Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global

Studi Kasus Pada PT. Muniru Burni Telong

  • Tetty Yuliaty Universitas Sumatera Utara
  • Cut Sarah Shafira Universitas Sumatera Utara
  • Muhammad Rafi Akbar Universitas Sumatera Utara
Keywords: Strategy, MSMEs, Global Business, SWOT

Abstract

In the Indonesian economy, Micro, Small and Medium Enterprises or MSMEs are the business group that has the largest number and is proven to be resistant to various kinds of shocks to the economic crisis. Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are encouraged to be able to develop into the global market not only on a national scale. Strategy is very important to determine the success of a company to achieve its long-term goals. By choosing the right strategy for a particular company position, it will make a company have a competitive advantage. The purpose of this research is to find out what is the most appropriate strategy that should be taken by PT. Muniru Burni Telong as a UMKM in facing Global Business competition. This research method uses SWOT analysis and IFAS, EFAS, by previously collecting data through interviews, questionnaires, observations and literature studies. The results of this study indicate that the strategy that must be carried out by PT Muniru Burni Telong is in quadrant I, which is a quadrant that supports an aggressive growth strategy which shows that this company has the power to take advantage of existing opportunities, meaning that the organization is in a strong condition so it is possible to continue to expand opening branches to the targeted countries, enlarging growth and achieving maximum progress.

 

Abstrak

Dalam perekonomian Indonesia, Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM merupakan kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar dan terbukti tahan terhadap berbagai macam goncangan krisis ekonomi.Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) didorong harus mampu berkembang sampai ke pasar gobal bukan hanya di skala nasional saja. Strategi merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan perusahaan untuk mencapai tujuan jangka panjangnya. Dengan memilih strategi yang tepat pada posisi perusahaan  tertentu, akan membuat  sebuah perusahaan  memiliki keunggulan kompetitif.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang paling tepat yang harus diambil PT. Muniru Burni Telong sebagai UMKM dalam menghadapi persaingan Bisnis Global . Metode penelitian ini menggunakan Analisis SWOT dan IFAS, EFAS, dengan sebelumnya melakukan pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, observasi dan juga studi literature. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang harus dilakukan oleh  PT Muniru Burni Telong adalah di kuadran I yaitu kuadran yang mendukung strategi pertumbuhan agresif yang menunjukkan  perusahaan ini memiliki kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada, artinya organisasi dalam keadaan kondisi kuat sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi membuka cabang ke negara-negara yang akan dituju, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.

Kata Kunci : Strategi , UMKM, Bisnis Global, SWOT

References

Al-Rodhan, Nayef R.F. (2006). Definitions of Globalization: A Comprehensive Overview and a Proposed Definition. Geneva: Ambassador Gérard Stoudmann, Geneva Centre for Security Policy.

Aprilia, Ulfi Dista. (2018). Analisis Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats terhadap Perkembangan Industri Batik di Tulungagung dalam Perspektif Ekonomi Islam (CV Saha Perkasa Gajah Mada).

Arifin, Wibowo. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM, Malang, Vol 29. No 1

Boyolali Regency. World Applied Science Journal 30 (Innovation Challenges in Multidiciplinary Research and Practice): 56-61, Retrieved 2014-08-25

David, Fred R. (2010). Manajemen Strategis: Konsep (Edisi 10). Salemba Empat. Jakarta.

Ginting, P. (2008), Mencermati Misteri Globalisasi: Menata Ulang Strategi Pemasaran Pariwisata Indonesia dengan Tourism Satisfaction (Toursat) Approch, Pidato Pengukuhan Guru Besar Tetap dalam Bidang Manajemen Pemasaran pada Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Hamel., & Prahalad. (1995). Management. New Delhi: Tata McGraw Hill.

Handy, Charles. (2001). Era Paradoks: Memahami Masa Depan. Edisi Indonesia terj. Agus Maulana, Jakarta : Bina Rupa Aksara.

Harisudin, Setyowati, Utami, (2014). Formulating and Choosing Strategy of Processed Catfish Product Development Using the SWOT Matrix and QSPM

Hunger dan Wheelen. (2000). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Husein Umar. (2001). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

E.Y. Kanter & S.R. Sianturi. (2002) Asas-asas Hukum Pidana di Indonesia dan Penerapannya. Jakarta: Storia Grafika

Kaplan, Robert S. dan David P. Norton, (2000). Balanced : Scorecard Translating Strategy in to Action. Edisi Indonesia terj. Peter R. Yosi Pasla.

