STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK JALALUDDIN RAKHMAT (Studi kasus pada Pemilu 2014 di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat)

  • Ahmad Zakiyuddin Universitas Langlangbuana Bandung
Keywords: Religious Propaganda, Socio cultural

Abstract

This reasearch has goal for understanding Jalaluddin Rakhmat’s political communication in general election 2014. Research methodology is case Study.This Research collecting data is deepth interview, document study, and field observation. This research use interactionalism symbolic theory and dramaturgis theory. The result of this research is understanding Jalaluddin Rakhmat’s social cultural voter society.Political communication strategy Jalaluddin Rakhmat’s fokus on person campaign with communication interpersonal, use religious symbol and sundanese cultural symbol, there are sundanese iket and sorban, join religious message and soekarno ideological marhaenism, use sundanese language.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memahami Strategi Komunikasi Politik Jalaluddin Rakhmat dalam pemilu tahun 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi lapangan.Teori yang digunakan adalah Teori Interaksionalisme Simbolikdan Teori Dramaturgis. Hasil penelitian menunjukan Jalaluddin Rakhmat sangat memahami socio-cultural masyarakat pemilih. strategi komunikasi politikJalaluddin Rakhmat berfokus pada orang atau komunikasi antar personal,menggunakan simbol agama dan simbol kesundaan yaitu iket sunda dan sorban, menggabungkan pesan agama dan idiologi marhaenisme Bung Karno dan menggunakan Bahasa Sunda

References

-
Published
2017-09-03
How to Cite
Zakiyuddin, A. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK JALALUDDIN RAKHMAT (Studi kasus pada Pemilu 2014 di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Inovasi, 11(2), 65–78. Retrieved from https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalinovasi/article/view/654
Section
Articles
Abstract viewed = 486 times
Download PDF : 1500 times