Karakteristik dan Motivasi Entrepreneur Terhadap Kinerja Bisnis
Studi Kasus Fashion Online Shop Di Kota Bandung
Abstract
In the current era, it can be seen that business actors in Indonesia are dominated mainly by MSMEs. A high challenge for MSME entrepreneurs is that their capacity is required to plan, innovate, and be willing to take risks; it will make it easier for them to develop and grow successfully. This study aims to determine the effect of entrepreneurial characteristics and motivation on business performance. Respondents in this study were 130 samples, using the accidental sampling technique. The technique of collecting data uses a questionnaire that is distributed via a google form. Data analysis techniques using SEM with the help of software WarpPLS 7.0. This research shows that there is an effect of entrepreneurial characteristics and motivation on business performance both simultaneously and partially. The obstacles experienced by online shop entrepreneurs are the ability to innovate or creativity and the courage to take risks.
Abstrak
Di era sekarang seperti yang terlihat pelaku usaha di Indonesia sebagian besar didominasi oleh UMKM. Tantangan yang tinggi bagi wirausaha UMKM adalah mereka dituntut kapasitasnya untuk mampu membuat rencana kedepan, berinovasi juga kemauan mengambil risiko, akan memudahkan berkembang dan bertumbuh dengan sukses. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik dan motivasi entrepreneur terhadap kinerja bisnis. Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 130 sampel, dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form. Teknik analisis data menggunakan SEM dengan bantuan software WarpPLS 7.0. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh karakteristik dan motivasi entrepreneur berpengaruh terhadap kinerja bisnis baik secara simultan dan parsial. Kendala yang dialami oleh wirausahawan online shop adalah kemampuan melakukan inovasi atau dalam hal kreativitas, dan keberanian dalam menanggung risiko.
Kata kunci : Karakteristik, Motivasi Wirausaha, Kinerja Bisnis, Online Shop.
References
Achmad, N., Saputro, E. P., & Handayani, S. (2016). Enterpreneurship at Digital Era. Dinamika Pendidikan, 11(2), 102-107.
Birley, S. (2007). Marketing Entrepreneur and Bussines Performance. Journal SMEs: Marketing Entrepreneur, Vol.3.No.7.
Bjerke & Hultman. (2006). Marketing Entrepreneurship and National Culture In Research at the Marketing Entrepreneurship Interface. Chicago:University of Illionis at Chicago.
Carson, D., Cromie, S., Mc. Gowan, P., and Hill, J. (2008). Marketing and Entrepreneurship in SMEs – An Innovative Approach. London: Prentice Hall.
Chandra, Y., & Coviello, N. (2010). Broadening the concept of international entrepreneurship: ‘Consumers as international entrepreneurs’. Journal of World Business, 45(3), 228–236.
Cumming, D. & Johan, S. (2010). The differential impact of the internet on spurring regional entrepreneurship. Entrepreneurship Theory and Practice. 34(5), 857-883.
Darwanto. (2012). Peran Entrepreneurship Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Diseminasi Riset Terapan Bidang Manajemen & Bisnis Tingkat Nasional Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik.
Fahmi, I. (2013). Manajemen Kinerja, Teori dan Aplikasinya. Bandung : Alfabeta.
Febriatmoko, B., & Raharjo, S.T. (2015). Meningkatkan Kinerja Bisnis Melalui Keunggulan Bersaing Kuliner Khas Semarang (StudiPada Sentra Usaha MikroLumpia, Bandeng Presto dan Wingko di Kota Semarang). 2nd Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM) ISSN 2302-9791.Vol.2. No.1 May 2015.
Hadiyati, E. (2010).Pemasaran untuk UMKM (Teori dan Aplikasi). Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Malang: Bayumedia.
Hadiyati, E. (2012). Kreativitas dan Inovasi Pengaruhnya terhadap Pemasaran Kewirausahaan pada Usaha Kecil. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, Vol. 1, No. 3 September 2012.
Handaru, A.W., Parimita, W., &Mufdhalifah, I.W. (2015). Membangun Intensi Berwirausaha Melalui Adversity Quotient, Self Efficacy, dan Need for Achievement. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.17, No. 2, September 2015: 145–166.
Harini, C., & Handayani, S.B. (2019).Pemasaran Kewirausahaan Melalui E-Commerce untuk Meningkatkan Kinerja UMKM. DERIVATIF : Jurnal Manajemen Vol. 13 No. 2 Nopember 2019 (ISSN Cetak 1978-6573) ISSN Online 2477-300X.
Helmi, A. F. (2009). Kewirausahaan di Perguruan Tinggi dalam Perspektif Psikologi. Buletin Psikologi, 17(2), 57– 65. doi.org/10.22146/bpsi.11483.
Hisrich, R.D., Peters, M.P., &Shepherd, D.A. (2012). Entrepreneurship. Jakarta: Salemba Empat.
https://faisalbasri01.files.wordpress.com/
Huang, Chun Che, et al. (2013). An Empirical Analysis of the Antecedents and Performance Consequences of Using the Moodle Platform. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 3, No. 2, April 2013. DOI: 10.7763/IJIET.2013.V3.267.
Jesica, J., & Kempa, S. (2016). Analisis Strategi Bisnis Pada Click Fashion. AGORA Vol. 04 No. 02 2016: 286-292.
