METODE MOBILE-D DALAM RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK KAMUS ISTILAH EKONOMI

  • Qoriani widayati Universitas Bina Darma
  • Muhammad Nasir Universitas Bina Darma
Keywords: Ekonomi, Mobile-D, Perangkat Lunak

Abstract

Pada dunia pendidikan ilmu ekonomi telah ditekuni sebagai salah satu matakuliah yang sangat penting. Salah satu bidang yang tak kala penting dalam pendidikan ilmu ekonomi tersebut adalah istilah-istilah ekonomi itu sendiri. saat ini buku ilmu ekonomi baik dalam bentuk e-book maupun buku fisik telah banyak dibuat atau diperjual-belikan, namun jika pelajar atau ilmuan akan mencari istilah istilah ekonomi pada buku tersebut akan mengalami kesulitan yang disebabkan proses pencarian yang tidak mudah, karena harus membuka lembar demi lembar buku tersebut. Dari kondisi tersebut maka diperlukan perangkat lunak yang mempermudah pengguna. Dalam pembuatan perangkat lunak penulis membuat perangkat lunak dengan metode mobile-D, dimana perangkat lunak ini dapat digunakan oleh smarphone yang berbasis android. Menurut Abrahamsson dkk. (2004) Mobile-D Methodology merupakan pendekatan pengembangan Agile (tangkas/cepat). Pendekatan Mobile-D didasarkan pada Extreme Programming (praktek pembangunan), Crystal methodologies (metode skalabilitas), dan Rational Unified Process (cakupan siklus hidup). Perangkat lunak kamus ini dapat digunakan secara offline pada smartphone berbasis android.

References

Abrahamsson, P.,Hanhineva, A.,Hulko, Ihme, T.,Jaalijona, J.Korkala, M. and Salo,O. 2004. Mobile-D: An Agile Approach for Mobile Applicaton Development. In Companion to 19th annual ACM SIGPLAN conference on Object- Oriendted Programming.

A. C. Spataru. 2010. Agile Development Methods for Mobile Applications. Master Thesis, School of Informatics. University of Edinburgh, UK.

Haag, Stephen, Cummings, Maeve, & J. McCubbrey, Donald. 2009. Management Information Systems For Information Age. (5th Edition). McGraw-Hil. New York.

Nazruddin, Safaat, H. 2011. Android (Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android). Informatika. Bandung.

Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Graha Aksara. Bandung.

https://developer.android.com/studio/releases/
Published
2019-01-25
How to Cite
widayati, Q., & Nasir, M. (2019). METODE MOBILE-D DALAM RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK KAMUS ISTILAH EKONOMI. Jurnal Ilmiah Matrik, 20(1), 51–60. Retrieved from https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalmatrik/article/view/108
Section
Articles
Abstract viewed = 394 times
PDF : 605 times