Pengaruh Harga, Promosi Dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Aplikasi Grab

  • Lina Aryani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Pusporini Pusporini Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Anggi Angga Resti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Keywords: E-Service Quality, Price, Repurchase Intention, Promotion, Online Transportation

Abstract

Information technology has increasingly developed recently. The impact of developments in the transportation sector is also felt with the emergence of online-based transportation service businesses, one of which is Grab. This research aims to see the significant effect of price, promotion, and e-service quality on consumer repurchase interest in the Grab Application. In this research, the population that will be used is consumers who have used the Grab application and live in DKI Jakarta. The sample for this research was determined using a non-probability sampling method with a purposive sampling type with 100 respondents. Data collection is carried out via Google Forms. Data analysis was carried out using the PLS-SEM (Partial Least Square - Structural Equation Model) method by carrying out convergent validity, discriminant validity, composite reliability, R Square, and t-test. The results of the data analysis show that price, promotion, and e-service quality have a positive and significant effect on consumer repurchase interest in the Grab Application. Thus, if prices, promotions, and service quality improve according to consumers, Grab customers' interest in making repeat purchases will increase.

 

Kata kunci: E-Service Quality, Price, Repurchase Intention, Promotion, Online Transportation

 

Abstrak

Kemajuan teknologi informasi yang semakin berkembang ikut membawa perubahan dalam bidang transportasi. Banyak bermunculan bisnis jasa trasportasi berbasis online, salah satunya ialah Grab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat pengaruh harga, promosi dan e-service quality terhadap minat beli ulang konsumen pada Aplikasi Grab. Dalam penelitian ini, populasi yang akan digunakan adalah konsumen yang pernah menggunakan aplikasi Grab yang berdomisili di DKI Jakarta. Sampel penelitian ini ditentukan melalui metode non probability sampling dengan jenis purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui Google Form. Analisis data dilakukan dengan metode PLS-SEM (Partial Least Square – Structural Equation Model) dengan melakukukan convergent validity, discriminant validity, composite reliability, R Square serta Uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa harga, promosi dan e-servoce quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen pada Aplikasi Grab. Dengan demikian, jika harga, promosi, dan kualitas layanan semakin baik menurut konsumen, maka minat pelanggan Grab untuk melakukan pembelian berulang akan meningkat.

 

Keywords: E-Service Quality, Harga, Minat Beli Ulang, Promosi, Transportasi Online

References

Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif (1 Ed.). Aswaja Pressindo.

Abid, M. M. F. , & D. (2019). Pengaruh E-Security Dan E-Service Quality Terhadap E-Repurchase Intention Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen E-Commerce Lazada Di Fisip Undip . Diponegoro Journal Of Social And Politic 1-8.

Achidah, N., Warso, M. M., & Hasiholan, L. B. (2016). Pengaruh promosi, harga, dan desain terhadap keputusan pembelian sepeda motor mio gt (study empiris pada produk yamaha mio gt di weleri-kendal). Journal Of Management, 2(2).

Anisa, Nida (2020). Pengaruh .Kualitas Layanan, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Membeli Ulang Jasa.Transportasi Online Grab-Food Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Banjarmasin. Skripsi. UIN Antasari Banjarmasin

Baskara, R. F., Mardiatmi, B. D. A., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Aplikasi Traveloka. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1645-1659.

Di Kota Medan): Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Melalui ESatisfaction (Studi Pada Pelanggan Toko Online Shopee Di Kota Medan). Jurnal Mantik, 3(1), 190–195.

Christian, M., & Nuari, V. (2016). Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen studi kasus: Belanja online Bhinneka. com. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1), 33-53.

Duy Phuong, N. N., & Dai Trang, T. T. (2018). Repurchase intention: The effect of service quality, system quality, information quality, and customer satisfaction as mediating role: a PLS approach of m-commerce ride hailing service in Vietnam. Marketing and Branding Research, 5, 78-91.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Haryono, S. (2017). Metode SEM untuk penelitian manajemen dengan AMOS LISREL PLS. Luxima Metro Media, 450.

Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia. Retrieved from Datareportal: https://datareportal.com/ reports/digital-2022-indonesia

Kotler, P. Keller, (2016) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P. T., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing, eBook, Global Edition: Principles of Marketing. Pearson Higher Ed.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for humanity. John Wiley & Sons.

Leonnard, S., Comm, M., & Thung, F. (2017). The Relationship Of Service Quality, Word-Of-Mouth, And Repurchase Intention In Online Transportation Services. Journal Of Process Management. New Technologies, 5(4), 30–40. Https://Doi.Org/10.5937/Jouproman5-15210

Marsha, D. (2021). Dampak Mediasi Kepuasan Pelanggan pada Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Elektronik terhadap Minat Beli Ulang Makanan melalui Jasa Gojek di Kota Malang. Jurnal Inovasi Manajemen, 1(1).

Duy Phuong, N. N., & Dai Trang, T. T. (2018). Repurchase intention: The effect of service quality, system quality, information quality, and customer satisfaction as mediating role: a PLS approach of m-commerce ride hailing service in Vietnam. Marketing and Branding Research, 5, 78-91.

Pelawi, A. V. (2018). Pengaruh Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Grosir Sembako UD. Pelawi (Studi pada UD. Pelawi Lau Baleng). Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Prabowo, H., Hamsal, M., & Simatupang, B. (2019). e-Marketing and Service Quality on Repurchase Intention of Online Transportation. In 2019 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech) (Vol. 1, pp. 324-329). IEEE.

Praja, Y. (2022). Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Kopi Kapal di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(1), 31-41.

Prathama, J., & Sukamto, M. (2019). The Impact of Perceived Service Quality and Perceived E-Service Quality toward Customer Repurchase Intention Mediated by Customer Satisfaction: A Case of Grab Bike in Jakarta. iBuss Management, 7(3).

Puspitasari, R. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Konsumen Pelanggan Aplikasi Grab di PT. SIDO Muncul Kebon Jeruk) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).

Rahayu, S. (2021). Pengaruh harga, kepercayaan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce tokopedia. Mbia, 20(1), 40-50.

Rahayu, S., & Syafe’i, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 2192-2107.

Saidani, B., Lusiana, L. M., & Aditya, S. (2019). Analisis pengaruh kualitas website dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk minat pembelian ulang pada pelanggan shopee. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 425-444.

Singh, H., Grover, P., Kar, A. K., & Ilavarasan, P. V. (2020). Review Of Performance Assessment Frameworks Of E-Government Projects. Transforming Government: People, Process And Policy (Vol. 14, Issue 1). Https://Doi.Org/10.1108/TG-02-2019-0011

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Swastha, B. D., & Handoko, H. (2012). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Dalam BPFE- Yogyakarta.

Wijiastuti, R. D., & Cantika, N. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Gofood Di Kota Sorong. Kalianda Halok Gagas, 1(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.52655/Khg.V1i1.3

Yoopetch, C., Siriphan, P., & Chirapanda, S. (2022). Effects of Application Satisfaction, Promotions, Ease of Payment and Convenience on Intention to Repurchase Food Online. Journal of Hunan University Natural Sciences, 49(5).

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Published
2024-02-05
How to Cite
Aryani, L., Pusporini, P., & Resti, A. (2024). Pengaruh Harga, Promosi Dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Aplikasi Grab. MBIA, 22(3), 524–538. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i3.2650
Section
Articles
Abstract viewed = 24 times
pdf : 61 times