Kualitas Produk, Harga, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Feminine Care Softex di Pamela Satu Yogyakarta

  • Pradita Nindya Aryandha Universitas PGRI Yogyakarta
  • Hapsari Dyah Herdiany Universitas PGRI Yogyakarta
  • Latifah Putranti Universitas PGRI Yogyakarta
  • Haris Kamara Universitas PGRI Yogyakarta
Keywords: Quality, Price, Image, Purchase Decision

Abstract

This research aims to determine whether product quality, price and brand image influence the decision to purchase Softex feminine care products in Pamela Satu Yogyakarta. This research is in the form of associative research with multiple-cross sectional analysis. The types of data and data sources in this research consist of direct data and indirect data. In obtaining direct data, it is in the form of a questionnaire to be filled out by respondents who have purchased and used Softex feminine care products at Pamela Satu Yogyakarta via Google form. The sample in this research was 100 respondents who had purchased and used Softex feminine care products in Pamela Satu Yogyakarta. Research was conducted from August to September 2022 at Pamela Satu Yogyakarta. The variables that the author uses in this research are divided into two types, namely independent variables, including product quality, price and brand image, and dependent variables, namely purchasing decisions. The results of the research that has been carried out can be concluded that the variables of product quality, price and brand image have a positive and significant influence on purchasing decisions for Feminine Care Softex in Pamela Satu Yogyakarta. The results of this research can provide input for PT Kimberly-Clark Softex as a producer of Feminine Care Softex to further improve product quality, price and brand image in order to improve purchasing decisions by consumers so that the main goals of the company can be achieved optimally.

 

Keywords: Quality. Price, Image, Purchase Decision

 

Abstrak

Riset ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk, harga, dan citra merek apakah berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Feminine Care Softex di Pamela Satu Yogyakarta. Riset ini berupa penelitian asosiatif dengan analisis multiple-cross sectional, jenis data dan sumber data dalam riset ini terdiri dari data langsung dan data tidak langsung. Dalam mendapatkan data langsung yaitu berupa kuesioner untuk disi para responden yang pernah membeli dan memakai produk Feminine Care Softex di Pamela Satu Yogyakarta melalui Google form. Sampel pada riset ini sebanyak 100 responden yang pernah membeli dan memakai produk Feminine Care Softex di Pamela satu Yogyakarta. Riset dilakukan dari Agustus sampai September 2022 di Pamela Satu Yogyakarta. Variabel yang penulis gunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu variabel independent (bebas), diantaranya adalah kualitas produk, harga, dan citra merek, serta variabel dependen (terikat), yaitu keputusan pembelian. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk, harga, dan citra merek, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Feminine Care Softex di Pamela Satu Yogyakarta. Hasil penelitian ini memberikan masukan untuk lebih meningkatkan kualitas produk, harga, dan citra merek agar dapat meningkatkan keputusan pembelian.

 

Kata kunci: Kualitas, Harga, Merek, Keputusan Pembelian

References

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian. PT. Adhi Mahasatya: Jakarta.

Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal manajemen dan keuangan, 6(1), 660-669.

Elpanso, E., Helmi, S., & Lestari, A. (2022). Pengaruh Sales Promotion Terhadap Keputusan Membeli Produk UMKM Di Kota Palembang dengan Brand Image dan Brand Quality Product Sebagai Mediasi. MBIA, 21(2), 140–148. https://doi.org/10.33557/mbia.v21i2.1849

Habibah, S. & Sumiati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura (Studi Kasus Konsumen Kosmetik Produk Wardah). Jurnal Ekonomi dan Bisnis JEB 17, 1 (1), 31-48.

Ilham, A. I., Hartono, S., & Handiman, U. T. (2020). The Influence of Product Quality, Price and Brand Image On Customer Satisfaction Through Purchasing Decisions (Case: Hansaplast Koyo in Tangerang). International Journal of Business Marketing and Management (IJBMM), 5(2), 23-32.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed). Dictionary of Marketing Communications. Boston : Prentice Hall, Pearson.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Lorinda, I., & Amron, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Tolak Angin Sidomuncul di Kota Semarang. MBIA, 22(1), 53–64. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i1.2238

Lubis, A. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16 (02), 1–11.

Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 15-24.

Lupiyoadi, H. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Oktavenia, K. & Ardani, A. R. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8 No 3, hal. 1374-1400.

Priyatno D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).

Putra, M. G. B. A. (2009). Perilaku memilih produk pembalut wanita antara ibu dengan remaja putri ditinjau dari status pernikahan dan tingkat pendidikan. Jurnal Psikologi, 2, 1-16.

Sari, R. M., & Prihartono, P. (2021). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 1171-1184.

Softexindonesia.com (2023). Sejarah PT. Softex Indonesia. Diakses pada Oktober, 19, 2023, dari https://www. softex- indonesia.com/ id/pages/our-history.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tempo.co. 2021. Pembalut. Survey Independence Softex. Diakses tanggal 20 Mei 2020, dari http://tempo.co./tag/pembalut.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Topbrand-Award, 2024. Hasil Komparasi Brand Kategori : Perawatan Pribadi Sub Kategori : Pembalut Wanita, https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/ bandingkan?id_award=1&id_kategori=1&id_subkategori=185&tahun_awal=2020&tahun_akhir=2024&brand1=Charm&brand2=Hers%20Protex&brand3=Kotex&brand4=Laurier&brand5=Softex.

Wangean, R. H. & Mandey, S.L. 2014. Analisis Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Mobil All New KIA RIO di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol. 2 No. 3.

Yazia, V. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry. E-Journal Vol. 2 No 2.

Acknowledgement

The research is financed by Asian Development Bank. No. 2006-A171. Thanks for Prof. AAA BBB, World Technology University.

Copyright Disclaimer

Copyright for this article is retained by the author(s), with first publication rights granted to the journal.

Published
2024-07-02
How to Cite
Aryandha, P., Herdiany, H., Putranti, L., & Kamara, H. (2024). Kualitas Produk, Harga, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Feminine Care Softex di Pamela Satu Yogyakarta. MBIA, 23(1), 62–73. https://doi.org/10.33557/mbia.v23i1.2764
Section
Articles
Abstract viewed = 236 times
pdf : 52 times