Tren Pembelian di Transmart Carrefour Yogyakarta: Pengaruh Atmosphere Store dan PromosiPenjualan Terhadap Pilihan Pembelian Pelanggan
Abstract
This research aims to understand the store's atmosphere and sales promotions influencing purchasing choices. This research involves a quantitative strategy. Multiple linear regression is used as a data analysis technique. Non-probability is used in research. This research relies on essential information collected through questionnaires. The research is expected to show that purchasing choices are influenced by store atmosphere and sales promotions. Based on this research's findings, store atmosphere, and sales promotions significantly influence purchasing choices where f count is 31.885 > f table 3.09. The shop's atmosphere influences purchasing choices. Namely, t count 5.202 > t table 1.988. Sales promotions influence purchasing choices, namely t count 3.182 > t table 1.988. The coefficient of determination (adjusted R2) shows that 38.4 purchasing choices are influenced by store atmosphere and sales promotions. Variables outside this research influence the remaining 61.6.
Keywords: Store, Promotions, Purchasing Options, Transmart
Abstrak
Penelitian ini yakni memahami suasana toko dan promosi penjualan mempengaruhi pilihan pembelian. Penelitian ini melibatkan strategi kuantitatif. Regresi linier berganda digunakan sebagai teknik analisis data. Non-probability dipakai penelitian. Penelitian ini bergantung pada informasi penting yang dikumpulkan melalui kuesioner. Penelitian diharapkan bisa memperlihatkan pilihan pembelian dipengaruhi oleh suasana toko dan promosi penjualan. Berdasarkan temuan penelitian ini, hasil penelitian yakni suasana toko dan promosi penjualan sama-sama miliki pengaruh signifikan terhadap pilihan pembelian dimana f hitung 31,885 > f tabel 3,09. Suasana toko memperlihatkan miliki pengaruh terhadap pilihan pembelian yakni t hitung 5,202 > t tabel 1,988. Promosi penjualan miliki pengaruh terhadap pilihan pembelian yakti t hitung 3,182 > t tabel 1,988. Koefisien determinasi (adjusted R2) memperlihatkan 38,4 pilihan pembelian dipengaruhi oleh suasana toko dan promosi penjualan. Selebihnya 61,6 dipengaruhi variabel diluar penelitian ini.
Kata kunci: Store, Promosi, Pilihan Pembelian, Transmart
References
Abiyan, N. N., & Sofyan, A. (2022). Hubungan Antara Promosi Penjualan dengan Minat Beli Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(2), 130–137. https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i2.555
Afif, M., & Purwanto, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 2(2), 34. https://doi.org/10.47201/jamin.v2i2.51
Agari, B. F. K., Aryanto, V. D. W., Putra, F. I. F. S., & Panjaitan, R. (2024). Pengaruh Store Atmosphere, Persepsi Harga dan Promosi Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi oleh Minat Beli Konsumen Coffee Shop Anantari (Studi Kasus Pada Konsumen di Coffe Anantari). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 8640-8653.
Agnes, Maulana, L. H., & Andari, T. T. (2022). Pengaruh Diferensiasi Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Dompet Digital Dana Pada Pengguna Aplikasi Dana Di Kota Bogor. Jurnal Visionida, 8(1), 84–99. https://doi.org/10.30997/jvs.v8i1.5472
Albi, K. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital dan Suasana Toko. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi, 3(1), 21–30.
Amel, A. F. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Ovo. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 11(2), 201–223. https://doi.org/10.21009/jrmsi.011.2.01
Amelia, R., Andrian, A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). Dampak Store Atmosphere, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sociolla Di Summarecon Mall Bekasi. Jurnal Economina, 2(9), 2482–2501. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.828
Anggapratama, R., Afnani, R., Rosida, S. D. I., Rohmah, S. N., Saputra, R. Y., Hidayati, N. R. A., & Fadila, E. N. (2024). Umkm Melalui Inovasi Kemasan Dan Branding Di Desa Tulungagung-Malo Kabupaten Bojonegoro. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(4), 1221–1226.
Anggapratama, R., & Irnawati, D. (2022). Dampak Harga Dan Tempat Terhadap Pilihan Pelanggan Dalam Berbelanja Di Kds Department Store & Supermarket Bojonegoro Reza Anggapratama Dwi Irnawati Abstrak. JUMPA, 15(2), 138–142. http://ejournal.stiekia.ac.id/ index.php/JUMPA/article/view/204/203
Anggapratama, R., & Irnawati, D. (2023a). Dampak Penggunaan Kredit Perbankan dan Pertumbuhan Industri Manufaktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Journal on Education, 05(03), 9691–9701.
Anggapratama, R., & Irnawati, D. (2023b). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Indomaret Cabang Raya Lettu Suyitno Bojonegoro. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 9(2), 341–350. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i2.1811
Arianto, D. P. H., & Satrio, B. (2020). Pengaruh Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Kopisae. Jurnal Ilmu dan riset Manajemen, 9(6), 1–23.
