Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia

Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Informatika Angkatan 2020 Universitas Mahakarya Asia PSDKU Baturaja

  • Sri Rahayu Universitas Baturaja
Keywords: Price, Trust, Product Quality and Purchasing Decision.

Abstract

The purpose of this study is: (1) to analyze and know how the effect of price on consumer purchasing decisions e-commerce Tokopedia, (2) to analyze and know how the effect of trust on consumer purchasing decisions e-commerce Tokopedia, and (3) to analyze and know how the effect of product quality on consumer purchasing decisions e-commerce Tokopedia.  The independent variables used are price, trust, and product quality, while the dependent variable is the purchase decision. The sample used in this study was one hundred and seven respondents were selected using the purposing sampling method; those were students of the informatics management study program at the Asian Mahakarya University PSDKU Baturaja Batch 2020. Using questionnaires and documentation collected the data. The data were analyzed by using multiple linear regression analysis. The result showed that R square (R2) was 61,2%, and the significance level was 0.05. This result indicated that price, trust, and product quality positively and significantly affected consumers' purchasing decisions in e-commerce Tokopedia.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce Tokopedia, (2) untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana pengaruh  kepercayaan  terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce Tokopedia, dan (3) untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce Tokopedia. Variabel independen yang digunakan adalah harga, kepercayaan dan kualitas produk, sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian.  Sampel  yang diteliti dalam penelitian ini sebanyak 107 responden yang dipilih menggunakan metode purposing sampling  yaitu  mahasiswa  program  studi  Manajemen Informatika Angkatan 2020 Universitas Mahakarya Asia PSDKU Baturaja. Data dikumpulkan menggunakan quisioner dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil analisis menunjukkan nilai R2 sebesar 61,2% dan tingkat signifikan sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga produk, Kepercayaan dan Kualitas Produk memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce Tokopedia.

Kata Kunci: Harga, Kepercayaan, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian.

References

Adyanto, Cahyo Brian dan Santoso, Budi Suryono. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, Harga dan Kepercayaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Layanan E-Commerce Berryberka.com). Diponegoro Journal of Management, Volume 7, Nomor 1, Tahun 2018. ISSN (Online) : 2337-3792, Hal 1-20. Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Akbar, Muhammad Muzahid dan Noorjahan Parvez. (2009). Impact of Service, Quality, Trust and Customer Satisfaction on Customer Loyalty. ABAC, Volume 29, Nomor 1, Januari-April. PP 24-38.

Bagus, Dwi Setyana. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada PDAM Tirta Moedal Semarang). Skripsi NIM : 7311409025. Jurusan Manajemen, Universitas Negeri Semarang. Diakses melalui http://lib.unnes.ac.id/17805/1/7311409025.pdf.

Canon, Joseph P dkk. (2008). Pemasaran Dasar. Buku 1, Edisi 16. Salemba Empat. Jakarta.

Dewi, Safitri M dan Prabowo, Eddy R. 2018. Performa Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi dan Gaya Hidup Dalam Mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian Minuman Isotonik (Studi Konsumen Minuman Isotonik Di Kota Semarang). Prosiding SENDI_U 2018. ISBN : 978-979-3649-993. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas STIKUBANG Semarang.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8 Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Diperbaharui 8 Desember 2020. https://seller.tokopedia.com/edu/tips-meningkatkan-penilaian-kualitas produk/ lakukan quality control untuk setiap produk yang kamu buat.

Rahmat Fiansyah, Tanggal posting Rabu 22 Januari 2020, Jam 09:15:00 wib. http://www.inews.id/Finance/bisnis/10-e-commerce-terpopuler-di-indonesia-tokopedia-terdepan-shopee-geser-bukalapak.

Ilmiyah, Khafidatul dan Krishermawan, Indra. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee di Mojokerto. Jurnal Manajemen, Volume 6, Nomor 1, Juni 2020, Hal 31-42. Program Studi Manajemen, STIE Sultan Agung.

Indriyani, Furi dan Helling, Salvina, Lydia. (2018). Analisa Pengaruh Kualitas Website, Kepercayaan, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen, Volume 5, Nomor 1, Januari 2018, Hal 56-68. Bina Sarana Informatika Jakarta.

Kottler, Phillip dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi 13. Erlangga.Jakarta.

Kotler, Phillip. (2011). Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Phillip and Garry, Amstrong. (2012). Marketing Management. New Jersey : Pearson Education Limited.

Lusi Yuliani. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dam Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembeliaan Fashion Secara Online (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam). Skripsi NIM : EES16044. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jala. Diakses melalui http://repository.uinjambi.ac.id/4258/1/LUSI%20YULIANI-dikonversi.pdf.

Mowen, J, C dan Minor, M. (2008). Perilaku Konsumen. PT Erlangga. Jakarta.

Rosita, Satyawisudarini, Inne. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pembelian Online Produk T-Shirt Same-Same Clothing). Jurnal Manajemen dan Bisnis (ALMANA), Volume 1, Nomor 3, Desember 2017. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlang Buana.

Simamora, Bilson. (2003). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia, Jakarta.

Stanton, William J. (1984). Fundamentals of Marketing Seventh Edition. Jakarta. Penerbit Air Langga.

Sudjatmika, Vania, Fransiska. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.com. AGORA, Volume 5, Nomor 1, 2017. Program Studi Manajemen Bisnis, Universitas Kristen Petra.

Sulistyawati, Tri, Dian dan Nursiam. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Informasi dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui E-Commerce (Studi Empiris pada Konsumen E-commerce di Kota Surakarta). Seminar Nasional dan Call For Paper (SAMBIS-2019), ISSN : 2685-1474. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, Yuntawati Fristin, dan Ginanjar Indra K. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse). Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 3, Nomor 1, Januari 2016. FISIP, Universitas Merdeka Malang.

Suwarsito, S., & Aliya, S. (2020). Kualitas Layanan dan Kepuasan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.33557/jibm.v3i1.826

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta. CV Andi Offset Yogyakarta.

Wibowo, Ferry S dan Karimah, Puspita M. (2012). Pengaruh Iklan Televisi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux (Survei Kepada Pemgunjung Mega Bekasi Hypermall). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Volume 3, Nomor 1.

Yin, Yee and T.M. Faziharudean. (2010). Factors Affecting Customer Loyalty of Using Internet Banking in Malaysia. Journal of Electronic Banking Systems Faculty of Business and Accountancy. University of Malaya.

Published
2021-04-01
How to Cite
Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia. MBIA, 20(1), 40–50. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i1.1271
Section
Articles
Abstract viewed = 8125 times
Download PDF : 7810 times