pendidikan-kewarganegaraan.pdf. diakses 18 Oktober
Published
2019-01-24
How to Cite
sari, A. (2019). PROYEK RAVI MELALUI TEMPE: STRATEGI PEMANFAATAN TEKNOLOGI BAGI SISWA DI SEKOLAH MINIM PRASARANA. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 10(2). Retrieved from https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/article/view/83
Section
Articles
Abstract viewed = 164 times
pdf : 136 times