PENGARUH PENAMBAHAN BIJI PLASTIK SEBAGAI PENGGANTI FRAKSI HALUS TERHADAP KEPADATAN DAN STABILITAS CAMPURAN ASPAL AC-BC

  • Farlin Rosyad Universitas Bina darma
  • Diea Destha Sary Universitas Bina darma
Keywords: Plastik, AC-BC, Kepadatan, Stabilitas

Abstract

Kebutuhan berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan perjalanan darat merupakan transportasi yang mendominasi pada saat ini, sehingga meningkatnya lalulintas yang ada. Meningkatnya lalulintas tidak lepas dari beban yang besar pada konstruksi jalan raya, sehingga jalan mengalami perubahan bentuk plastis perkerasaan. Dari uraiantersebutmaka dilakukanlahpenelitianuntuk mengetahui seberapa besar pengaruh kehalusan biji plastik dan besar persentase penggunaan biji plastik yang lebih efektif terhadap campuran aspal AC-BC ditinjau dari kepadatan dan stabilitas.Metode yang digunakan untuk  penelitian ini yaitu dengan menambahkanpersentase biji plastik sebesar 0%, 6%, 8%, dan 10% sebagai pengganti dari fraksi halus dalam campuran aspal AC-BC. Penelitian  ini menggunakan  biji plastik jenis Polypropylene dengan metode pengujian marshall, dari pengujian ini didapatkan nilai kepadatan dan stabilitas dari campuran aspal AC-BC dengan suhu 60˚ masa perendaman 30 menit dan 24 jam.Hasil dari pengujian didapatkan nilai nilai kepadatan tertinggi pada masa perendaman 30 menit dengan persentase 10% biji plastik yaitu 2,342 gr/cc sedangkan masa perendaman 24 jam dengan persentase 10% biji plastik yaitu 2,359 gr/cc dan stabilitas tertinggi pada masa perendaman 30 menit dengan persentase 8% biji plastik yaitu 1876,22 kg sedangkan masa perendaman 24 jam dengan persentase 10% biji plastik yaitu 1780,81 kg. Hasil pengujian tersebut kemudian dianalisis dan dapat disimpulkanbahwa penambahan persentase biji plastik pada fraksi halus dapat meningkatkan nilai kepadatan dan stabilitas pada campuran aspal AC-BC

Author Biographies

Farlin Rosyad, Universitas Bina darma

Program Studi Teknik Sipil

Diea Destha Sary, Universitas Bina darma

Program Studi Teknik Sipil

References

Lestari, Tri. 2012. Studi Karakteristik Marshall Pada Campuran Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC) Bergradasi Kasar Akibat Perubahan Gradasi Agregat. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Nyoman, Desak. 2011. Karakteristik Marshall dengan Bahan Tambahan Limbah Plastik pada Campuran Split Mastic Asphalt (SMA). Universitas Atma Yogyakarta.Yogyakarta.

Mujiarto, Iman. 2005. Sifat dan Karakteristik Material Plastik dan Bahan Aditif. Semarang : AMNI.

Nugroho, Ardiyanto., Aprilianto. Moh.Dwi, dan Aziz, E.A. 2015. Pengaruh Penambahan Polyethylene.
Terephthalate (PET) Dalam Campuran Aspal AC-WC Terhadap Nilai Stabilitas Marshall.Makalah Lomba CBR UNILA. UMY.

Saodang, Hamirhan. 2005. Konstruksi Jalan Raya. Bandung. Nova.243 Hlm.

Sukirman,Silvia. 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung. Nova.
Published
2019-10-30
How to Cite
[1]
F. Rosyad and D. Sary, “PENGARUH PENAMBAHAN BIJI PLASTIK SEBAGAI PENGGANTI FRAKSI HALUS TERHADAP KEPADATAN DAN STABILITAS CAMPURAN ASPAL AC-BC”, jtekno, vol. 14, no. 1, pp. 43–51, Oct. 2019.
Section
Articles
Abstract viewed = 192 times
Download PDF : 330 times