Analisis Keberhasilan Usaha Ditinjau Dari Pelayanan, Harga Dan Lokasi Pada Usaha Kuliner Di Desa Batumarta II Kabupaten OKU Provinsi Sumatera Selatan
Abstract
This research was conducted by analyzing the effect of service, price, and location on business success for all culinary entrepreneurs in Batumarta II Village. We used the saturated sample method for all the population as a sample, namely as many as 25 culinary business owners in Batumarta II. The location of this research is in Batumarta II Village espesially in the area of Block P, Block O, Block D, and Baturaden Gotong Royong Market, Lubuk Raja District, Ogan Komering Ulu Regency, South Sumatra Province. The results showed that service, price, and location simultaneously or partially influence business success. Service quality positively influences business success which means that better service received by consumers will increase business success. Price also positively affects business success. That means profits will increase if the price increases. Otherwise, profit is an indicator of business success. The location has a positive influence on business success. It means a good place makes consumers could access products easily.
Keywords: service, price, location, business success
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis pengaruh pelayanan, harga dan lokasi terhadap keberhasilan usaha pada seluruh pengusaha kuliner di Desa Batumarta II. Metode sampel jenuh diterapkan pada penelitian ini dimana semua populasi digunakan menjadi sampel yaitu sebanyak 25 pemilik usaha kuliner di Batumarta II. Lokasi penelitian ini diambil di Desa Batumarta II diantaranya meliputi wilayah blok P, Blok O, Blok D dan Pasar Gotong Royong Baturaden Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pelayanan, harga dan lokasi terhadap keberhasilan usaha baik secara simultan maupun parsial. Variabel pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap keberhasilan usaha. Semakin baik pelayanan yang diterima konsumen akan meningkatkan keberhasilan usaha. Variabel harga memiliki pengaruh positif terhadap keberhasilan usaha. Kenaikan harga akan menaikkan harga jual sehingga akan membuat laba meningkat. Laba yang meningkat merupakan indikator dari suatu keberhasilan usaha. Variabel lokasi memiliki pengaruh positif terhadap keberhasilan usaha. Lokasi yang strategis memudahkan konsumen dalam melakukan akses pembelian terhadap sutu produk.
Kata kunci: pelayanan, harga, lokasi, keberhasilan usaha
References
Alberto, K. (2021). Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keberhasilan Usaha. Performa, 4(4), 634–644. https://doi.org/10.37715/jp.v4i4.1677
Gain, Robert, Chirstian Herdinata, dan Krismi Budi Sienatra.(2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt.Jurnal Manajemen dan Star-Up Bisnis. Universitas Ciputara.
Guli, G., & Nuryanto, U. W. (2018). Analisis Keberhasilan Usaha Cuci Sepeda Motor Di Kota Serang Dilihat Dari Besarnya Modal, Kualitas Pelayanan Dan Harga. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 141–168. https://doi.org/10.32678/ijei.v8i2.72
Kasmir.(2006). Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran (2nd ed.). Erlangga.
Nurhayati, Sudarmiani, & Wibawa, R. P. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Anyaman Plastik “ Srikandi ” di Desa. 2(1), 15–21.
Pratama, A. F. W. (2021). Pengaruh Kreativitas Pengusaha dan Lokasi Usaha terhadap Keberhasilan Usaha pada Usaha Kue di Kecamatan Ujungberung Kota Bandung. Universitas Komputer Indonesia.
Rahmat, R.M. (2012). Strategi Pemasaran Pada PT. Koko Jaya Prima Makasar. Universitas Hasanudin .
Simarmata, C. M. H. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, dan Harga Terhadap Keberhasilan Usaha pada Bisnis Lapangan Futsal di Kecamatan Medan Selayang dan Medan Sunggal. Universitas Sumatera Utara.
Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuesioner dan Analisis Data : Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Indeks.
Suparyanto. (2013). Kewirausahaan Konsep dan Realita pada Usaha Kecil. Alfabeta, Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2011. Service, Quality, and Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta : Andi.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Andi.
Zeithaml, V. A., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1988). Communication and control processes in the delivery of service quality. Journal of marketing, 52(2), 35-48.
pdf : 1679 times
Copyright (c) 2022 Dahlia Dahlia, Keti Purnamasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
MBIA Universitas Bina Darma Jalan Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang
MBIA by http://journal.binadarma.ac.id/index.php/mbia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.