TINGKAT BEBAN KERJA MENTAL KARYAWAN PADA LAYANAN BUSINESS, GOVERNMENT, ENTERPRISE (BGES) BOGOR PT. TELKOM INDONESIA BERDASARKAN METODE NASA-TLX
Abstract
PT. Telkom Indonesia merupakan salah satu penyelenggara layanan telepon dan internet di Indonesia. Masih terdapat banyak sekolah yang belum memiliki fasilitas internet, sehingga PT. Telkom melakukan edukasi dan penawaran fasillitas ini. PT. Telkom di Bogor yaitu divisi BGES (Business, Government, Enterprise) merupakan divisi yang menawarkan layanan ini. Banyaknya jumlah sekolah yang belum memiliki fasilitas internet di Bogor serta luasnya area layanan, mendorong penelitian mengenai beban kerja mental karyawan di divisi ini. Penilaian beban kerja dilakukan pada 12 karyawan di bagian Account Manager (AM) Government, AM Pro, dan AM organik menggunakan metoda NASA-TLX. Hasilnya adalah beban kerja pada ketiga bagian AM tersebut dikategorikan tinggi. Dari lima dimensi beban kerja mental, hanya Physical Demand (PD) yang dikategorikan sedang, sisanya yaitu Mental Demand (MD), Temporal Demand (TD), Performance (P), Frustration level (FR) dikategorikan tinggi. Penambahan karyawan, pengaturan jadwal visit ke konsumen, dan keluar kota dapat dilakukan untuk menyeimbangkan beban kerja yang dirasakan karyawan saat ini.
pdf : 666 times
Jurnal Tekno by journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnaltekno is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.