SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENYEBARAN PENDUDUK DI KECAMATAN RAMBUTAN UNTUK ANALISA DI BIDANG KEPENDUDUKAN

  • Muhamad Ariandi Universitas Bina Darma
  • Eka Puji Agustini Universitas Bina Darma
Keywords: GIS, Kependudukan, Penyebaran Data, Action Research

Abstract

Sistem Informasi Geografis (GIS) merupakan suatu teknologi infromasi yang dikembangkan untuk mengetahui suatu lokasi berdasarkan letak geografinya. Salah satunya adalah Kecamatan Rambutan yang data kependudukannya belum ditampilkan dalam bentuk sistem informasi geografis, sehingga pengambil keputusan sulit untuk mengetahui penyebaran penduduk di kecamatan tersebut.berdasarkan jenis kelamin, golongan usia sekolah, golongan usia manula.  Pada penelitian ini akan dibuat Sistem Informasi Geografis Penyebaran Penduduk di Kecamatan Rambutan yang terdiri dari 16 dusun,  yang akan menampilkan data jumlah penduduk laki-laki dan jumlah penduduk perempuan, jumlah penduduk anak-anak pada usia sekolah, danjumlah penduduk manulah per dusun yang ada di Kecamatan Rambutan. Penelitian ini menggunakan metode action research dengan lima tahapan yang akan dilakukan.

References

Aronoff, S. 1993. Geographic Information Systems: A Management Perspective. WDL Publication. Otawa, Canada.

Prahasta, Eddy. 2009. Sistem Informasi Geografis Konsep-Konsep Dasar Perspektif Geodesi & Geomatika. Informatika. Bandung.

Peraturan Pemerintah nomor 10. 2000. [Online]. (diakses http://www.big.go.id/perpres/ artikel/PP10-2000.pdf, 10 Februari 2018).

Indarto, 2010. 2010. Dasar-dasar Sistem Informasi Geografis. Jember University Press. Jember.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitif dan R&D. Alfabeta. Bandung, 2011.
Published
2019-01-25
How to Cite
Ariandi, M., & Agustini, E. (2019). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENYEBARAN PENDUDUK DI KECAMATAN RAMBUTAN UNTUK ANALISA DI BIDANG KEPENDUDUKAN. Jurnal Ilmiah Matrik, 20(1), 61–74. Retrieved from https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalmatrik/article/view/109
Section
Articles
Abstract viewed = 1225 times
PDF : 575 times