Kirovska, Z. (2011), Strategic Management within the Tourism and the World Globalization, Journal of Economics, 2 (1) : 69-76

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta; Erlangga

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Larsson, T. (2001). The Race to the Top: The Real Story of Globalization. U.S.: Cato Institute.

Mahfud, T., & Mulyani, Y. (2017). Aplikasi Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix)(Studi Kasus: Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Program Studi Tata Boga). JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(1), 66-76.

Marimin. (2004). Teknik dan aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Jakarta.(ID): Grasindo

Marrus, Stephanie K. 2001. Strategic Management In Action. PT. Gramedia Pustaka Utama,Jakarta

Mellita, D., Aliya, S., & Elpanso, E. (2020). Green Supply Chain Management at Cullinary Small Business: SOME NOTES TO CONSIDER. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 1(4), 512–521. https://doi.org/10.31933/DIJDBM

Mulyadi., & Setyawan, J. (2000). Sistem Perencanaan dan Pengendalian, Manajemen, Sistem Pelipatgandaan Kinerja Perusahaan, Cetakan ke 2, Yogyakarta : Adytia Media.

Pearce II., John A., dan Robinson Richard B.Jr. (2008). Manajemen Strategis 10. Salemba Empat : Jakarta

Porter, Michael. E, (1992). Keunggulan Bersaing, Menciptakan. dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Terj. Agus Dharma, Jakarta: Erlangga.

Thompson dan Strickland. (1990). Strategic Management, Concepts and Cases. Richard D. Irwin.

Rangkuti, F. (2008). Analisis SWOT Teknik Membelah Kasus Bisnis. Jakarta (ID) : PT Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, F. (2013). Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Resalawati, A. (2011). Pengaruh perkembangan usaha kecil menengah terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor UKM Indonesia, (Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta), hal. 31.

Rusydiana., Aam S., & Firmansyah, I. (2018). Strategi Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah di Indonesia Pendekatan Matriks Ifas Efas. Jurnal Ekonomi Islam, 9(1): 46-74.

Roubini, N., & Sachs, J. (1989). Political and Economic Determinants of Budget Deficit in the Industrial Economies, NBER.

Ryenaya, C., Najamuddin, M., & Mahbubi, A. (2017). Strategi Bisnis Kopi Merek Coffesso PT. David Roy Indonesia. Jurnal Agribisnis Vol 11 no.6, 77-80.

Setyorini, H., & Santoso, I. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46-53.

Suandi, Edy Hamid & Y. Sri Susilo. (2011). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Volume 12 Nomor 1. dalam http://journals.ums.ac.id/index.php/JEP/article/view/204/191

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardi, S. (2011). Quantitative Strategic Planning Matrix (Qspm). Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik), 3(1), 14-22.

Supriatna, S., & Aminah, M (2014). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kopi (Studi Kasus UMKM Careuh Coffe Rancabali - Ciwidey Bandung). Jurnal Managemen dan Organisasi Vol V no.3.

Thompson, & Strickland. (1990). Strategic Management, Concepts and Cases. Richard D. Irwin.

Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi

Tulus, T.H. Tambunan. (2009). UMKM di Indonesia, Bogor : Ghalia Indonesia, hal.16

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2008

Wismiarsi, Tri. (2008). Hambatan Ekspor UKM Indonesia: Penerbit Buku Kompas.

Yücel, R., Elibol, H., & Dağdelen, O. (2009). Globalization and International Marketing Ethics Problems. International Research Journal of Finance and Economics. Issue 26, pp. 93-104.

Wheelen., & Hunger. (2002). Strategic Management And Business Policy. Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Yunus, eddy. (2016). Manajemen Strategi. Yogyakarta, CV Andi Offset.

York, K.M., & Miree, C. E. (2012). Searching for trace evidence of strategic management decisions : using organizational theory to understand the competitive environment. Journal of strategic management education. 8 (2) : 147-172.

Published
2020-12-27
How to Cite
Yuliaty, T., Shafira, C., & Akbar, M. (2020). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global. MBIA, 19(3), 293–308. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1167
Section
Articles
Abstract viewed = 7645 times
Download PDF : 20346 times