Bujukan Visualisasi Barang dan Harga pada Keputusan Pembelian di E-commerce Shopee

(Studi Kasus di Desa Sukakerta Kabupaten Ciamis)

  • Nurul Ahadiat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah
  • R. Hozin Abdul Fatah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah
  • Hendi Sobari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah
Keywords: Product Visualisation, Price, Purchasing Decision

Abstract

Many online customers cancel their product orders, which is undesirable for anyone as it reduces the number of purchases. Product visualisation and price are important factors for customers' purchasing decisions in e-commerce. These two factors attract consumers' attention, and they may cancel their purchases due to unattractive product displays and mismatched prices. This study seeks to reveal how much influence visualising goods and prices has on purchasing decisions. The number of research samples is 97 respondents. The research object is in Sukakerta Village. The quantitative descriptive method is used; the data comes from primary and secondary data with the help of computational software SPSS ver. 18. The research results show that product visualisation and price positively influence purchasing decisions on Shopee, with an F-value of 103.111 > F-table 3.92 with a significance level of 0.000 < 0.05. This result means that the visualisation of goods and prices together significantly influence purchasing decisions.

 

Keywords: Product Visualisation, Price, Purchasing Decision

 

Abstrak

Tidak sedikit konsumen online yang membatalkan order produknya, dan tentu saja hal tersebut tidak diinginkan oleh siapapun dikarenakan pasti mengurangi jumlah pembelian. Visualisasi produk dan harga menjadi poin penting bagi konsumen dalam keputusan pembelian di e-commerce, 2 faktor tersebut menjadi sorotan konsumen karena memiliki daya tarik tersendiri, tidak sedikit dari mereka membatalkan pembelian karena tampilan barang yang dianggap kurang menarik serta harga yang dirasa tidak sesuai. Penelitian ini berupaya mengungkap berapa besar pengaruh visualisasi barang dan harga pada keputusan pembelian. Jumlah sampel penelitian sebanyak 97 responden. Objek penelitian di Desa Sukakerta. Metoda yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif, data berasal dari data primer dan data sekunder dengan komputasi bantuan software SPSS ver. 18. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa visualisasi barang dan harga berpengaruh positif kepada keputusan pembelian di Shopee, dengan nilai Fhitung 103.111 > Ftabel 3,92 dengan taraf  signifikansi 0,000 < 0,05. Ini berarti bahwa visualisasi barang dan harga secara bersama-sama dan signifikan mempengaruhi keputusan pembelian.

 

Kata kunci: Visualisasi Produk, Harga, Keputusan Pembelian

References

Agung Syaputra, E., Sartika, W., Febrianti Ngabito, O., Komunikasi Visual, D., & Teknologi Kalimantan, I. (2023). Efektivitas Visualisasi 3D dan Augmentend Reality Bagi Optimalisasi Media Informasi dan Promosi Mebel Kayu Jepara di Pasar Online. COMPACT: Spatial Development Journal, 2(1), 2023. https://doi.org/10.35718/COMPACT.V2I1.848

Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh viral marketing shopee affiliate, kualitas produk, dan harga terhadap minat beli konsumen shopee Indonesia: Studi pada generasi z pengguna tiktok di Sidoarjo. Forbiswira Forum Bisnis Dan Kewirausahaan - Sinta 4, 11(2), 228–241. https://doi.org/10.35957/FORBISWIRA.V11I2.2237

Award, T. B. (2022). Komparasi Brand Index. https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=6&id_subkategori=540&tahun_awal=2019&tahun_akhir=2022&brand1=Blibli.com&brand2=Bukalapak.com&brand3=Lazada.co.id&brand4=Shopee.co.id&brand5=Tokopedia.com

Budi Rahayu Tanama, P. (2017). Manajemen Pemasaran. FP Unud.

Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2021). Pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian marketplace shopee. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2). https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.392

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh ulasan produk, kemudahan, kepercayaan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/MJM.V6I1.143

Jayani, D. H. (2021). Rata-rata pengunjung web bulanan shopee: Kuartal I 2020-kuartal III 2021. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/18/kunjungan-ke-web-shopee-meningkat-58-pada-kuartal-iii-2021

Kasmir, & Jakfar. (2012). Studi kelayakan bisnis. Prenadamedia group.

Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia. Datareportal.Com. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Koesoemaningsih, R. (2013). Pengaruh budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih pendidikan pada Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Soerjo Ngawi. MEDIA SOERJO, Vol. 13 .(No. 2), 1–22. https://jurnal.unsoer.ac.id/jrnal/2013/OKTOBER/Rachma.pdf

Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles of Marketing (12nd ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen pemasaran (13th ed., Vol. 1). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran (12nd ed.). Erlangga.

Kusnandar, V. B. (2021). 10 Negara Asia dengan jumlah pengguna internet terbanyak (Mar 2021). Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/14/pengguna-internet-indonesia-peringkat-ke-3-terbanyak-di-asia

McMormick, & Sanders. (1992). Human Factors In Engineering And Design.

Muazam, A. R. (2020). Transaksi e-commerce didominasi generasi z dan milenial. Alinea.Id. https://www.alinea.id/gaya-hidup/transaksi-e-commerce-didominasi-generasi-z-dan-milenial-b1ZRL9woj

Qurniawati, R. S., & Nurohman, Y. A. (2019). Ewom pada generasi z di sosial media. Jurnal Manajemen Dayasaing, 20(2), 70–80. https://doi.org/10.23917/DAYASAING.V20I2.6790

Sopiyan, P. (2019). Pengaruh Strategi Harga dan Visual Merchandising terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 193–205. https://doi.org/10.33603/JIBM.V3I2.2204

Sunyoto, D. (2019). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. PT. Buku Seru.

Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2012). Pemasaran strategik. Andi Offset.

W. Hananto, M., Pambudi Susilo, H., Nur Ahmad, S., & Rahman, A. (2021). Visualisasi produk secara 3d dalam media promosi dan pemesanan online. Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology, 3(01). https://doi.org/10.37823/insight.v3i01.138

Widya, L. A. D., & Darmawan, A. J. (2016). Bahan Ajar Kursus Dan Pelatihan Desain Grafis. In Pengantar Desain Grafis.

Wijoseno, A., Wijiastuti, S., & Purwanto, A. (2021). Pengaruh visualisasi iklan tv terhadap keputusan pembelian makanan “produk indofood” pada masyarakat Desa Ngreden Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten. Jurnal Ganeshwara, 1(2). https://doi.org/10.36728/JG.V1I2.1552

Yoeliastuti, Y., Darlin, E., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi penjualan online shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(2). https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i2.425

Zikra, R., & Yusra, Z. (2016). Kepuasan Wanita Berbelanja Produk Fashion Berdasarkan Cara Membeli. Jurnal RAP UNP, 7(1), 55–66.

Published
2023-08-30
How to Cite
Ahadiat, N., Fatah, R. H., & Sobari, H. (2023). Bujukan Visualisasi Barang dan Harga pada Keputusan Pembelian di E-commerce Shopee. MBIA, 22(2), 178–190. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i2.2379
Section
Articles
Abstract viewed = 161 times
pdf : 130 times