Arianto, N., & Octavia, B. D. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 98. https://doi.org/10.32493/drb.v4i2.9867
Candra Irawan, I. (2020). Analisis e-marketing terhadap keputusan pembelian konsumen secara online. Journal of Business and Banking, 9(2), 247. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.1907
Darmanto, A. (2021). Pengaruh Kualitas Website Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Di Bukalapak.Com. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 2(1), 20–33. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jubis/article/view/444
Diedericks, L., Erasmus, A. C., & Donoghue, S. (2024). All we crave is pleasure! The motivation behind millennial men’s clothing store choices when purchasing semi-formal/smart workwear for themselves. Journal of Consumer Behaviour, 23(4), 1871–1888. https://doi.org/10.1002/cb.2306
Efendi, N., Lubis, T. W. H., & Ginting, S. O. (2023). Pengaruh citra merek, promosi, kualitas pelayan dan store atmosphere terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ekonomi, 28(2), 197-215.
Fernanda, M. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan, Daya Tarik Iklan Internet, Dan Kualitas Website Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, III(5), 07–12.
Fitri, Y., & Anastasya, M. (2024). Penggunaan Influencer Marketing Dalam E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Barang Digital. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(10), 675-681.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. Jurnal Ilmu Manajemem, 17(2), 95–105.
Irnawati, D., & Anggapratama, R. (2023). Pengaruh Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural, Keadilan Interaksional, Persepsi Nilai, Terhadap Kepuasan dan Respon Positif Pelanggan Superindo Bojonegoro. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(2), 963-968. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.1196
Khoirudin, I. R., & Giyartiningrum, E. (2021). Pengaruh kepercayaan merek, kesadaran merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi di DIY. Journal Competency of Business, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.47200/jcob.v5i1.870
Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Iqtishad Equity Jurnal Manajemen, 2(2), 113. https://doi.org/10.51804/iej.v2i2.764
Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23–31. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.301
Lestari, U. P., & Sinambela, E. A. (2022). Keputusan Tempat Pembelian Berdasarkan Kualitas Layanan, Suasana Toko, Dan Persepsi Harga. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 5(2), 87–97. https://doi.org/10.47532/jis.v5i2.478
Lorinda, I. P., & Amron. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, dan Citra merek Terhadap Keputusan Penggunaan Tolak Angin (Studi Kasus Pada Pengguna Tolak Angin di Kota Semarang). Diponegoro journal of social and politic, 22(1), 2–8.
Maharani, S., & Musnaini, M. (2024). Pengaruh Marketing Mix (Product, Price, Promotion & Place) Terhadap Minat Beli Produk Oleh Konsumen Pada Jambi Night Market. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 13(01), 229–242. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i01.27434
Mas’adi, M., & Nurhadi, A. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian di Toko Alfamart Serpong. Jurnal Manajemen & Pendidikan [JUMANDIK], 1(2), 182–191. https://doi.org/10.58174/jmp.volume:1.no:2.2023.24.hal:182-191
Nishio, K., & Hoshino, T. (2024). Quantifying the short- and long-term effects of promotional incentives in a loyalty program: Evidence from birthday rewards in a large retail company. Journal of Retailing and Consumer Services, 81(January), 103957. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2024.103957
Prasetiyo, B., & Rismawati, Y. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Harjagunatama Lestari. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi, 21(8), 793–794. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/17/6
Rahayu, E. S., & Nursanta, E. (2023). Pengaruh Brand Image, Store Atmosphere, dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian J.Co Donuts & Coffee. Jurnal Sosial Teknologi, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i1.604
Ramadania, R., Ratnawati, R., Juniwati, J., Afifah, N., Heriyadi, H., & Darma, D. C. (2022). Impulse Buying and Hedonic Behaviour: a Mediation Effect of Positive Emotions. Virtual Economics, 5(1), 43–64. https://doi.org/10.34021/VE.2022.05.01(3)
Sari, E. N. (2021). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Pada Kong Djie Café Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 73–80. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2151
Sari, R. M., & Prihartono, P. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 1171-1184.
Savira, Y., & Putro, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere ( Suasana Toko ) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Bangunan UD Triputra Selaras. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 5(1), 81–93.
Setiawan, R., Santyo, D., & Sumelvia, A. (2023). Pengaruh suasana toko dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada toko lab art aromatique perfume jamsaren. MUSYTARI: Neraca Manajemen, Akuntansi Dan Ekonomi, 1(1), 120–130. https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/view/305
Shabrina, G. Y., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Fitur Layanan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Makanan dan Minuman pada Pengguna OVO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1258–1264.
Solehudin, D. I., Fitriadi, B. W., & Barlian, B. (2022). Pengaruh Store Atmosphere dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Galaxy31 Computer Tasikmalaya. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 4505-4508.
Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087
Sutrisno, R. I., & Darmawan, D. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan, Diversifikasi Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lima Daun Ilmu (MADA), 2(1), 1-12.
Syahdiany, G., & Trinanda, O. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Customer Experience terhadap Brand Trust Transmart Carrefour Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 01(01), 226–231.
Usvita, M., Yunus, M., Ukhra, A., Tinggi, S., Pasaman, I. E., & Mega Usvita, K. (2021). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Transmart Padang the Effect of Shopping Lifestyle and Store Atmosphere on Impulse Buying on Transmart Padang Consumers. Journal of Social and Economics Research, 3(2), 139–145. http://idm.or.id/JSER
Wahyuningsih, D. W. (2019). Pengaruh Variasi Produk, Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Motor Yamaha N-Max Di Wonogiri. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(02), 407–414. https://doi.org/10.29040/jie.v3i02.627
pdf : 66 times
Copyright (c) 2024 Reza Anggapratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
MBIA Universitas Bina Darma Jalan Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang
MBIA by http://journal.binadarma.ac.id/index.php/mbia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.