Pengaruh Penjualan dan Biaya Promosi terhadap Laba Bersih PT Martina Berto, Tbk Periode 2010 – 2020

  • Endang Susilawati Nurtanio
Keywords: Penjualan, Biaya Promosi, Laba Bersih.

Abstract

This study aims to determine the effect of sales and promotion costs on the net profit of PT Martina Berto Tbk. (MBTO) period 2010-2020. This type of descriptive research uses quantitative methods. This study uses time-series data and the data source used is secondary data. This research data collection technique is a documentation technique from the 2010-2020 annual financial report. The results of the study show that production costs and promotion cost simultaneously affect Net Profit. Partially, sales affect net income, but promotion costs do not affect the net income of PT. Martina Berto Tbk. (MBTO) period 2010- 2020. The results of this study are expected to be one of the information to maximize net profit.

Keywords: Sales, Promotional Costs, Net Profit.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penjualan dan biaya promosi terhadap laba bersih PT. Martina Berto Tbk. (MBTO) periode 2010-2020. Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data time series dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik dokumentasi dari laporan keuangan tahunan (annual report)  periode 2010-2020. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa biaya produksi dan biaya promosi secara simultan berpengaruh terhadap Laba Bersih. Secara parsial penjualan berpengaruh terhadap laba bersih, tetapi biaya Promosi tidak berpengaruh terhadap laba bersih PT. Martina Berto Tbk. (MBTO) periode 2010-2020. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu informasi untuk memaksimalkan laba bersih.

Kata kunci : Penjualan, Biaya Promosi, Laba Bersih.

References

Abdullah, T., & Tantri, F. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Casmadi, Y., & Butar, S. R. (2018). Pengaruh Biaya Produksi dan Penjualan terhadap Laba Bersih (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Sub Sektor Kabel Periode 2013- 2017. Jurnal Akuntansi Vol 10 No 2 , 14-26.

Felicia, & Gultom, R. (2018). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas, dan Biaya Promosi terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013- 2015. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIC Volume 1 Nomor 1 , 1-12.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Edisi 5. Semarang: Universitas Diponegoro.

Firmansyah, T., & Darsawati, E. (2016). Pengaruh Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Biaya Promosi terhadap Tingkat Laba Bersih Perusahaan Pada PD Mochi Lampion Kaswari Periode 2012-2014. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, 5(9) , 68-80.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan IBM SPSS 25 Edisi ke-9. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hery. (2014). Akuntansi Dasar 1 dan 2. Jakarta: Grasindo. Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo.

Hermawan.A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga. Jakarta

Juwariyah, N., & Rosyati. (2021). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Produksi terhadap Laba Bersih yang Dimediasi oleh Volume Penjualan (Studi Pada PT Unilever Indonesia Tbk Periode Tahun 2015-2019). Jurnal Aktual Akuntansi Bisnis Terapan Vol 4 No 1 , 55-64.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kristianti, A. (2021). Pengaruh Modal Kerja dan Penjualan terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Otomotif yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Unsurya Vol 1 No 1 , 60-76.

Kurniawan, A. (2019). Metode Riset untuk Ekonomi & Bisnis : Teori, Konsep & Praktik Penelitian Bisnis (Dilengkapi Perhitungan Pengolahan Data dengan IBM SPSS 26.0). Bandung: Alfabeta.

Martinaberto. (2021). Annual Report. Online : https://www.martinaberto.co.id/download/AR% 20MBTO%202020%20.pdf.

Muslim, M. T. (2020). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi terhadap Laba Bersih Pada PT Unilever Tbk Periode 2006-2013. Jurnal Ilmu Manajemen Retail (JIMAT), Vol 1 No 2 .

Mulyadi.(2016). Sistem Akuntansi. Jakarta Sealatan, Salemba Empat.

Paranesa, N. G., Cipta, W., & Yulianthini, N. N. (2016). Pengaruh Penjualan dan Modal Sendiri terhadap Laba Pada UD Aneka Jaya Motor di Singaraja Periode 2012-2014. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Volume 4 Tahun 2016 .

Priatna, H., & Aisyah, E. F. (2018). Pengaruh Biaya Promosi dan Penjualan terhadap Biaya Promosi Pada PT Sindang Reret Tahun 2015 . AKURAT. Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA 9(3) , 48- 64.

Putra, Y.A (2014). Analisis Pengaruh Biaya Produksi dan Penjualan Terhadap Laba Perusahaan (Studi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan JatenKabupaten Karang Anyar)

http://juminten.upnjatim.ac.id/index.php/juminten/article/view/301

Radella, L., Saebani, A., & Maulana, A. (2021). Pengaruh Biaya Promosi, Biaya Kualitas, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Perubahan Laba Bersih. KORELASI (Konferensi Riset Nasional, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) Vol 2 , 59-70.

Rangkuti, F. (2013). Strategi Promosi Yang Kretaif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto, S.P dan Sunardi (2021). Analisis Potensi Finansial Distress Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Menggunakan Metode Altman Z-Score. http://juminten.upnjatim.ac.id/index.php/juminten/article/view/301

Satar, M., & Dalli. (2020). Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Penjualan terhadap Laba Bersih pada PT Sunson Textile Manufacture. AKURAT Jurnal Ilmiah Akuntansi Volume 11, Nomor 1 , 31-42.

Setiyaningrum. (2015). Manajemen Pemasaran Bank. Jakarta: Erlangga. Simamora, H. (2012). Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Simamora, Henry. (2002). Akuntansi Manajemen Edisi II, Yogjakarta : UPP AMP YKPN

Situmorang, Ria Theresia (2020). Penjualan Tumbuh, Martina Berto (MBT) masih Rugi selama 2020. https://market.bisnis.com/read/20200401/192/1221010/penjualan-tumbuh-martina-berto-mbto-masih-rugi-selama-2019. Retrieved November 29, 2021

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyowati, L. (2010). Panduan Praktis Memahami Laporan Keuangan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Susilawati, E. (2019). Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Promosi terhadap Laba Bersih (Studi Perusahaan Rokok PT Gudang Garam Tbk yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2017. MANNERS Vol II, No 1 , 25-39.

Susilawati, E., & Mulyana, A. (2018). Pengaruh Penjualan dan Biaya Operasional terhadap Laba Bersih PT Indocement Tunggal Prakarsa (Persero) Tbk Periode 2010-2017. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, 1(2) , 74-87.

Tjiptono, F dan Chandra. G (2012). Pemasaran Strategik : Andi. Yogjakarta

Warren, C. S., Reeve, J. M., & Duchac, J. E. (2017). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Widyastuti, R. A. (2021, August 04). Tempo.co. Retrieved November 29, 2021, from (https://bisnis.tempo.co/read/1490939/martina-berto-jual-aset-rp-180-m-untuk-bayar-utang- begini-kondisi-keuangannya).

Yohanes Casmadi (2018). Pengaruh Biaya Produksi Dan Penjualan Terhadap Laba Bersih (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Sub Sektor Kabel Periode 2013-2017). Vol. 10 No. 2 (2018): Jurnal Akuntansi TH X No 2 Tahun 2018 / Articles. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/804.

Yuda, I. M., & Sanjaya, I. K. (2020). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Volume Penjualan terhadap Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2017. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi) Vol 19 No 1, 35-42

Published
2022-01-20
How to Cite
Susilawati, E. (2022). Pengaruh Penjualan dan Biaya Promosi terhadap Laba Bersih PT Martina Berto, Tbk Periode 2010 – 2020. MBIA, 20(3), 213–221. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i3.1557
Section
Articles
Abstract viewed = 1315 times
Download Pdf : 764 times