TINGKAT BEBAN KERJA MENTAL KARYAWAN PADA LAYANAN BUSINESS, GOVERNMENT, ENTERPRISE (BGES) BOGOR PT. TELKOM INDONESIA BERDASARKAN METODE NASA-TLX

  • Rida Zuraida Universitas Bina Nusantara
  • Monika Nadya Aprillia Universitas Bina Nusantara
Keywords: Beban kerja, Dimensi beban kerja, Nasa-TLX

Abstract

PT. Telkom Indonesia merupakan salah satu penyelenggara layanan telepon dan internet di Indonesia. Masih terdapat banyak sekolah yang belum memiliki fasilitas internet, sehingga PT. Telkom melakukan edukasi dan penawaran fasillitas ini. PT. Telkom di Bogor yaitu divisi BGES (Business, Government, Enterprise) merupakan divisi yang menawarkan layanan ini. Banyaknya jumlah sekolah yang belum memiliki fasilitas internet di Bogor serta luasnya area layanan, mendorong penelitian mengenai beban kerja mental karyawan di divisi ini. Penilaian beban kerja dilakukan pada 12 karyawan di bagian Account  Manager (AM) Government, AM Pro, dan AM organik menggunakan metoda NASA-TLX. Hasilnya adalah beban kerja pada ketiga bagian AM tersebut dikategorikan tinggi. Dari lima dimensi beban kerja mental, hanya Physical Demand (PD) yang dikategorikan sedang, sisanya yaitu Mental Demand (MD), Temporal Demand (TD), Performance (P), Frustration level (FR) dikategorikan tinggi. Penambahan karyawan, pengaturan jadwal visit ke konsumen, dan keluar kota dapat dilakukan untuk menyeimbangkan beban kerja yang dirasakan karyawan saat ini.

Author Biography

Monika Nadya Aprillia, Universitas Bina Nusantara

Alumni Teknik Industri

Published
2021-11-21
How to Cite
[1]
R. Zuraida and M. Aprillia, “TINGKAT BEBAN KERJA MENTAL KARYAWAN PADA LAYANAN BUSINESS, GOVERNMENT, ENTERPRISE (BGES) BOGOR PT. TELKOM INDONESIA BERDASARKAN METODE NASA-TLX”, jtekno, vol. 18, no. 2, pp. 81 - 89, Nov. 2021.
Section
Articles
Abstract viewed = 4 times
pdf : 4 times