Manajemen Kelas Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar Maitreyawira Palembang
Abstract
The purpose of this study was to determine the relationship between fluency and teacher creativity, the relationship between flexibility and teacher creativity, the relationship between originality and teacher creativity, and the relationship between elaboration and teacher creativity in managing online classes during the COVID-19 period. This research uses quantitative methods. The sample taken in the study was 29 students using a random sampling technique. This study used a questionnaire distributed to 29 students. The analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results of the research data analysis showed that the regression value of 0.898 showed a significant relationship between fluency, flexibility, originality, and elaboration on teacher creativity. These results shows the effect that the higher the fluency of elementary school teachers, the better the creativity of teachers and vice versa, so Maitreyawira Elementary School Palembang in increasing teacher creativity needs to also increase fluency. The flexibility variable does not show a significant effect on teacher creativity, where the lower the flexibility of the HR teacher, the worse the teacher's creativity. The originality variable has a significant influence where the higher the originality of the elementary school teacher, the better the teacher's creativity. The elaboration variable shows that there is no significant effect between teacher elaboration and creativity, where the lower the teacher's elaboration, the better the teacher's creativity.
Keywords: Fluency, Flexibility, Originality, Elaboration, Teacher Creativity
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan fluency terhadap kreativitas guru, hubungan flexibility terhadap kretivitas guru, hubungan originality terhadap kreativitas guru dan hubungan elaboration terhadap kreativitas guru dalam mengelola kelas daring pada masa covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang diambil dalam penelitian sebanyak 29 siswa menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang didistribusikan kepada 29 Siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai regresi sebesar 0,898 menunjukkan terjadi hubungan yang siginifikan antara fluency, flexibility, originality dan elaboration terhadap kreativitas guru. Dari hasil tersebut menunjukan pengaruh apabila semakin menaiknya fluency guru SD maka semakin baiknya kreaivitas guru dan sebaliknya, sehingga SD Maitreyawira Palembang dalam meningkatkan kreativitas guru perlu juga meningkatkan fluency. Variabel flexibility tidak menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas guru, dimana semakin menurunya flexibility guru SDM maka semakin berakibat buruknya kreativitas guru. Variable originality memiliki pengaruh yang signifikan dimana semakin naiknya originality guru SD maka semakin baiknya kreativitas guru. Variable elaboration menunjukan tidak ada pengaruh yang signifikan anatara elaboration dan kreativitas guru, dimana semakin turunnya elaboration guru maka berakibat semakin baiknya kreativitas guru .
Kata kunci: Fluency, Flexibility, Originality, Elaboration, Kreativitas Guru
References
-----------------. Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kreativitas mengajar. Diakses 06 Juni 2020
Alben. (2006). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Asmara, R., Susantini, E., & Rahayu, Y. S. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pendekatan Tasc (Thinking Actively In Social Conteks) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jpps (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 855-891.
Dewantara, A. H., Amir, B., & Harnida, H. (2021). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. AL-GURFAH: Journal of Primary Education, 1(1), 15-28.
Firdaus, H. M., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan proses pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP pada pembelajaran Biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(1), 21-28.
Hendriana, H. H., & Soemarno, U. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Cimahi: Refika Aditama
Hutapea, R. H. (2020). Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Di Masa Covid-19. Didache: Journal of Christian Education, 1(1), 1-12.
Kaplan, D. P., R. M and Saccuzo, 2005. Psychological Testing. Canada: Wadsworth Cengange Learning.
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36962/MPK.A/HK/2020. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Munandar, Utami. (2009). Kreativitas dan Keberbakatan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurul Atika Mariani. (2017). Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MA Putri Al-Ishlahuddiny Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Islam Negeri Mataram.
Park, H. (2004). The effects of divergent production activities with math Inquiry and think aloud of students with math difficulty. Dissertation. Office of Graduate Studies of Texas A&M University.
Rachmantika, A. R., Waluya, S. B., & Isnarto, I. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Pembelajaran Project Based Learning dengan Setting Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2609-2615.
Rasnawati, A. , Windi Rahmawati , Padillah Akbar , Harry Dwi Putra, 2019, Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv) Di Kota Cimahi, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, No. 1, Mei 2019, pp. 164-177, E-ISSN : 2579-9258, P-ISSN : 2614-3038.
Santoso, S. 2011. Mastering SPSS Versi 19. Penerbit PT Elek Media Komputindo Kelompok Gramedia. Jakarta.
Suharianti. (2017). Pengaruh Kreativitas Guru dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanjung Morawa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.
Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
pdf : 211 times
Copyright (c) 2022 Sunda Ariana, Steffanus Jordy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
MBIA Universitas Bina Darma Jalan Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang
MBIA by http://journal.binadarma.ac.id/index.php/mbia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.