ANALISA KEHANDALAN JARINGAN INTERNET DENGAN PENDEKATAN QUALITY OF SERVICE PADA RS. KUSTA DR. RIVAI ABDULLAH PALEMBANG

  • Alek Wijaya Universitas Bina Darma
  • Rasmila Rasmila Universitas Bina Darma
Keywords: Parameter Quality of Service (QoS), penelitian tindakan, Axence NetTools

Abstract

Rumah Sakit Kusta Dr. Rivai Abdullah Palembang adalah sebuah instansi yang bergerak pada bidang kesehatan. Rumah Sakit Kusta Dr. Rivai Abdullah Palembang memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan pengelolaan data seperti sistem informasi LPSE, BPJS, dan E_Pilink. Quality of Service (QOS) digunakan untuk mengukur tingkat kinerja koneksi jaringan internet yang bertujuan untuk meningkatkan kualiatas layanan internet. tersebut. Metode yang digunakan adalah action reseach yaitu metode penelitian tindakan bertujuan bahwa teori dan praktik dapat   diintegrasikan dengan pembelajaran dan penggunaan pengukuran  menggunakan  Axence NetTools5 yang digunakan untuk mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi QOS jaringan. Adapun parameter yang digunakan dalam QOS meliputi throughput, packetloss, delay dan bandwidth. Hasil evaluasi dapat dapat dugunakan untuk memaksimalkan kinerja jaringan internet Rumah Sakit Kusta Dr. Rivai Abdullah Palembang   yang di peruntukkan untuk kegiatan pengelolahan data agar lebih baik dan efisien.

References

Candrax. 2008. Action Reearch/Penelitian Tindakan. http://chandrax.net76.net/?p=7. Diakses tanggal 19 Mei 2016.

Iswandi. 2011. Kelompok-7-QoS, Inc Scribd. http://www.scribd.com/doc/47325315/Kelompok-7-QoS. Diakses tanggal 20 Mei 2016.

Kamarullah,A. Hafiz. 2009. Penerapan Metode Qquality Of Service pada jaringan Traffic yang padat. Jurnal jaringan komputer Universitas Sriwijaya.

Purwanto, T. D. 2017. Jurnal Ilmiah Matrik, vol. 19, pp. 21-30. Jurnal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalmatrik/article/view/519/279. Diakses tanggal 3 juni 2016.

Sopandi, Dede. 2010. Instalasi dan Konfigurasi Jaringan Komputer. Andi. Bandung.
Published
2019-01-25
How to Cite
Wijaya, A., & Rasmila, R. (2019). ANALISA KEHANDALAN JARINGAN INTERNET DENGAN PENDEKATAN QUALITY OF SERVICE PADA RS. KUSTA DR. RIVAI ABDULLAH PALEMBANG. Jurnal Ilmiah Matrik, 20(1), 1–10. Retrieved from https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalmatrik/article/view/103
Section
Articles
Abstract viewed = 272 times
PDF : 217 times