Kocak, Akin, Ambibola, (2009). The effect of Entrepreneurial Marketing on Born Global Performance. International Marketing Review, Vol. 26 Issue 4/5, p. 439-452.
Kuncoro, M. (2008). Ekonomika Industri Indonesia Menuju Negara Industri Baru. Yogyakarta: Andi.
Kurniawan, A., & Merliana, V. (2015). Sukses Berwirausaha dengan Kreatif: Teori dan Praktik Berwirausaha Mandiri.Bandung : Alfabeta.
Kurniawan, A. (2019). Metode Riset untuk Ekonomi & Bisnis: Teori, Konsep & Praktik Penelitian Bisnis (Dilengkapi Perhitungan Pengelolaan Data dengan IBM SPSS 26.0). Bandung : Alfabeta.
Murni, R. (2010). Karakteristik Kepemimpinan Transformasional dan Karakteristik Wirausaha Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Magelang. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 8 No 2 (2010): Volume 8, Nomor 2, Oktober 2010.
Mustikowati, R.I &Wilujeng, S. (2016). Religiusitas dan Kewirausahaan; Faktor Kritis dalam Mencapai Kinerja Bisnis pada UKM di Kabupaten Malang. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis Vol. 3 No. 2 Tahun 2016.
Noeary, S.A.,Purnomo, A.K., Waruwu, F. (2020). Kepuasan kerja sebagai variabel mediasi pada pengaruh stres kerja terhadap niat keluar. Jurnal Manajemen Maranatha, 20(1), 31-40. https://doi.org/10.28932/jmm.v20i1.2752.
Nursiah, T., Kusnadi, N., & Burhanuddin.(2015). Perilaku Kewirausahaan pada Usaha Mikro Kecil (UMK) Tempe di Bogor Jawa Barat. Jurnal Agribisnis Indonesia (Vol 3 No 2, Desember 2015).
Permana, S.H. (2017).Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial Vol. 8, No.1.
Psomas, E. L., Fotopoulos, C. V, & Kafetzopoulos, D. P. (2011). Motives , difficulties and benefits in implementing the ISO 14001 Environmental Management System. Management of Environmental Quality: An International Journal, 22(4), 502– 521. doi:10.1108/14777831111136090.
Purnomo, A.K. (2017). Fashion Leadership, Sikap Positif, dan Dampaknya pada Minat Beli E-Commerce Fashion . Prosiding The National Conference on Management and Business (NCMAB) Seminar Nasional Riset Manajemen dan Bisnis (SANSETMAB) 2017.
Robbins, S.P., Judge, T.A. (2019). Organizational Behavior. Eighteenth Edition. New Jersey: Pearson.
Sari, N.M.W., Suwarsinah, H.K.,& Baga, L.M. (2016). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Gula Aren di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Penyuluhan, Maret 2016 Vol. 12 No. 1.
Setyawati, E., Hari, N., & Ainuddin, I. (2013). Karakteristik Kewirausahaan dan Lingkungan Bisnis Sebagai Faktor Penentu Pertumbuhan Usaha (Studi IKM di Sentra Kerajinan Rotan Amuntai Kab. Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1). https://doi.org/10.14710/jab.v2i1.5353.
Sholihin, M & Ratmono, D. (2013). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0 : Untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Soegoto, E.S. (2010). Enterpreneurship Menjadi Pebisnis Ulung. (edisi revisi). Kompas Gramedia. Jakarta.
Solesvik, M.Z. (2013). Entrepreneurial Motivations and Intentions: Investigating the Role of Education Major. Education+ Training, 55(3), 253-271.
Steenekamp, A. G., Van der Merwe, S. P., & Athayde, R. (2011). Application of the attitude toward enterprise (ATE) test on secondary school learners in South Africa.South African Journal of Economic and Management Sciences. Online version ISSN 2222-3436 Print version ISSN 1015-881.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sullivan, D. M. & Meek, W. R. (2012). Gender and entrepreneurship: A review and process model. Journal of Managerial Psychology, 27(5), 428-458.
Thesman, T., Ardianti, R.R.R. (2014). Hubungan Entrepreneurial Motivation terhadap Kinerja Bisnis Usaha Mikro dan Kecil Pada Sektor Makanan dan Minuman di Surabaya dan Sidoarjo. AGORA Vol. 2, No. 2, (2014).
Trihudiyatmanto., & Purwanto, H. (2018). Pengaruh Intensi Berwirausaha, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening pada Sentra UMKM Carica di Wonosobo. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech): Vol 1 No 1 (2018): Agustus.
Uno, H. (2008). Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
www.nielsen.com
Yunal, V.O., & Indriyani, R. (2013). Analisa Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Inovasi Produk terhadap Pertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah di Lombok Barat. AGORA Vol. 1, No. 1, (2013).
Zainal, V.R., Ramly, M., Mutis, T., & Arafah, W. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Dari Teori ke Praktik. Edisi Ketiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zimmerer, T.W., Scarborough, N.M. (2008). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat.
Download PDF : 3681 times
Copyright (c) 2021 Sherly Megracia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
MBIA Universitas Bina Darma Jalan Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang
MBIA by http://journal.binadarma.ac.id/index.php/mbia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.